Tinjauan Hadits tentang Mendidik Anak dengan Memukul
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.14036Keywords:
Hadis, Mendidik, Memukul, AnakAbstract
Salah satu cara yang dilakukan orang tua mendidik anaknya untuk disiplin yakni dengan memukulnya. Akan tetapi hal ini kemudian menjadi dilema karena dikhawatirkan menjadi kesempatan bagi orang tua untuk melakukan kekerasan pada anak atas dasar kedisiplinan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam bagaimana tinjauan hadits terhadap mendidik dengan cara memukul tersebut dan batasan-batasan alasan memukul demi kedisiplinan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur. Informan dalam penelitian ini yaitu 4 orang tokoh Agama Islam di Kota Samarinda yang memahami hadis yang berkaitan dengan pendidikan anak. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa mendidik anak dengan cara memukul diperbolehkan dengan syarat anak telah berusia di atas 10 tahun apabila mereka tidak menjalankan ibadah sholat, tidak mengarahkan pukulan pada tempat-tempat yang membahayakan seperti kepala, wajah, perut dan organ yang rawan lainnya. Hukuman memukul tersebut tidak dilakukan secara semena-mena dan hanya dilakukan atas dasar mendidik anak tersebut.Downloads
Download data is not yet available.
References
Adhim, M. F. (2015). Positive Parenting. Yogyakarta: Pro-U Media.
Al-Ashfahani, R. (1442). al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an. Beirut: Darul Qalam.
Al-Attas, S. M. N. (1931). RisalahUntuk Kaum Muslimin. Kuala Lumpur: KPG.
Al-Attas, S. M. N. (1988). Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan.
Al-Attas, S. M. N. (2000). Aims and Objectives of Islamic Education. Jeddah: King Abdulaziz University.
Al-Dimasyqi, I. K. (1999). Tafsir al-Qur’an al-Adhim (vol. 8). Riyadh: Dar Thayyibah.
Al-Ghazali, A. H. (n.d.). Ihya Ulumuddin (3rd ed.). Beirut: Dar al-Ma’rifah.
Al-Jurjani, A. bin M. (1983). Kitab al-Ta’rifat. Beirut: Darul Kitab al-Ilmiyah.
Al-Kafawi, A. bin M. (1870). al-Kulliyat Mu’jam fi al-Musthalahat wa al-Furuq al-Lughawiyah. Beirut: Mu’assasah al-Ridalah.
Al-Manawi, Z. M. (1990). al-Taufiq ala Muhimmat al-Ta’arif. Kairo: Alam al-Kutub.
Alwi, M. H. (2017). Konsep Ta’dib Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Implikasinya Bagi Pendidikan Karakter. IAIN Salatiga.
Ardiansyah, M. (2020). Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Aplikasinya di Perguruan Tinggi. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.
Arifin, H. . (1987). Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.
Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213–227.
Asliani Harahap. (2018). Hitting in Education of Children (An Overview in Islamic Family Law and Positive Legal Views). Hukum, 3(2), 204–216.
Aziz, S. (2015). Pendidikan Keluarga: Konsep dan Strategi. Yogyakarta: Gava Media.
Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak dalam Keluarga: Telaah Epistemologis. Pedagogik: Jurnal Pedidikan, 3(2), 96–107.
Dedih, U., Zakiyah, Q. Y., & Melina, J. O. (2019). Perhatian Orang Tua dalam Pendidikan Keagamaan Anak di Rumah Hubungannya Dengan Perilaku Mereka di Lingkungan Sekolah. Atthulab, 4(1), 2.
Dewey, J. (1961). Democracy and Education, A Penn State Electronic Classics Series Publication. New York: Mac Milan Company.
Eka, P. (2017). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab. TADBIR :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 116–131.
Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–429. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483
Fajriah. (2018). Menghukum Anak Sesuai Sunnah Nabi Saw. Ya-Bunayya, 3(1), 74–93.
H. Santhos Wachjoe Prijambodo. (2019). Bunga Rampai Hukum & Filsafat Indonesia. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hafidz, A.-H. U. bin. (2017). Sukses Parenting di Era Milenial Ala Tradisi Salaf. Batu: Dar Ummahatil Mukminin.
Hamat, A. Al. (2017). Representasi Keluarga dalam Konteks Hukum Islam. Yudisa: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 8(1), 150.
Hasan, B. A., & Khambali. (2021). Implikasi Pendidikan dari Hadits Riwayat Muslim No. 4803 terhadap Peran Orangtua dalam Mendidik Aqidah Anak. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i2.359
Hasanuddin, A. H. (1984). Cakrawala Kuliah Agama. Surabaya: Al-Ikhlas.
Herawati, & Kamisah. (2019). Mendidik Anak Ala Rasulullah ( Propethic Parenting ) Educate Children with Rasulullah Method ( Propethic Parenting ). Journal of Education Science (JES), 5(1), 33–42.
