Penerapan Prinsip Penyelenggaraan TPA
di Daycare Almira Palembang
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.13639Keywords:
Taman Penitipan Anak, Prinsip PeneyelenggaraanAbstract
Taman Penitipan Anak adalah kategori yang berkembang dari layanan pendidikan anak usia dini non-formal. Sejak didirikan pada tahun 1963, Departemen Sosial telah bekerja untuk memenuhi kebutuhan anak-anak di bawah usia lima tahun yang tidak bersama orang tua mereka dengan memberikan perawatan, arahan, dan dukungan sosial. Dengan holistik, lembaga TPA memenuhi semua kebutuhan siswa untuk berkembang dan maju. Integratif mengandung pengertian bahwa semua lembaga TPA bekerjasama dengan organisasi terkait dan lembaga mitra. Untuk membantu anak-anak mencapai potensi penuh mereka dalam hal pertumbuhan dan perkembangan, Taman Penitipan Anak (TPA) menawarkan layanan pendidikan dan pengembangan kesejahteraan. Ketika datang ke gagasan tentang perkembangan anak. Hal ini berdampak signifikan terhadap seberapa baik siswa belajar ketika sebuah pusat pengasuhan anak diselenggarakan, yaitu dengan menggunakan konsep organisasi dari pengalaman siswa dalam keluarga dan lembaga PAUD. Tempa, Asah, Asih, dan Asuh adalah tiga konsep pembeda layanan TPA berkualitas tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daycare Almira Palembang telah menerapkan prinsip-prinsip pelaksanaan TPA cukup berhasil dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan fase perkembangan anakDownloads
Download data is not yet available.
References
Cresswell, J. W. 2013. Research design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Denico, Ahmad. 2018. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di KB Cerdas Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir. Generasi Emas, Jurnal PIAUD: Volume 01, No. 02
Direktorat, Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal Dan Informal. 2013. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Fahrudin, Adi. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial,.Bandung: PT. Refika Aditama
Hamdiani, Yulinda, dkk. 2016. Layanan Anak Usia Dini/Prasekolah dengan “Full Day Care” di Taman Penitipan Anak. Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 3 Nomor 2
Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta:Luxima.
Hoerniasih, Nia. 2017. Pengelolaan Program Taman Penitipan Anak Plamboyan 3 di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education and Communitiy Empowerment, Volume 1 Nomor 1, 34-42 Juni
Kemdikbud.2015. Peraturan Menteri dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.
Luluk, Asmawati. 2010. Pengelolaan Kegiatan di Taman Penitipan Anak. Kegiatan Belajar 3, PAUD4407/ MODUL 1. Jakarta.
Mahpur, Muhammad. 2022. Pola Mendidik Anak : Metode 3A (Asah, Asih, Asuh). Malang : Dunia Akademisi Publisher
Puspita, Heni. 2019. Kelekatan Anak dengan Pengasuh Tempat Penitipan Anak. Jurnal PG PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Volume 6, Nomor 1 49-55 April
Rizkita, D. (2017). Pengaruh standar kualitas taman penitipan anak (TPA) terhadap motivasi dan kepuasaan orangtua (pengguna) untuk memilih pelayanan TPA yang tepat. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-16.
