Manajemen Soft Skill Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran di Paud
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15486Keywords:
Manajemen Soft Skill, Komunikasi guruAbstract
Manajemen sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang berkualitas akan memberikan layanan terbaik untuk peserta didiknya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas tersebut terletak pada guru yang bermutu. Memiliki kemampuan soft skill terutama dibidang komunikasi menjadi kualifikasi guru yang harus terpenuhi. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen soft skill komunikasi guru dalam meningkatkan pembelajaran di paud. Penelitian ini merupakan jenis penelitian desktiptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini, 6 orang guru dan kepala sekolah di RA Al-Barokah Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal. Hasil penelitian ini menunjukkan komunikasi menjadi faktor utama dalam tercapainya kualitas sebuah lembaga. Manajemen soft skill komunikasi guru di RA Al-barokah sangat berdampak dalam meningkatkan pembelajaran di Paud.Downloads
Download data is not yet available.
References
Anggraini, E. S. (2021). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 27–37.
Aprianti, E. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dalam Kegiatan Mengajar Antara Guru Dan Murid Paud Pada Proses Pembentukan Karakter. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(1).
Azzahra, N. A., Hardika, H., & Kuswandi, D. (2019). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 137–142.
Elok, U., Rasmani, E., Rahmawati, A., Palupi, W., Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Manajemen Soft Skills Guru Dalam Menguatkan Mutu Pembelajaran Di Paud. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 886–893. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i2.1584
Hamidah, N., Siwiyanti, L., & Ashshidiqi, A. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Pemahaman Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda.
Hikmawati, N., & Munastiwi, E. (2018). Manajemen Perpustakaan Efektif Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 165–178.
Humaida, R. T., & Munastiw, E. (2022). Manajemen Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Era Pandemi Covid-19. Al Tahdzib ; Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39–52. Https://Doi.Org/10.54150/Altahdzib.V1i1.70
Kemendikbud, D. P. (2020). Membangun Komunikasi Positif Antara Guru Paud Dengan Orang Tua Murid Pada Saat Penerapan Kebijakan Belajar Dari Rumah. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Paud.
Kharisma, A. N., Zultiar, I., & Poppyariyana, A. A. (2021). Tingkat Keterampilan Komunikasi Guru Paud. Jurnal Pelita Paud, 6(1), 58–65. Https://Doi.Org/10.33222/Pelitapaud.V6i1.1394 Diterima:26-07-2021
Lexy J, M. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rodaskarya.
Mutia, U., & Munastiwi, E. (2020). Analisis Perencanaan Dalam Manajemen Pendirian Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Leaderia: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 26–37.
Nisa, K., & Sujarwo. (2021). Efektivitas Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229–240. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.534
Sarjono. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru Paud Harapan Bunda Kota Bengkulu. Alfitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 2020.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. Https://Doi.Org/10.14421/Jga.2020.53-05
Supri, I. N. (2021). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Melalui Pendekatan Sintifik Paud Kumara Widya. Inovasi, Edukids: Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, 1(1).
Wahyuni, I. W., Putra, A. A., Utami, D. T., Oktadila, R., Fitriah, R., & Nurfitriah. (2022). Peningkatan Soft Skill Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 364–369.
Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca.
Aprianti, E. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dalam Kegiatan Mengajar Antara Guru Dan Murid Paud Pada Proses Pembentukan Karakter. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(1).
Azzahra, N. A., Hardika, H., & Kuswandi, D. (2019). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 137–142.
Elok, U., Rasmani, E., Rahmawati, A., Palupi, W., Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Manajemen Soft Skills Guru Dalam Menguatkan Mutu Pembelajaran Di Paud. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 886–893. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i2.1584
Hamidah, N., Siwiyanti, L., & Ashshidiqi, A. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Pemahaman Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda.
Hikmawati, N., & Munastiwi, E. (2018). Manajemen Perpustakaan Efektif Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 165–178.
Humaida, R. T., & Munastiw, E. (2022). Manajemen Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Era Pandemi Covid-19. Al Tahdzib ; Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39–52. Https://Doi.Org/10.54150/Altahdzib.V1i1.70
Kemendikbud, D. P. (2020). Membangun Komunikasi Positif Antara Guru Paud Dengan Orang Tua Murid Pada Saat Penerapan Kebijakan Belajar Dari Rumah. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Paud.
Kharisma, A. N., Zultiar, I., & Poppyariyana, A. A. (2021). Tingkat Keterampilan Komunikasi Guru Paud. Jurnal Pelita Paud, 6(1), 58–65. Https://Doi.Org/10.33222/Pelitapaud.V6i1.1394 Diterima:26-07-2021
Lexy J, M. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rodaskarya.
Mutia, U., & Munastiwi, E. (2020). Analisis Perencanaan Dalam Manajemen Pendirian Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Leaderia: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 26–37.
Nisa, K., & Sujarwo. (2021). Efektivitas Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229–240. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.534
Sarjono. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru Paud Harapan Bunda Kota Bengkulu. Alfitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 2020.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. Https://Doi.Org/10.14421/Jga.2020.53-05
Supri, I. N. (2021). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Melalui Pendekatan Sintifik Paud Kumara Widya. Inovasi, Edukids: Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, 1(1).
Wahyuni, I. W., Putra, A. A., Utami, D. T., Oktadila, R., Fitriah, R., & Nurfitriah. (2022). Peningkatan Soft Skill Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 364–369.
Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca.
Downloads
Published
25-06-2023
Issue
Section
Articles
How to Cite
Nurjanah, A., Munastiwi, E., & Azizah, S. N. (2023). Manajemen Soft Skill Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran di Paud. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 29-43. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15486