PARADIGMA HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1477Keywords:
Humanisme, Pendidikan Islam, Anak Usia DiniAbstract
Humanisme dalam pendidikan Islam merupakan proses humanisasi yang memperhatikan keunikan yang ada pada diri manusia. Karena keunikan manusia itu, dapat dibangun basis fundamental pembelajaran anak. Dengan demikian pendidikan Islam dituntut untuk dapat memperhatikan keunikan yang ada pada anak tersebut sehingga akan menjadikan pendidikan Islam lebih bermakna karena mempertimbangkan kondisi personal anak secara menyeluruh. Anak usia dini memiliki motivasi diri yang dimilikinya sejak lahir untuk menjadi mampu. Motivasi berkemampuan inilah yang kemudian dipandang sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran yang berepusat pada anak, dengan menghargai seluruh proses perkembangan yang dimiliki oleh anak dan berkembang sesuai dengan ritme yang dimiliki masing-masing anak, dengan menciptakan lingkungan dan menyediakan peralatan yang menyediakan kesempatan pada anak untuk belajar dan berkembang.Downloads
Download data is not yet available.
References
Arifin, Muhamad. 2000. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara,
Arifin, Zainul, “Islam dan Humanisme ; Upaya Sintesa Dialektis Antara Perspektif Sekuler dan Agama Tentang Otoritas Manusia Dalam Tatanan Kosmik Transendental” dalam Jurnal STAIN Malang, Edisi 6, Malang,
Baharudin Moh. Makin. 2007. Pendidikan Humanistik . (Jogjakarta: Ar- Ruzz Media)
Boisard, Marcel A. 1980. Humanisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Baharuddin dan Moh Makin. 2011. Pendidikan Humanistik (konsep, teori, dan aplikasi praksis dalam dunia pendidikan). Yogyakarta: Ar Ruz Media.
Chatib, Munif. 2009. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.
2011. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.
Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakartaraja Grafindo Persada,
Fajar, Malik. 1999. Reorientasi Penidikan Islam, Jakarta : Fajar Dunia..
Firdaus M. Yunus. 2004. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung Pustaka.
Kasdu, Dini. 2004. Anak Cerdas. Jakarta: Puspa Suara Kelompok Penerbit IKAPI.
Mas’ud, Abdurrahman . 2004. Intelektual Pesantren; Perhelatan Agama Dan Tradisi. Jogjakarta, Lkis.
. 2003 ”Menuju Paradigma Islam Humanis” (Yogyakarta, Gama Media.
, Humanisme Antara Islam Dan Madzhab Barat, terj Afif Muhammad, Bandung; Pustaka Hidayah, 1996
. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik (Humanisme ReligiusSebagai Paradigma Pendidikan Islam).
Mulkhan, Abdul Munir. 2000. Kearifan Tradisional, Agama Bagi MAnusia atau Tuhan, (Yogyakarta: UII Press)
,,2002. Nalar Spiritual: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Tiara Wacana)
, 1998. Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren dalam Religiutas Iptek, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
M. Dimyati Mahmud. 1989. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan).
Matt Jarvis. 2007. Teori-Teori Psikologi. Pendekatan Modern untuk Memahami Perilaku, Perasaan, dan Pikiran Manusia. (Bandung: Nusamedia dan Nuansa).
Moh. Hanif Dhakiri. 2000. Paulo Freire, Islam dan Pembebasan, (Jakarta Djambatan bekerjasama dengan PENA)
Ngalim Purwanto. 2002. Ilmu Pendidikan; Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
Purwanto, Ngalim, M. Drs. 2002. Ilmu Pendidikan; Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
Samsul Ma’arif, Samsul M.Ag. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam, (Jogjakarta; Graha Ilmu)
Syariati, Ali. 1996. Humanisme Antara Islam Dan Madhab Barat, Terj Afif Muhammad, (Bandung: Pustaka Hidayah)
Sukardjo dan Ukim Komarudin. 2009. Landasan Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya. (Jakarta: PT Raja rafindo Persada).
