Tantangan Media Massa Dalam Menghadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi

Main Article Content

Reza Ade Putra

Abstract

Media massa atau pers, merupakan alat atau sarana penyampaian informasi kepada masyarakat luas melalui media massa seperti media cetak maupun elektronik. Media massa dapat dibagi atas tiga jenis, yaitu media elektronik seperti televisi dan radio, media cetak yaitu koran dan majalah dan terakhir yaitu media online seperti internet, streaming TV dan informasi yang dapat diakses melalui internet. Jumlah pengguna internet yang begitu cepat bertambah ini menjadi semakin meningkat seiring dengan berkembangnya variasi media komunikasi berbasis internet. Pemanfaatannya yang begitu mudah dan dapat diakses dimana saja menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat. Media cetak pun nyaris tersingkir dengan kehadiran media online. Menyikapi kemungkinan tersebut, maka industri media massa di Indonesia dituntut untuk menyesuaikan dirinya pada era globalisasi berbasis teknologi digital pada saat ini. Salah satu solusi yang diambil adalah digitalisasi koran dalam bentuk e-paper guna menjangkau pembaca yang lebih luas.

Article Details

How to Cite
Putra, R. A. (2019). Tantangan Media Massa Dalam Menghadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 5(1), 1-6. https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i1.5003
Section
Articles

How to Cite

Putra, R. A. (2019). Tantangan Media Massa Dalam Menghadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 5(1), 1-6. https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i1.5003

References

APJII. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii. Retrieved from www.apjii.or.id
Kusuma, S. (2016). POSISI MEDIA CETAK DI TENGAH PERKEMBANGAN MEDIA ONLINE DI INDONESIA Satria Kusuma. Interact, 5(1), 56–71.
Nielsen Consumer and Media View. (2017a). MEDIA CETAK MAMPU MEMPERTAHANKAN POSISINYA – Nielsen. Retrieved July 31, 2019, from https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2017/MEDIA-CETAK-MAMPU-MEMPERTAHANKAN-POSISINYA/
Nielsen Consumer and Media View. (2017b). TREN BARU DI KALANGAN PENGGUNA INTERNET DI INDONESIA – Nielsen. Retrieved July 31, 2019, from https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2017/tren-baru-di-kalangan-pengguna-internet-di-indonesia/
Nurliah, N. (2018). Konvergensi dan Kompetisi Media Massa dalam Memenangkan Pasar di Era Media Digital di Makassar. Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 106–118. https://doi.org/10.24252/jdt.v19i1.5951
Pickard G. Picard, V. P. (2017). Essential Principles for Contemporary Media and Communications Policymaking. Reuters Institute for the Study of Journalism: University of Oxford., (April).
Romadhoni, B. A. (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan. An-Nida, 10(1), 13–20.