INTERNALISASI SIKAP KEBERAGAMAAN SEJAK ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1473Keywords:
Internalisasi, Sikap Keberagamaan, Anak Usia DiniAbstract
Anak di usia dini merupakan bagian yang sangat berharga, oleh karena itu diistilahkan dengan masa keemasan (golden age), masa ini tidak akan terulang untuk kedua kalinya. Tulisan ini membahas mengenai bagaimana internalisasi sikap keberagamaan yang harus kita berikan sejak anak berusia dini (usia 0-6 tahun). Karena dalam usia ini, kita dapat menanamkan nilai-nilai keimanan (tauhid), nilai ibadah dan juga nilai-nilai akhlak. Nilai-nilai tersebut jika diinternalisasikan sejak anak berusia dini, maka akan menjadi bekal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak kelaknya. Karena nilai-nilai tersebut dapat membentuk sikap keberagamaan yang sesuai dengan nilai-nilai dasar Islam. Pendidikan Islam mampu melahirkan sikap keberagamaan dalam diri anak sejak usia dini, jika diinternalisasikan secara berkelanjutan. Karena pendidikan Islam merupakan sistem pendidikan yang menuntut untuk melatih anak didik agar memiliki nilai dan kepribadian yang sesuai dengan tuntutan agamaDownloads
Download data is not yet available.
References
Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Chabib Thoha. 1996. Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Direktorat PAUD dalam Haedari. 2009. Rencana Induk (Master Plan), Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2010-2014 di Propinsi DKI Jakarta.
Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. 2011. Kurikulum RA/BA/TA. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran, Pedoman Pengembangan Silabus, Pedoman Penilaian, Kementerian Agama RI.
Dirjen PNFI. 2010. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Kementerian Pendidikan Nasional: Jakarta.
h t t p://reposit o r y.up i .ed u/op erat o r/up load/tbp_999624_chapter1.pdf. Diunduh pada hari Kamis, tanggal 18 Juli 2017
h t t p://reposit o r y.up i .ed u/op erat o r/up load/tpendas_0808974_chapt er2.pdf. Diunduh pada hari Rabu, tanggal 17 Juli 2017.
http://alislamu.com/aqidah/683- definisi-aqidah.html. Diunduh pada hari Rabu, tanggal 17 juli 2017.
Jasa Ungguh Muliawan. 2009. Manajemen Play Group dan Taman Kanak- kanak. Yogyakarta: DIVA Press.
Kemenag. 2007. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta: Kementerian Agama
Kemendiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
Kementerian Agama RI. 2011. Kurikulum RA/BA/TA. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Direktorat Pendidikan Madrasah.
Murdiono, Mukhamad. 2009. Metode Penanaman Nilai Moral untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yokyakarta.
Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009. Tentang Standar Pendidikan PAUD.
Rahim, Husni dkk. 2006. Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam. Cet I. Departemen Agama RI. Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Islam.
Rantina, Mahyumi. 2012. Pembelajaran Agama di Sentra Iman dan Taqwa Taman Kanak- Kanak Huffazh Payakumbuh. Jurnal Pesona PAUD Vol. 1 No. 1. Universitas Negeri Malang.
Syaiful Bahri Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rieneka Cipta
Tholkhah Hasan. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jakarta: Mitra Abadi Press.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Cet II. Jakarta: Kecana Prenada Media Grup.
UU Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 4.
Wahyu Nafilatul Azizah. 2009. Penanaman Nilai Agama Pada Anak di Taman Kanak-kanak (TK) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) 31 Sumbersari Malang. Surabaya: UNESA
Wikipedia. 2007. Early Chilhood Education. Diakses dari http://en.wikipedia.org/wiki/e arly_chilhood_education. Pada tanggal 19 Juli 2017, jam 11.11 WIB
Yusuf al-Qardhawi. 1988. Ibadah dalam Islam. Surabaya: PT. Biru Ilmu
Chabib Thoha. 1996. Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Direktorat PAUD dalam Haedari. 2009. Rencana Induk (Master Plan), Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2010-2014 di Propinsi DKI Jakarta.
Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. 2011. Kurikulum RA/BA/TA. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran, Pedoman Pengembangan Silabus, Pedoman Penilaian, Kementerian Agama RI.
Dirjen PNFI. 2010. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Kementerian Pendidikan Nasional: Jakarta.
h t t p://reposit o r y.up i .ed u/op erat o r/up load/tbp_999624_chapter1.pdf. Diunduh pada hari Kamis, tanggal 18 Juli 2017
h t t p://reposit o r y.up i .ed u/op erat o r/up load/tpendas_0808974_chapt er2.pdf. Diunduh pada hari Rabu, tanggal 17 Juli 2017.
http://alislamu.com/aqidah/683- definisi-aqidah.html. Diunduh pada hari Rabu, tanggal 17 juli 2017.
Jasa Ungguh Muliawan. 2009. Manajemen Play Group dan Taman Kanak- kanak. Yogyakarta: DIVA Press.
Kemenag. 2007. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta: Kementerian Agama
Kemendiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
Kementerian Agama RI. 2011. Kurikulum RA/BA/TA. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Direktorat Pendidikan Madrasah.
Murdiono, Mukhamad. 2009. Metode Penanaman Nilai Moral untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yokyakarta.
Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009. Tentang Standar Pendidikan PAUD.
Rahim, Husni dkk. 2006. Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam. Cet I. Departemen Agama RI. Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Islam.
Rantina, Mahyumi. 2012. Pembelajaran Agama di Sentra Iman dan Taqwa Taman Kanak- Kanak Huffazh Payakumbuh. Jurnal Pesona PAUD Vol. 1 No. 1. Universitas Negeri Malang.
Syaiful Bahri Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rieneka Cipta
Tholkhah Hasan. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jakarta: Mitra Abadi Press.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Cet II. Jakarta: Kecana Prenada Media Grup.
UU Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 4.
Wahyu Nafilatul Azizah. 2009. Penanaman Nilai Agama Pada Anak di Taman Kanak-kanak (TK) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) 31 Sumbersari Malang. Surabaya: UNESA
Wikipedia. 2007. Early Chilhood Education. Diakses dari http://en.wikipedia.org/wiki/e arly_chilhood_education. Pada tanggal 19 Juli 2017, jam 11.11 WIB
Yusuf al-Qardhawi. 1988. Ibadah dalam Islam. Surabaya: PT. Biru Ilmu
Downloads
Published
12-10-2017
Issue
Section
Articles
How to Cite
Ismail, I., & Fahmi, F. (2017). INTERNALISASI SIKAP KEBERAGAMAAN SEJAK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-20. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1473