Permasalahan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Generasi Alpha Untuk Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Mauidah JS Universitas Sriwijaya
  • Kun Farida
  • Sakinah Sakinah

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.14934

Keywords:

Nilai agama dan moral, Generasi alpha, Anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran permasalahan anak usia dini. Khususnya permasalahan perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun serta memberikan stimulasi yang tepat berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Pengembangan nilai agama dan moral adalah kemampuan anak untuk bertindak dan berperilaku. Generasi Alpha atau Gen A adalah generasi yang dimulai pada anak-anak kelahiran tahun 2012 hingga paling tidak tahun 2035. Gen A berada di era globalisasi yang mana banyak anak usia dini yang mengalami degradasi atau kemerosotan moral. Degradasi moral adalah perilaku manusia karena tidak mengikuti hati nurani dan tidak mengakui kewajiban mutlak seseorang. Metode penelitian   menggunakan   studi  literatur, dilakukan  dengan membaca, menganalisis, dan menarik kesimpulan. Hasil dari kajian literatur berupa kemerosotan nilai agama dan moral generasi alpha untuk anak usia 5-6 tahun. Beberapa cara dapat dilakukan oleh orang tua, yaitu (1) menanamkan nilai agama dan moral sejak dini, (2) menjadi role modelling yang baik, (3) menjauhkan anak dari lingkungan negatif, (4) membacakan kisah teladan, (5) memberikan pendidikan karakter pada anak.

References

Aisyah, A. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 77–84. Https://Doi.Org/10.24903/Jw.V5i2.528
Apriani, A., & Sari, I. P. (2020). Penguatan Karakter Nasionalisme Generasi Alphamelalui Living Values Education Program (Lvep). Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), 67. Https://Doi.Org/10.21927/Literasi.2020.11(2).67-79
Ayunina, N. Q., & Zakiyah. (2022). Islamic Parenting Sebagai Upaya Mendidik Karakter Islami Generasi Alpha. Jurnal Studi Islam, 3(1), 48–57.
Budianti, Y., Putriani, U., & Wahyuni, S. (2020) Pengaruh Metode Latihan Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Mushtofawiyah. Jurnal Raudhah. 8(2), 33.

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan Dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.
Dewi, M. S. (2017). Proses Pembiasaan Dan Peran Orang Terdekat Anak Sebagai Upaya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Seling : Jurnal Program Studi Pgra, 3(1), 84–98.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i1.38075
Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. Https://Doi.Org/10.24198/Focus.V2i2.26235
Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.24042/Ajipaud.V3i1.6500
Ma’rufah, N., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Degradasi Moral Sebagai Dampak Kejahatan Siber Pada Generasi Millenial Di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191–201.
Mochammad, I. (2016). Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi Pai Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa). Edukasia Islamika, 1(1), 1–20.
Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. Https://Doi.Org/10.32699/Paramurobi.V1i1.177
Of, I., Development, T. H. E., Religious, O. F., & Of, M. V. (2018). Implementasi Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aba Labbaik Among Putro Iii , Kasihan ,. 21–28.
Priyana, A., Sanwani, S., & Sulthon, B. M. (2020). Prosiding Kampung Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Ponorogo 2020. Jurnal Ilmiah, 1–13.
Putra, A. Y., Yudiemawat, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler Di Paud Asparaga Malang. Nursing News, 3(1), 563–571.
Santika, T. (2018) Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(2), 77.
Sholichah, A.S. (2020) ‘Urgensi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Neurosains’, Jecies: Journal Of Early Childhood Islamic Education Study, 1(1), Pp. 01–14. Available At: Https://Doi.Org/10.33853/Jecies.V1i1.51.
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Nanaeke: Indonesian Journal Of Early Childhood Education, 2(1), 52. Https://Doi.Org/10.24252/Nananeke.V2i1.9385
Umaroh, F, A., (2021) Implementasi Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aba Labbaik Among Putro Iii, Kasihan, Bantul. 10(1), 21.
Wahyuni, S., & Nuraini. (2019). Peran Guru Paud Dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 78–87. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V3i01.3350

Downloads

Published

31-12-2022

How to Cite

Permasalahan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Generasi Alpha Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. (2022). Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 139-152. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.14934