Hermawan, A. R., Bariah, O., & Ramdhani, K. (2021). Pendidikan Moral pada Keluarga Muslim Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 812–822. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1772
Hornby, A. S. (1995). Ocford Advanced Learner’s Dictionary. Britania Raya: Oxford University Press.
Husaini, A. (2009). Kiat Menjadi Guru Keluarga: Menyiapkan Generasi Pejuang. Solo: Pustaka Arafah.
Idris, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan PAUD, 1(1), 74–82. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609
Ihsan, F. (2013). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ilahi, M. T. (2016). Revitalisasi Pendidikan Berbasis Mmoral (3rd ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Imron, A. (2012). Re-Interpretasi Hadist Tarbawi tentang Kebolehan Memukul Anak Didik. Jurnal Pendidikan Islam, I(2).
Isma’il Raji Al-Faruqi. (1988). Tauhid. Bandung: Pustaka.
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islami, 8(2), 246.
Jayanti, F. D. (2016). Reinterpretasi Hadits Perintah Memukul Anak. Jurnal Refleksi, 15(1), 1–27.
Ma’zumi, Syihabudin, & Najmudin. (2019). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Sunnah: Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 204.
Maisyaroh, N. (2017). Konsep Hukuman dalam Penddidikan Islam Perspektif Abdullah Nashih ’Ulwan. IAIN Raden Intan.
Mazhariri, H. (2000). Pintar Mendidik Anak: Panduan Lengkap Bagi Orang Tua, Guru, dan Masyarakat Berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta: Lentera Basritama.
Mentari, E. G. (2020). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.
Musliani, I. (2018). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini (Telaah Pada Buku Islamic Parenting Karya M. Fauzi Rachman). Universitas Islam Negeri Sunankalijaga.
Purba, A., & Maturidi. (2019). Mendidik Anak dalam Mencintai Al- Qur’ an Mendidik Anak dalam Mencintai Al- Qur’ an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 347–368.
Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 43.
Rohmah, K. (2019). Peran Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dalam Pendidikan Akhlak di Keluarga. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Saputra, W., & Subiyantoro. (2021). Pendidikan Anak dalam Keluarga. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609
Shalahuddin, H. (2020). Indahnya Keserasian Gender Dalam Islam Edisi II. Jakarta: INSISTS.
Ulwan, A. N. (2007). Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.
Umar, A. M. (2008). Mu’jam al-Lughah al-Arabiyah al-Mu’ashirah. In Alam al-Kutub (Vol. 3).
Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial 4.0. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208–225. https://doi.org/10.52166/talim.v2i2.1644
Wahyi, H. (2021). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Ilmiah Didaktika, 12(2), 1.
Yuliani, N., & Zahiroh, I. (2020). TINDAKAN MEMUKUL DALAM MENDIDIK ANAK ( Studi Analisa Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam Tentang Hadits Riwayat Imam Abu Dawud Nomor 494 ). At-Thufully: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 1(1), 10–25.
Yusrina, J. A. (2014). Studi Analisis Hadits Nabi tentang Perintah Shalat Pada Anak Sejak Usia Tujuh Tahun dalam Perspektif Pendidikan Islam. IAIN Walisongo.
Al-Ashfahani, R. (1442). al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an. Beirut: Darul Qalam.
Al-Attas, S. M. N. (1931). RisalahUntuk Kaum Muslimin. Kuala Lumpur: KPG.
Al-Attas, S. M. N. (1988). Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan.
Al-Attas, S. M. N. (2000). Aims and Objectives of Islamic Education. Jeddah: King Abdulaziz University.
Al-Dimasyqi, I. K. (1999). Tafsir al-Qur’an al-Adhim (vol. 8). Riyadh: Dar Thayyibah.
Al-Ghazali, A. H. (n.d.). Ihya Ulumuddin (3rd ed.). Beirut: Dar al-Ma’rifah.
Al-Jurjani, A. bin M. (1983). Kitab al-Ta’rifat. Beirut: Darul Kitab al-Ilmiyah.
Al-Kafawi, A. bin M. (1870). al-Kulliyat Mu’jam fi al-Musthalahat wa al-Furuq al-Lughawiyah. Beirut: Mu’assasah al-Ridalah.
Al-Manawi, Z. M. (1990). al-Taufiq ala Muhimmat al-Ta’arif. Kairo: Alam al-Kutub.
Alwi, M. H. (2017). Konsep Ta’dib Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Implikasinya Bagi Pendidikan Karakter. IAIN Salatiga.
Ardiansyah, M. (2020). Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Aplikasinya di Perguruan Tinggi. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.
Arifin, H. . (1987). Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.
Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213–227.
Asliani Harahap. (2018). Hitting in Education of Children (An Overview in Islamic Family Law and Positive Legal Views). Hukum, 3(2), 204–216.
Aziz, S. (2015). Pendidikan Keluarga: Konsep dan Strategi. Yogyakarta: Gava Media.
Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak dalam Keluarga: Telaah Epistemologis. Pedagogik: Jurnal Pedidikan, 3(2), 96–107.