Romlah dan Rumadani Sagala. 2022. Manajemen Sarana dan Prasarana Taman Penitipan Anak di Lampung. Jurnal Obsesi, Volume 6 Nomor1, 231-238
Solicha, Isnaini. 2019. Skripsi Model Pembelajaran TPA (Studi Perbandingan di TPA Khadijah Pandegiling Surabaya dan Toddler Surabaya Montessori School). Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Sudipermana, Elih. 2021.Evaluasi Program Pelaksanaan Pengasuhan Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak Ad-Diroyah Cibiru. Volume 3, Nomor 2 Desember
Ulyah, Himmatul. 2021. Menelisik Tumbuh Kembang Anak di Taman Penitipan Anak (TPA). Noura: Jurnal Kajian Gender dan Anak, Volume 5 Nomor 1
Sofia, Lili, dkk. 2019. Hubungan Antara Durasi Pengasuhan dengan Tumbuh Kembang Anak di Taman Penitipan Anak (TPA). Jurnal JOM FKp, Volume 6, Nomor 1 Januari-Juni
Suyadi & Maulidya Ulfah. 2017. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wiyani. Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar Paud. Yogyakarta: Gava Media
Yasin, Zakiyah, dkk. 2020. Pentingnya Tempat Penitipan Anak untuk Wanita Bekerja di Kalangan Ibu Dosen dan Karyawan Fakultas Ilmu Kesehatan. Jurnal Abdiraja, Volume 3 Nomor 2 September
Denico, Ahmad. 2018. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di KB Cerdas Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir. Generasi Emas, Jurnal PIAUD: Volume 01, No. 02
Direktorat, Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal Dan Informal. 2013. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Fahrudin, Adi. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial,.Bandung: PT. Refika Aditama
Hamdiani, Yulinda, dkk. 2016. Layanan Anak Usia Dini/Prasekolah dengan “Full Day Care” di Taman Penitipan Anak. Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 3 Nomor 2
Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta:Luxima.
Hoerniasih, Nia. 2017. Pengelolaan Program Taman Penitipan Anak Plamboyan 3 di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education and Communitiy Empowerment, Volume 1 Nomor 1, 34-42 Juni
Kemdikbud.2015. Peraturan Menteri dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.
Luluk, Asmawati. 2010. Pengelolaan Kegiatan di Taman Penitipan Anak. Kegiatan Belajar 3, PAUD4407/ MODUL 1. Jakarta.
Mahpur, Muhammad. 2022. Pola Mendidik Anak : Metode 3A (Asah, Asih, Asuh). Malang : Dunia Akademisi Publisher
Puspita, Heni. 2019. Kelekatan Anak dengan Pengasuh Tempat Penitipan Anak. Jurnal PG PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Volume 6, Nomor 1 49-55 April
Rizkita, D. (2017). Pengaruh standar kualitas taman penitipan anak (TPA) terhadap motivasi dan kepuasaan orangtua (pengguna) untuk memilih pelayanan TPA yang tepat. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-16.
Romlah dan Rumadani Sagala. 2022. Manajemen Sarana dan Prasarana Taman Penitipan Anak di Lampung. Jurnal Obsesi, Volume 6 Nomor1, 231-238
Solicha, Isnaini. 2019. Skripsi Model Pembelajaran TPA (Studi Perbandingan di TPA Khadijah Pandegiling Surabaya dan Toddler Surabaya Montessori School). Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Sudipermana, Elih. 2021.Evaluasi Program Pelaksanaan Pengasuhan Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak Ad-Diroyah Cibiru. Volume 3, Nomor 2 Desember
Ulyah, Himmatul. 2021. Menelisik Tumbuh Kembang Anak di Taman Penitipan Anak (TPA). Noura: Jurnal Kajian Gender dan Anak, Volume 5 Nomor 1
Sofia, Lili, dkk. 2019. Hubungan Antara Durasi Pengasuhan dengan Tumbuh Kembang Anak di Taman Penitipan Anak (TPA). Jurnal JOM FKp, Volume 6, Nomor 1 Januari-Juni
Suyadi & Maulidya Ulfah. 2017. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wiyani. Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar Paud. Yogyakarta: Gava Media
Yasin, Zakiyah, dkk. 2020. Pentingnya Tempat Penitipan Anak untuk Wanita Bekerja di Kalangan Ibu Dosen dan Karyawan Fakultas Ilmu Kesehatan. Jurnal Abdiraja, Volume 3 Nomor 2 September
Downloads
Published
30-09-2022
Issue
Section
Articles
How to Cite
Monicha, W. M., & Fitri, I. (2022). Penerapan Prinsip Penyelenggaraan TPA: di Daycare Almira Palembang. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 51-66. https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.13639