Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Tema Kearifan Lokal di Kelompok B RA Nurul Yaqin Desa Seri Tanjung Ogan Ilir
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.13115Keywords:
LKPD, tema kearifan lokalAbstract
Penelitian ini dikembangkan karena masih minimnya LKPD yang bertemakan Kearifan Lokal di Desa Seri Tanjung Ogan Ilir. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik pada tema kearifan lokal dengan kategori valid dan praktis serta efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model penelitian pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, and Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B RA Nurul Yaqin Seri Tanjung Ogan Ilir. Jumlah sampel uji coba skala kecil yaitu kelompok B1 sebanyak 13 peserta didik dan uji coba skala besar yaitu kelompok B1 dan B2 sebanyak 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan diperoleh berdasarkan data angket respon yang dianalisis dengan menggunakan skala likert dengan aturan skor angket respon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan berdasarkan angket respon ahli materi 93,75 dinyatakan sangat valid, ahli desain 83,75 dinyatakan sangat valid, ahli bahasa 80 dinyatakan valid dan sangat praktis yaitu 93 berdasarkan angket respon praktisi serta berdasarkan angket respon peserta didik yang dilakukan dalam bentuk wawancara, 88,701 dinyatakan sangat efektif pada uji coba skala kecil dan 90,264 dinyatakan sangat efektif pada uji coba skala besar. Artinya LKPD pada tema kearifan lokal yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.Downloads
Download data is not yet available.
References
Azizahwati, A., & Mohd Yasin, R. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 65. https://doi.org/10.31258/jgs.5.1.65-69
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depsiknas.
Kemendikbud. (2018). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud.
Nasution, R. A. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Tema Diri Sendiri di TK A PAUD Khairun Kirs Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 07(01), 111–128. https://doi.org/https://doi.org/10.30829/RAUDHAH.V7I1.472
Parenta. (2020). Model Pembelajaran Advance Organizer Collaboration. Aksara Timur.
Pujiaswati, R., Mulyana, E. H., & Mulyadi, S. (2020). Pengembangan lembar kerja anak (lka) model stem pada konsep terapung melayang tenggelam untuk memfasilitasi keterampilan saintifik anak usia dini. Jurnal paud agapedia, 4(1), 107–117. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27202
Rahyono, F. X. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Wedatama Widyasatra.
Ramadhan, S. F. (2014). Pengembangan Media Lembar Kerja Siswa (Lks) Edukatif untuk Siswakelas-b Tk Negeri Pembina Prigen. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 02(03), 127–133.
Rapanna, P. (2016). Membumikan Kearifan Lokal Menuju Kemandirian Ekonomi. CV. Sah Media.
Septantingtyas, N., Shofiatun, A. M., & Rahman, A. (2021). Pembelajaran Sains. Lakeisha.
Sugiyanti, A. (2012). Modul Pelatihan Calon Pelatih PAUD Angkatan II: Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal. Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.
Triono. (2019). Mendesain Pendekatan Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.
Wafiqni, N., & Nurani, S. (2019). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.170
Wiyono, E., P.M Labulan, & Muhammad Siddik. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa ( lks ) tema lingkungan sahabat kita di kelas v ( lima ) sd muhammadiyah sangatta utara. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 91–98. https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.645
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depsiknas.
Kemendikbud. (2018). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud.
Nasution, R. A. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Tema Diri Sendiri di TK A PAUD Khairun Kirs Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 07(01), 111–128. https://doi.org/https://doi.org/10.30829/RAUDHAH.V7I1.472
Parenta. (2020). Model Pembelajaran Advance Organizer Collaboration. Aksara Timur.
Pujiaswati, R., Mulyana, E. H., & Mulyadi, S. (2020). Pengembangan lembar kerja anak (lka) model stem pada konsep terapung melayang tenggelam untuk memfasilitasi keterampilan saintifik anak usia dini. Jurnal paud agapedia, 4(1), 107–117. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27202
Rahyono, F. X. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Wedatama Widyasatra.
Ramadhan, S. F. (2014). Pengembangan Media Lembar Kerja Siswa (Lks) Edukatif untuk Siswakelas-b Tk Negeri Pembina Prigen. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 02(03), 127–133.
Rapanna, P. (2016). Membumikan Kearifan Lokal Menuju Kemandirian Ekonomi. CV. Sah Media.
Septantingtyas, N., Shofiatun, A. M., & Rahman, A. (2021). Pembelajaran Sains. Lakeisha.
Sugiyanti, A. (2012). Modul Pelatihan Calon Pelatih PAUD Angkatan II: Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal. Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.
Triono. (2019). Mendesain Pendekatan Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.
Wafiqni, N., & Nurani, S. (2019). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.170
Wiyono, E., P.M Labulan, & Muhammad Siddik. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa ( lks ) tema lingkungan sahabat kita di kelas v ( lima ) sd muhammadiyah sangatta utara. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 91–98. https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.645
Downloads
Published
07-08-2022
Issue
Section
Articles
How to Cite
Damayanti, S., Mardeli, M., & Oktamarina, L. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Tema Kearifan Lokal di Kelompok B RA Nurul Yaqin Desa Seri Tanjung Ogan Ilir. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 30-38. https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.13115