Pengaruh Penggunaan Media Balok Angka Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.15503Keywords:
Media Balok Angka, Perkembangan KognitifAbstract
Perkembangan kognitif salah satu aspek perkembangan yang berperan penting dalam pendidikan anak usia dini. Adapun yang menjadi permasalahan peneliti adalah kemampuan kognitif anak belum optimal dalam menyebutkan angka 1-10 saat ditunjuk lambang bilangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan pengaruh penggunaan media balok angka terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di RA Perwanida 2 Palembang. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kelas eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah “one group pretest posttest design”. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji validasi, uji realibilitasi, uji normalitas uji homogenitas, serta uji hipotesis. Adapun hasil penelitian bahwa ada perbedaan sebelum dan setelah menggunakan media balok angka anak sudah mampu menyebutkan angka 1-10, mengurutkan angka 1-10. Dengan menggunakan media balok angka dapat memudahkan anak dalam proses pembelajaran mengenal angka.Downloads
Download data is not yet available.
References
Beragama, R. M. (2021). Kementerian Agama Republik Indonesia Samarinda. 3, 2020.
Chandra. 2019. Sentra Balok (Materi Workshop Guru Paud, Pusat Program Pembangunan Anak Indonesia). Jakarta.
Direktur Jenderal Pendidikan Islam No 3331.2021. Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (Stppa).
Hanafi Dan Sumitro, 2019. Perkembangan Kognitif Menurut “Jean Piaget” Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3. No. 2.
Hassendra, Ade. 2019. Penggunaan Balok Angka Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kota Jambi.Jurnal Literasiologi Vol 2, No. 2.
Jurnal Penerapan Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Kartu Angka Bergambar Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif.2018
Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. Vol 4, No. 3. Maret 2018
Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol 07, No. 01. Maret 2022
Khadijah. 2018. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing.
Marinda, L. (2020). Kognitif Dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Nurhadi Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Volume 2, Nomor 1, Juni 2020; 77-95
Nurkholis. 2018. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. 2018. Vol. 1. No. 1.
Observasi Awal Tanggal 19 April 2022, R Perwanida 2 Palembang
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayan Ri No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Lampiran Ii
Sartika, N. (2020). Metode Bermain Dengan Menggunakan Balok Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Matematika Anak Kelompok A Tk Sriwidari Desa Kepongpongan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Kaos Gl Dergisi, 8(75), 147–154. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jnc.2020.125798%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Smr.2020.02.002%0ahttp://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pubmed/810049%0ahttp://Doi.Wiley.Com/10.1002/Anie.197505391%0ahttp://Www.Sciencedirect.Com/Science/Article/Pii/B9780857090409500205%0ahttp:
Solekhah. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Balok Dalam Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak Kelompok B Di Tk Tunas Bangsa Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Cirebon. Bitkom Research, 63(2), 1–3. Http://Forschungsunion.De/Pdf/Industrie_4_0_Umsetzungsempfehlungen.Pdf%0ahttps://Www.Dfki.De/Fileadmin/User_Upload/Import/9744_171012-Ki-Gipfelpapier-Online.Pdf%0ahttps://Www.Bitkom.Org/ Sites/Default/Files/ Pdf/Presse/Anhaenge-An-Pis/ 2018/180607 -Bitkom-Kpm
Sujiono, Y. N. (2013). Metode Pengembangan Kognitif. Penerbit Universitas Terbuka, 1–35. Http://Repository.Ut.Ac.Id/4687/2/Paud4101-Tm.Pdf
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv. Hal 130.
Yurnalisma & Fatmawati, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Satu Sampai Lima Melalui Media Balok Angka Bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas Vii Di Sl B N 1 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6, 156-164.
Chandra. 2019. Sentra Balok (Materi Workshop Guru Paud, Pusat Program Pembangunan Anak Indonesia). Jakarta.
Direktur Jenderal Pendidikan Islam No 3331.2021. Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (Stppa).
Hanafi Dan Sumitro, 2019. Perkembangan Kognitif Menurut “Jean Piaget” Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3. No. 2.
Hassendra, Ade. 2019. Penggunaan Balok Angka Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kota Jambi.Jurnal Literasiologi Vol 2, No. 2.
Jurnal Penerapan Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Kartu Angka Bergambar Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif.2018
Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. Vol 4, No. 3. Maret 2018
Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol 07, No. 01. Maret 2022
Khadijah. 2018. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing.
Marinda, L. (2020). Kognitif Dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Nurhadi Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Volume 2, Nomor 1, Juni 2020; 77-95
Nurkholis. 2018. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. 2018. Vol. 1. No. 1.
Observasi Awal Tanggal 19 April 2022, R Perwanida 2 Palembang
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayan Ri No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Lampiran Ii
Sartika, N. (2020). Metode Bermain Dengan Menggunakan Balok Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Matematika Anak Kelompok A Tk Sriwidari Desa Kepongpongan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Kaos Gl Dergisi, 8(75), 147–154. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jnc.2020.125798%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Smr.2020.02.002%0ahttp://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pubmed/810049%0ahttp://Doi.Wiley.Com/10.1002/Anie.197505391%0ahttp://Www.Sciencedirect.Com/Science/Article/Pii/B9780857090409500205%0ahttp:
Solekhah. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Balok Dalam Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak Kelompok B Di Tk Tunas Bangsa Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Cirebon. Bitkom Research, 63(2), 1–3. Http://Forschungsunion.De/Pdf/Industrie_4_0_Umsetzungsempfehlungen.Pdf%0ahttps://Www.Dfki.De/Fileadmin/User_Upload/Import/9744_171012-Ki-Gipfelpapier-Online.Pdf%0ahttps://Www.Bitkom.Org/ Sites/Default/Files/ Pdf/Presse/Anhaenge-An-Pis/ 2018/180607 -Bitkom-Kpm
Sujiono, Y. N. (2013). Metode Pengembangan Kognitif. Penerbit Universitas Terbuka, 1–35. Http://Repository.Ut.Ac.Id/4687/2/Paud4101-Tm.Pdf
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv. Hal 130.
Yurnalisma & Fatmawati, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Satu Sampai Lima Melalui Media Balok Angka Bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas Vii Di Sl B N 1 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6, 156-164.
Downloads
Published
02-01-2023
Issue
Section
Articles
How to Cite
Putri, Y. F., Marlina, L., & Wulandari, Y. T. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Balok Angka Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 153-163. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.15503