Pengaruh Metode Mendongeng Wayang Kulit Terhadap Keterampilan Menyimak Anak
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.15500Keywords:
Keterampilan Menyimak Anak, Mendongeng Wayang KulitAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Mendongeng Wayang Kulit Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Kelompok B Di RA As-Sidiq Desa Giriyoso Jayaloka Musi Rawas. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan desain One Group Pretest-Posttest. Jumlah sampel adalah 10 orang anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest, dimana nilai pretest dengan rata-rata 60 dan posttest dengan nilai rata-rata 75. Hasil hipotesis dalam penelitian ini diperoleh nilai thitung = 7,712 dan ttabel untuk taraf signifikan 5% sebesar2,262 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel (7,712 > 2,262) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil data tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode mendongeng wayang kulit berpengaruh terhadap keterampilan menyimak anak kelompok B di RA As-Sidiq Desa Giriyoso Jayaloka Musi Rawas.Downloads
Download data is not yet available.
References
Ahmad, A., Hajar, S., & Almu, F. F. (2018). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Melalui Media Animasi Audio Visual Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1). Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V3i1.44
Anggoro, B. (2018). “Wayang Dan Seni Pertunjukan” Kajian Sejarah Perkembangan Seni Wayang Di Tanah Jawa Sebagai Seni Pertunjukan Dan Dakwah. Juspi (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 2(2), 122. Https://Doi.Org/10.30829/J.V2i2.1679
Azis, I. N., & Christin, M. (2019). Efektivitas Teknik Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 182–199. Https://Doi.Org/10.35706/Jpi.V4i2.3242
Dewi, N. W. R. (2021). Membangun Komunikasi Dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. Ilmu Pendidikan, 1 No. 1(3), 103. Http://Jurnal.Ekadanta.Org/Index.Php/Widyalaya/Article/View/77
Dtakiyatuddaaimah, Hariyanto, Y., & Martini, T. (2022). Http://Stp-Mataram.E-Journal.Id/Jih. 11(1), 463–468.
Fitriani, W. (2019). Dongeng Dapat Membentuk Karakter Anak Menuju Budi Pekerti Yang Luhur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 178–183. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V2i1.270
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i2.1062
Hafrianti, D. N., Wahyuningsih, S., & Sholeha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Whole Brain Teaching. Kumara Cendekia, 8(4), 402. Https://Doi.Org/10.20961/Kc.V8i4.45369
Hidayat, D. B. (2022). Efektivitas Metode Mendongeng (Storytelling) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Keterampilan Membaca Siswa (Sebuah Studi Kasus Di Sdn 55 Bengkulu Selatan). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 1(1), 36–44. Https://Doi.Org/10.33369/Kapedas.V1i1.21067
Kusumadewi, V. (2021). Keajaiban Dongeng Teori Dan Praktik Mendongeng. Cipta Media Nusantara.
Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. (Japra) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (Japra), 2(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.15575/Japra.V2i1.5308
Ningrum, I. L., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Pengaruh Media Lift The Flap Book Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. 9(1). Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Kumara
Octivasari, F., & Nasriah, N. (2021). Pengaruh Mendongeng Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Ibnu Al – Akbar Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 6(1), 14. Https://Doi.Org/10.24114/Jbrue.V6i1.23209
Pratidina, N. N., & Widjajantie, K. (2017). Penerapan Metode Mendongeng Dalam Pembelajaran Electone Dasar Bagi Anak Usia Dini Di Yamaha Music School Kudus. Jurnal Seni Musik, 6(1), 1–10.
