Mengembangkan Penguasaan Keaksaraan Anak Usia Dini melalui Media Teka-Teki Bergambar pada Anak Kelompok B di TK TGK Hasanul Basri Cot Jabet Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen

Authors

  • elfiadi elfiadi IAIN Lhokseumawe
  • Izma Fariza
  • Mutia Sari

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.12367

Keywords:

Kemampuan Keaksaraan, Teka-Teki Bergambar

Abstract

Rendahnya kemampuan keaksaraan pada anak untuk sekarang ini juga terjadi di TK Tgk Hasanul Basri Cot Jabet khususnya anak-anak kelompok B yang belum berkembang dengan baik dan sesuai dengan harapan, sehingga perlu adanya tindakan untuk mengembangkan kemampuan tersebut, salah satunya peneliti menggunakan media teka teki gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada pratindakan penguasaan keaksaraan anak yang belum berkembang ada 12 anak (60%), untuk Mulai berkembang ada 8 anak (40%) sedangkan untuk berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik belum ada. Pada tindakan I (siklus I) anak yang belum berkembang ada 2 anak (10%), untuk Mulai berkembang ada 11 anak (55%), untuk berkembang sesuai harapan ada 7 anak (35%) dan berkembang sangat baik tidak ada. Pada tindakan II (siklus II) kemampuan penguasaan keaksaraan melalui media teka teki bergambar dari jumlah anak yang belum berkembang 1 (5%), anak yang mulai berkembang pada siklus II terdapat 3 anak (15%) dan anak yang berkembang sesuai harapan ada 7 anak (35%), sedangkan anak berkembang sangat baik ada 9 anak (45%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan media teka teki bergambar dapat mengembangkan kemampuan keaksaraan anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto, (2011) Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya Jakarta: Prenada
Media Group
Arsyad Azhar, (2016) Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada
John W Santrock, (2007) Perkembangan Anak Jilid 1 Jakarta:Erlangga
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ( 2017) Pengembangan Keansaraan Awal pada Anak Usia 5-6 Tahun
Melalui Buku Cerita Budaya Lokal, Jakarta: BPPAUD dan Dikmas NTB Peraturan Menteri Pendidikan dan
kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, BAB 1 Pasal 1
ayat 10.
Resmini, (2006) Membaca dan Menulis di SD, Bandung: UPI Press
Riduwan (2007) Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti
Pemula,Bandung: Alfabeta
Rochiati Wiriatmaja, (2006) Metode Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: Remaja Rosdakarya
Soepoarno, (2001) Media pengajaran Bahasa, Yogyakarta: IKIP
Sugiono. (2005) Memahami Penelitian Kualitatif. Cet 1. Bandung: Alfabeta, 2005
Suyono dan Hariyanto, (2011) Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, (2010) Strategibelajar mengajar, Jakarta:
Rinneka Cipta
Yulia Nuraini Sujiono, (2009) Konsep Dasar pendidikan Anak usia Dini, Jakarta:
Indeks

Downloads

Published

04-08-2022

How to Cite

elfiadi, elfiadi, Fariza, I., & Sari, M. (2022). Mengembangkan Penguasaan Keaksaraan Anak Usia Dini melalui Media Teka-Teki Bergambar pada Anak Kelompok B di TK TGK Hasanul Basri Cot Jabet Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 12-20. https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.12367