Tantangan Media Massa Dalam Menghadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi
Main Article Content
Abstract
Media massa atau pers, merupakan alat atau sarana penyampaian informasi kepada masyarakat luas melalui media massa seperti media cetak maupun elektronik. Media massa dapat dibagi atas tiga jenis, yaitu media elektronik seperti televisi dan radio, media cetak yaitu koran dan majalah dan terakhir yaitu media online seperti internet, streaming TV dan informasi yang dapat diakses melalui internet. Jumlah pengguna internet yang begitu cepat bertambah ini menjadi semakin meningkat seiring dengan berkembangnya variasi media komunikasi berbasis internet. Pemanfaatannya yang begitu mudah dan dapat diakses dimana saja menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat. Media cetak pun nyaris tersingkir dengan kehadiran media online. Menyikapi kemungkinan tersebut, maka industri media massa di Indonesia dituntut untuk menyesuaikan dirinya pada era globalisasi berbasis teknologi digital pada saat ini. Salah satu solusi yang diambil adalah digitalisasi koran dalam bentuk e-paper guna menjangkau pembaca yang lebih luas.
Article Details
How to Cite
Putra, R. A. (2019). Tantangan Media Massa Dalam Menghadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 5(1), 1-6. https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i1.5003
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
How to Cite
Putra, R. A. (2019). Tantangan Media Massa Dalam Menghadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 5(1), 1-6. https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i1.5003
References
APJII. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii. Retrieved from www.apjii.or.id
Kusuma, S. (2016). POSISI MEDIA CETAK DI TENGAH PERKEMBANGAN MEDIA ONLINE DI INDONESIA Satria Kusuma. Interact, 5(1), 56–71.
Nielsen Consumer and Media View. (2017a). MEDIA CETAK MAMPU MEMPERTAHANKAN POSISINYA – Nielsen. Retrieved July 31, 2019, from https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2017/MEDIA-CETAK-MAMPU-MEMPERTAHANKAN-POSISINYA/
Nielsen Consumer and Media View. (2017b). TREN BARU DI KALANGAN PENGGUNA INTERNET DI INDONESIA – Nielsen. Retrieved July 31, 2019, from https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2017/tren-baru-di-kalangan-pengguna-internet-di-indonesia/
Nurliah, N. (2018). Konvergensi dan Kompetisi Media Massa dalam Memenangkan Pasar di Era Media Digital di Makassar. Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 106–118. https://doi.org/10.24252/jdt.v19i1.5951
Pickard G. Picard, V. P. (2017). Essential Principles for Contemporary Media and Communications Policymaking. Reuters Institute for the Study of Journalism: University of Oxford., (April).
Romadhoni, B. A. (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan. An-Nida, 10(1), 13–20.
Kusuma, S. (2016). POSISI MEDIA CETAK DI TENGAH PERKEMBANGAN MEDIA ONLINE DI INDONESIA Satria Kusuma. Interact, 5(1), 56–71.
Nielsen Consumer and Media View. (2017a). MEDIA CETAK MAMPU MEMPERTAHANKAN POSISINYA – Nielsen. Retrieved July 31, 2019, from https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2017/MEDIA-CETAK-MAMPU-MEMPERTAHANKAN-POSISINYA/
Nielsen Consumer and Media View. (2017b). TREN BARU DI KALANGAN PENGGUNA INTERNET DI INDONESIA – Nielsen. Retrieved July 31, 2019, from https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2017/tren-baru-di-kalangan-pengguna-internet-di-indonesia/
Nurliah, N. (2018). Konvergensi dan Kompetisi Media Massa dalam Memenangkan Pasar di Era Media Digital di Makassar. Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 106–118. https://doi.org/10.24252/jdt.v19i1.5951
Pickard G. Picard, V. P. (2017). Essential Principles for Contemporary Media and Communications Policymaking. Reuters Institute for the Study of Journalism: University of Oxford., (April).
Romadhoni, B. A. (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan. An-Nida, 10(1), 13–20.