Dedih, U., Zakiyah, Q. Y., & Melina, J. O. (2019). Perhatian Orang Tua dalam Pendidikan Keagamaan Anak di Rumah Hubungannya Dengan Perilaku Mereka di Lingkungan Sekolah. Atthulab, 4(1), 2.
Dewey, J. (1961). Democracy and Education, A Penn State Electronic Classics Series Publication. New York: Mac Milan Company.
Eka, P. (2017). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab. TADBIR :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 116–131.
Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–429. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483
Fajriah. (2018). Menghukum Anak Sesuai Sunnah Nabi Saw. Ya-Bunayya, 3(1), 74–93.
H. Santhos Wachjoe Prijambodo. (2019). Bunga Rampai Hukum & Filsafat Indonesia. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hafidz, A.-H. U. bin. (2017). Sukses Parenting di Era Milenial Ala Tradisi Salaf. Batu: Dar Ummahatil Mukminin.
Hamat, A. Al. (2017). Representasi Keluarga dalam Konteks Hukum Islam. Yudisa: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 8(1), 150.
Hasan, B. A., & Khambali. (2021). Implikasi Pendidikan dari Hadits Riwayat Muslim No. 4803 terhadap Peran Orangtua dalam Mendidik Aqidah Anak. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i2.359
Hasanuddin, A. H. (1984). Cakrawala Kuliah Agama. Surabaya: Al-Ikhlas.
Herawati, & Kamisah. (2019). Mendidik Anak Ala Rasulullah ( Propethic Parenting ) Educate Children with Rasulullah Method ( Propethic Parenting ). Journal of Education Science (JES), 5(1), 33–42.
Hermawan, A. R., Bariah, O., & Ramdhani, K. (2021). Pendidikan Moral pada Keluarga Muslim Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 812–822. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1772
Hornby, A. S. (1995). Ocford Advanced Learner’s Dictionary. Britania Raya: Oxford University Press.
Husaini, A. (2009). Kiat Menjadi Guru Keluarga: Menyiapkan Generasi Pejuang. Solo: Pustaka Arafah.
Idris, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan PAUD, 1(1), 74–82. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609
Ihsan, F. (2013). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ilahi, M. T. (2016). Revitalisasi Pendidikan Berbasis Mmoral (3rd ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Imron, A. (2012). Re-Interpretasi Hadist Tarbawi tentang Kebolehan Memukul Anak Didik. Jurnal Pendidikan Islam, I(2).
Isma’il Raji Al-Faruqi. (1988). Tauhid. Bandung: Pustaka.
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islami, 8(2), 246.
Jayanti, F. D. (2016). Reinterpretasi Hadits Perintah Memukul Anak. Jurnal Refleksi, 15(1), 1–27.
Ma’zumi, Syihabudin, & Najmudin. (2019). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Sunnah: Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 204.
Maisyaroh, N. (2017). Konsep Hukuman dalam Penddidikan Islam Perspektif Abdullah Nashih ’Ulwan. IAIN Raden Intan.
Mazhariri, H. (2000). Pintar Mendidik Anak: Panduan Lengkap Bagi Orang Tua, Guru, dan Masyarakat Berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta: Lentera Basritama.
Mentari, E. G. (2020). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.
Musliani, I. (2018). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini (Telaah Pada Buku Islamic Parenting Karya M. Fauzi Rachman). Universitas Islam Negeri Sunankalijaga.
Purba, A., & Maturidi. (2019). Mendidik Anak dalam Mencintai Al- Qur’ an Mendidik Anak dalam Mencintai Al- Qur’ an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 347–368.
Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 43.
Rohmah, K. (2019). Peran Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dalam Pendidikan Akhlak di Keluarga. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Saputra, W., & Subiyantoro. (2021). Pendidikan Anak dalam Keluarga. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609
Shalahuddin, H. (2020). Indahnya Keserasian Gender Dalam Islam Edisi II. Jakarta: INSISTS.
Ulwan, A. N. (2007). Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.
Umar, A. M. (2008). Mu’jam al-Lughah al-Arabiyah al-Mu’ashirah. In Alam al-Kutub (Vol. 3).
Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial 4.0. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208–225. https://doi.org/10.52166/talim.v2i2.1644
Wahyi, H. (2021). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Ilmiah Didaktika, 12(2), 1.
Yuliani, N., & Zahiroh, I. (2020). TINDAKAN MEMUKUL DALAM MENDIDIK ANAK ( Studi Analisa Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam Tentang Hadits Riwayat Imam Abu Dawud Nomor 494 ). At-Thufully: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 1(1), 10–25.
Yusrina, J. A. (2014). Studi Analisis Hadits Nabi tentang Perintah Shalat Pada Anak Sejak Usia Tujuh Tahun dalam Perspektif Pendidikan Islam. IAIN Walisongo.
Downloads
Published
31-12-2022
Issue
Section
Articles
How to Cite
Mutmainah, A. S., Ruslan, A., Muchsinun, A., & Ramdani, M. (2022). Tinjauan Hadits tentang Mendidik Anak dengan Memukul. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 82-105. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.14036