Purwanto, S. (2018). Pendidikan Nilai Dalam Pagelaran Wayang Kulit. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–30. Https://Doi.Org/10.21274/Taalum.2018.6.1.1-30
Rahmat, A. S., & Sumira, D. Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyimak Dasar Melalui Metode Mendongeng Interaktif Komunikatif. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 10–20. Https://Doi.Org/10.23960/Jpa.V6n1.20862
Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, Dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. Https://Doi.Org/10.14710/Anuva.2.1.99-106
Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). Analisis Pengaruh Mendongeng Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3550–3557. Https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/892
Setiawan, E. (2020). Makna Nilai Filosofi Wayang Kulit Sebagai Media Dakwah. Jurnal Al-Hikmah, 18(1), 37–56. Https://Doi.Org/10.35719/Alhikmah.V18i1.21
Shanie, A., & Nur Fadhilah, C. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. Journal Of Early Childhood And Character Education, 1(1), 01–18. Https://Doi.Org/10.21580/Joecce.V1i1.6616
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2016). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. 96–100. Https://News.Ddtc.Co.Id/Strategi-Pendidikan-Pajak-Untuk-Anak-Usia-Dini-11555
Supartini, T. A., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2019). Mengembangkan Keterampilan Menyimak Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Big Book Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(2), 113. Https://Doi.Org/10.20961/Kc.V7i2.36369
Anggoro, B. (2018). “Wayang Dan Seni Pertunjukan” Kajian Sejarah Perkembangan Seni Wayang Di Tanah Jawa Sebagai Seni Pertunjukan Dan Dakwah. Juspi (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 2(2), 122. Https://Doi.Org/10.30829/J.V2i2.1679
Azis, I. N., & Christin, M. (2019). Efektivitas Teknik Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 182–199. Https://Doi.Org/10.35706/Jpi.V4i2.3242
Dewi, N. W. R. (2021). Membangun Komunikasi Dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. Ilmu Pendidikan, 1 No. 1(3), 103. Http://Jurnal.Ekadanta.Org/Index.Php/Widyalaya/Article/View/77
Dtakiyatuddaaimah, Hariyanto, Y., & Martini, T. (2022). Http://Stp-Mataram.E-Journal.Id/Jih. 11(1), 463–468.
Fitriani, W. (2019). Dongeng Dapat Membentuk Karakter Anak Menuju Budi Pekerti Yang Luhur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 178–183. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V2i1.270
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i2.1062
Hafrianti, D. N., Wahyuningsih, S., & Sholeha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Whole Brain Teaching. Kumara Cendekia, 8(4), 402. Https://Doi.Org/10.20961/Kc.V8i4.45369
Hidayat, D. B. (2022). Efektivitas Metode Mendongeng (Storytelling) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Keterampilan Membaca Siswa (Sebuah Studi Kasus Di Sdn 55 Bengkulu Selatan). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 1(1), 36–44. Https://Doi.Org/10.33369/Kapedas.V1i1.21067
Kusumadewi, V. (2021). Keajaiban Dongeng Teori Dan Praktik Mendongeng. Cipta Media Nusantara.
Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. (Japra) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (Japra), 2(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.15575/Japra.V2i1.5308
Ningrum, I. L., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Pengaruh Media Lift The Flap Book Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. 9(1). Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Kumara
Octivasari, F., & Nasriah, N. (2021). Pengaruh Mendongeng Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Ibnu Al – Akbar Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 6(1), 14. Https://Doi.Org/10.24114/Jbrue.V6i1.23209
Pratidina, N. N., & Widjajantie, K. (2017). Penerapan Metode Mendongeng Dalam Pembelajaran Electone Dasar Bagi Anak Usia Dini Di Yamaha Music School Kudus. Jurnal Seni Musik, 6(1), 1–10.
Purwanto, S. (2018). Pendidikan Nilai Dalam Pagelaran Wayang Kulit. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–30. Https://Doi.Org/10.21274/Taalum.2018.6.1.1-30
Rahmat, A. S., & Sumira, D. Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyimak Dasar Melalui Metode Mendongeng Interaktif Komunikatif. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 10–20. Https://Doi.Org/10.23960/Jpa.V6n1.20862
Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, Dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. Https://Doi.Org/10.14710/Anuva.2.1.99-106
Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). Analisis Pengaruh Mendongeng Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3550–3557. Https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/892
Setiawan, E. (2020). Makna Nilai Filosofi Wayang Kulit Sebagai Media Dakwah. Jurnal Al-Hikmah, 18(1), 37–56. Https://Doi.Org/10.35719/Alhikmah.V18i1.21
Shanie, A., & Nur Fadhilah, C. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. Journal Of Early Childhood And Character Education, 1(1), 01–18. Https://Doi.Org/10.21580/Joecce.V1i1.6616
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2016). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. 96–100. Https://News.Ddtc.Co.Id/Strategi-Pendidikan-Pajak-Untuk-Anak-Usia-Dini-11555
Supartini, T. A., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2019). Mengembangkan Keterampilan Menyimak Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Big Book Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(2), 113. Https://Doi.Org/10.20961/Kc.V7i2.36369
Downloads
Published
31-12-2022
Issue
Section
Articles
How to Cite
Fitri, I., & maryanti, yuski. (2022). Pengaruh Metode Mendongeng Wayang Kulit Terhadap Keterampilan Menyimak Anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 120-138. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.15500