Aplikasi Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Republik Indonesia IAIN Raden Fatah Palembang Berbasis Web

Main Article Content

Freti Eka Wedowati
Dalinur Dalinur
Wawan Nurmansyah

Abstract

Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan. Inti dari koperasi adalah kerjasama, yaitu kerjasama diantara anggota dan para pengurus dalam rangka mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta membangun tatanan perekonomian nasional. Koperasi simpan pinjam pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) IAIN Raden Fatah Palembang adalah koperasi yang semua pendataan masih dilakukan secara manual. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana membuat aplikasi simpan pinjam yang semula masih dilakukan secara manual menjadi berbasis web. Untuk itulah disini penulis mengambil judul “Aplikasi Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Republik Indonesia IAIN Raden Fatah Palembang Berbasis Web Menggunakan Metode Pengembangan Sistem Rapid Application Development (RAD)”. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode kepustakaan. Tools UML menggunakan use case diagram, activity diagram, dan class diagram. Pada tahap pengujian (testing) menggunakan integration testing yang diuji coba untuk admin. Bahasa pemograman yang digunakan yaitu PHP dan MySQL sebagai basis datanya.

Article Details

How to Cite
Aplikasi Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Republik Indonesia IAIN Raden Fatah Palembang Berbasis Web. (2018). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 4(2), 143-152. https://doi.org/10.19109/jusifo.v4i2.4618
Section
Articles

How to Cite

Aplikasi Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Republik Indonesia IAIN Raden Fatah Palembang Berbasis Web. (2018). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 4(2), 143-152. https://doi.org/10.19109/jusifo.v4i2.4618

References

Gunawan, C. E. (2013). Sistem Informasi Seleksi Calon Mahasiswa Berbasis Web di Sekolah Tinggi Teknik Musi Palembang. JUITA, 217-224.
Jogiyanto. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Muarie, M. S. (2015). Rancang Bangun Sistem Ujian Online Pada SMP Negeri 8 Sekayu. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Politeknik Sekayu (TIPS), 28-40.
Rosa, A. & Shalahudin, M. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat . Bandung.
Rosa, A. & Shalahudin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Sutabri, T. (2004). Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.