EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS KELOMPOK BERMAIN PADA PAUD BON THORIF PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1463Keywords:
Manajemen Kelas, PAUD Bon ThorifAbstract
Efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang dimaksudkan untuk menciptakan proses pembelajaran efektif. Hal tersebut dilakukan dengan 1). Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, 2). melakukan pengaturan sedemikian rupa pada waktu untuk melakukan aktivitas bagi anak ini dilakukan dengan pertimbangan fleksibelitas dan mengacu pada karakteristik anak, 3). Mengatur Ruang Kelas, dengan cara mengatur ruang kelas, posisi duduk, pengaturan perabot dan alat permainan, serta membagi ruangan. Adapun faktor yang mempengaruhi efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang adalah 1). Lingkungan fisik yang tidak mendukung, Seperti: kondisi kelas yang gaduh karena aktivitas anak seperti megobrol, berselisih, berteriak dan lain sebagainya sehingga mengganggu aktivitas belajar dikelas, b). Terdapat anak tidak bisa tenang seperti berlari-lari di dalam kelas, dan anak-anak lainnya tampak berkeluyuran tanpa tujuan, c). Ruangan kelas yang kacau balau akibat aktivitas anak, d). Penempatan perabot yang tidak mempertimbangkan penggunaan oleh anak sehingga mengganggu aktivitas anak lainnya, 2) Lingkungan fisik yang mendukung seperti: Hasil pekerjaan anak-anak dipajangkan, tumbuhan hijau yang sehat di seluruh ruangan, poster berwarna-warni di dinding, dan gorden baru di jendela, ruangan diatur dalam area aktivitas yang berbeda, terdengar senandung berbicara dan tertawa, tetapi tidak ada teriakan, anak-anak sedang mengerjakan beberapa aktivitas yang diatur oleh para guru, material disimpan di atas rak terbuka yang rendah, dan anak-anak dapat menjangkaunya dengan mudah, fasilitas dan peralatan ditempatkan berdekatan dengan aktivitas yang akan dilakukan anak seperti kran air, ember, dan spons, anak-anak tampaknya benar-benar menikmati kegiatan pembelajarn dengan senang dan gembira, serta peran guru tampat sebagai fasilitator dan pembimbing dimana guru berupaya menasihati anak-anak dari suatu perubahan aktivitas ke bentuk aktivitas lainnya yang dirancang. Dengan demikian maka secara komprehensif dapat dikemukakan bahwa efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang dimaksudkan untuk menciptakan proses pembelajaran efektif dengan cara melakukan perencanaan dengan mempertimbangkan karakteristik dan perkembangan anak.Downloads
Download data is not yet available.
References
Ali Nugraha, dkk. 2008. Kurikulum Dan Bahan Ajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka.
Anggani , Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta. Grasindo.
Azlin N. Mansor, Et all, Effective Classroom Management, International Education Studies; journal. 5(5)
Bowman, Barbara T., M. Suzanne Donovan, and M. Susan Burns (editors). 2010. Eager to Learn: Educating Our Preschoolers. Washington DC: National Academy Pres.
E. Haynes, Marion. 1994. Manajemen waktu untuk diri sendiri .(alih bahasa Heryanto G). Jakarta:Binarupa aksara.
Ekosiswoyo Rachman, Motivasi Belajar Dan Disiplin, http://motivasi-belajar-dan- disiplin-unmul.blogspot.com/. (Diakses kamis, 6 maret 2014 pukul 15.15 WIB)
Good, T.L. dan Brophy, J.E. 1991. Educational Psychology. New York: Longman.
Hasri, Salfen. 2009. Sekolah Efektif dan Guru Efektif. Yogyakarta: Aditya Media Printing and Publishing.
James Popham Dan Eva L. Baker. 2008. Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta : Rineka Cipta.
Kasmadi. 2013. Membangun Soft Skill Anak - anak Hebat, Bandung: Alfabeta.
Kellough, D. Richard. 1996. Integrating mathematics and Scence. USA : Merrill Prentice Hall.
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Milles, M.B & A.M. Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis. California: SAGE Publication Inc.
Montolalu dkk. 2009. Barmain Dan Permainan Anak, Jakarta: Universitas terbuka,
Mulyasa. 2011. Manajemen PAUD, (Bandung : Remaja Rosda Karya.
Rachman, Maman. 1999. Manajemen Kelas, Depdikbud. Ditjen. Dikti Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Siswanti dan Sri Lestari. 2012. Panduan Bagi Guru dan Orang tua Pembelajaran atraktif dan 100 permainan kreatif untuk PAUD, Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Soemiarti Patmonodewo, 2003. Pendidikan Anak Pra Sekolah, Jakarta:Rineka Cipta.
Suyadi. 2010. Manajemen PAUD, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011
Yulianti, Dwi. 2010. Belajar Sambil Bermain Sains di Taman Kanak-kanak, Jakarta : Indeks,
Anggani , Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta. Grasindo.
Azlin N. Mansor, Et all, Effective Classroom Management, International Education Studies; journal. 5(5)
Bowman, Barbara T., M. Suzanne Donovan, and M. Susan Burns (editors). 2010. Eager to Learn: Educating Our Preschoolers. Washington DC: National Academy Pres.
E. Haynes, Marion. 1994. Manajemen waktu untuk diri sendiri .(alih bahasa Heryanto G). Jakarta:Binarupa aksara.
Ekosiswoyo Rachman, Motivasi Belajar Dan Disiplin, http://motivasi-belajar-dan- disiplin-unmul.blogspot.com/. (Diakses kamis, 6 maret 2014 pukul 15.15 WIB)
Good, T.L. dan Brophy, J.E. 1991. Educational Psychology. New York: Longman.
Hasri, Salfen. 2009. Sekolah Efektif dan Guru Efektif. Yogyakarta: Aditya Media Printing and Publishing.
James Popham Dan Eva L. Baker. 2008. Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta : Rineka Cipta.
Kasmadi. 2013. Membangun Soft Skill Anak - anak Hebat, Bandung: Alfabeta.
Kellough, D. Richard. 1996. Integrating mathematics and Scence. USA : Merrill Prentice Hall.
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Milles, M.B & A.M. Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis. California: SAGE Publication Inc.
Montolalu dkk. 2009. Barmain Dan Permainan Anak, Jakarta: Universitas terbuka,
Mulyasa. 2011. Manajemen PAUD, (Bandung : Remaja Rosda Karya.
Rachman, Maman. 1999. Manajemen Kelas, Depdikbud. Ditjen. Dikti Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Siswanti dan Sri Lestari. 2012. Panduan Bagi Guru dan Orang tua Pembelajaran atraktif dan 100 permainan kreatif untuk PAUD, Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Soemiarti Patmonodewo, 2003. Pendidikan Anak Pra Sekolah, Jakarta:Rineka Cipta.
Suyadi. 2010. Manajemen PAUD, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011
Yulianti, Dwi. 2010. Belajar Sambil Bermain Sains di Taman Kanak-kanak, Jakarta : Indeks,
Published
12-10-2017
Issue
Section
Articles
How to Cite
Amilda, A. (2017). EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS KELOMPOK BERMAIN PADA PAUD BON THORIF PALEMBANG. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 21-43. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1463