Syeikh Manshur Ali Nashif, Al-Taj al- Jami’ li al-Ushul fi al-Hadist al-Rasul, (Beirut: Dar Ihya’ al- Turast al-Araby, 1961 M – 1381 H),
Sukayati. 2004. Pembelajaran Tematik di SD Merupakan Penerapan dari Pembelajaran terpadu, Yogyakarta, Depdiknas
Tresna Sastrawijaya. 1988. Proses Belajar Mengajar Diperguruan Tinggi. Jakarta.
Hasbi As Shiddiqi, dkk. 1971. Al Qur’an dan terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama.
Zahara, Idris. 1992. Pengantar Pendidikan I, Jakarta,Grasindo.
Arifin, Zainul, “Islam dan Humanisme ; Upaya Sintesa Dialektis Antara Perspektif Sekuler dan Agama Tentang Otoritas Manusia Dalam Tatanan Kosmik Transendental” dalam Jurnal STAIN Malang, Edisi 6, Malang,
Baharudin Moh. Makin. 2007. Pendidikan Humanistik . (Jogjakarta: Ar- Ruzz Media)
Boisard, Marcel A. 1980. Humanisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Baharuddin dan Moh Makin. 2011. Pendidikan Humanistik (konsep, teori, dan aplikasi praksis dalam dunia pendidikan). Yogyakarta: Ar Ruz Media.
Chatib, Munif. 2009. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.
2011. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.
Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakartaraja Grafindo Persada,
Fajar, Malik. 1999. Reorientasi Penidikan Islam, Jakarta : Fajar Dunia..
Firdaus M. Yunus. 2004. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung Pustaka.
Kasdu, Dini. 2004. Anak Cerdas. Jakarta: Puspa Suara Kelompok Penerbit IKAPI.
Mas’ud, Abdurrahman . 2004. Intelektual Pesantren; Perhelatan Agama Dan Tradisi. Jogjakarta, Lkis.
. 2003 ”Menuju Paradigma Islam Humanis” (Yogyakarta, Gama Media.
, Humanisme Antara Islam Dan Madzhab Barat, terj Afif Muhammad, Bandung; Pustaka Hidayah, 1996
. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik (Humanisme ReligiusSebagai Paradigma Pendidikan Islam).
Mulkhan, Abdul Munir. 2000. Kearifan Tradisional, Agama Bagi MAnusia atau Tuhan, (Yogyakarta: UII Press)
,,2002. Nalar Spiritual: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Tiara Wacana)
, 1998. Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren dalam Religiutas Iptek, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
M. Dimyati Mahmud. 1989. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan).
Matt Jarvis. 2007. Teori-Teori Psikologi. Pendekatan Modern untuk Memahami Perilaku, Perasaan, dan Pikiran Manusia. (Bandung: Nusamedia dan Nuansa).
Moh. Hanif Dhakiri. 2000. Paulo Freire, Islam dan Pembebasan, (Jakarta Djambatan bekerjasama dengan PENA)
Ngalim Purwanto. 2002. Ilmu Pendidikan; Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
Purwanto, Ngalim, M. Drs. 2002. Ilmu Pendidikan; Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
Samsul Ma’arif, Samsul M.Ag. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam, (Jogjakarta; Graha Ilmu)
Syariati, Ali. 1996. Humanisme Antara Islam Dan Madhab Barat, Terj Afif Muhammad, (Bandung: Pustaka Hidayah)
Sukardjo dan Ukim Komarudin. 2009. Landasan Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya. (Jakarta: PT Raja rafindo Persada).
Syeikh Manshur Ali Nashif, Al-Taj al- Jami’ li al-Ushul fi al-Hadist al-Rasul, (Beirut: Dar Ihya’ al- Turast al-Araby, 1961 M – 1381 H),
Sukayati. 2004. Pembelajaran Tematik di SD Merupakan Penerapan dari Pembelajaran terpadu, Yogyakarta, Depdiknas
Tresna Sastrawijaya. 1988. Proses Belajar Mengajar Diperguruan Tinggi. Jakarta.
Hasbi As Shiddiqi, dkk. 1971. Al Qur’an dan terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama.
Zahara, Idris. 1992. Pengantar Pendidikan I, Jakarta,Grasindo.
Downloads
Published
12-10-2017
Issue
Section
Articles
How to Cite
Wigati, I., & Muhtarom, M. (2017). PARADIGMA HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 44-60. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1477