Pengenalan Kemampuan Membaca Awal pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15561Keywords:
Anak Usia Dini, Kemampuan Membaca Awal, Guru, PAUDAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pro dan kontra mengenai pengelanan kemampuan membaca pada anak usia dini di lingkungan masyarakat. Penilitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan dan media pembelajaran pada pengenalan kemampuan membaca yang dilakukan oleh pendidik di lingkungan sekolah. Metode pada penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara kepada 18 siswa kelompok A dan 2 guru kelas di salah satu Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Purwakarta. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan Teknik analisis tematik Clarke dan Braun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada semester satu anak belum memiliki kesiapan dalam menerima kegiatan membaca sehingga pendidik akan mengenalkan kegiatan membaca pada semester dua. Kondisi tersebut mempengaruhi target pencapaian, pendidik tidak mentargetkan anak untuk memiliki kemampuan membaca melainkan pada pembiasaan atau perilaku. Kemudian, media yang digunakan dalam mengenalkan kemampuan membaca melalui kartu gambar, permainan, lagu, buku bacalah.Downloads
Download data is not yet available.
References
Amithya, G. (2014). Keterlibatan Orang Tua dalam Proses Mengembangkan Literasi Dini pada Anak Usia PAUD di Surabaya. Libri-Net, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.1002/ejoc.201200111
Annandale State School. (2016). Reading Comprehension. Independent School.
Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Qualitative Research in Psychology. 3(2), 77–101.
Chambers, B., Cheung, A. C. K., & Slavin, R. E. (2016). Literacy and language outcomes of comprehensive and developmental-constructivist approaches to early childhood education: A systematic review. Educational Research Review, 18, 88–111. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2016.03.003
Creswell, J. (2014). Research Desain; Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Durkin, K., Lipsey, M. W., Farran, D. C., & Wiesen, S. E. (2022). Effects of a statewide pre-kindergarten program on children’s achievement and behavior through sixth grade. Developmental Psychology, 58(3), 470–484. https://psycnet.apa.org/record/2022-18712-001?doi=1
Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif. Luxima.
Herlina, E. S., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (2019). MEMBACA PERMULAAN UNTUK ANAK USIA DINI DALAM ERA PENDIDIKAN 4.0 Emmi. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5, 332–342.
Iftitah, D., & Lailiyatul, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Padelegan Pademawu Pamekasan. Jurnal PAUD Teratai, 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7360%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7360/3643
Lindeblad, E., Nilsson, S., Gustafson, S., & Svensson, I. (2017). Assistive technology as reading interventions for children with reading impairments with a one-year follow-up. Disability and Rehabilitation: Assistive Technology, 12(7), 713–724. https://doi.org/10.1080/17483107.2016.1253116
Nurbiana, D. (2021). Metode Pengembangan Bahasa Edisi 2. Universitas Terbuka.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik. Indonesia Nomor 146 Tahun 2014, (2014).
Riordan, J., Reese, E., Das, S., Carroll, J., & Schaughency, E. (2021). Tender Shoots: A Randomized Controlled Trial of Two Shared-reading Approaches for Enhancing Parent-child Interactions and Children’s Oral Language and Literacy Skills. Scientific Studies of Reading, 26(3), 183–203. https://doi.org/10.1080/10888438.2021.1926464
Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah (Kedua). Indeks.
Suryanti, I. (2013). Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak melalui Metode Glan Doman pada Anak.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Kajian dan Teori). Bumi Aksara.
Svensson, I., Nordström, T., Lindeblad, E., Gustafson, S., Björn, M., Sand, C., Almgren/Bäck, G., & Nilsson, S. (2021). Effects of assistive technology for students with reading and writing disabilities. Disability and Rehabilitation: Assistive Technology, 16(2), 196–208. https://doi.org/10.1080/17483107.2019.1646821
Tampubolon. (1993). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Angkasa.
Tarigan, H. (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV. Angkasa.
van Bergen, E., Vasalampi, K., & Torppa, M. (2021). How Are Practice and Performance Related? Development of Reading From Age 5 to 15. Reading Research Quarterly, 56(3), 415–434. https://doi.org/10.1002/rrq.309
Annandale State School. (2016). Reading Comprehension. Independent School.
Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Qualitative Research in Psychology. 3(2), 77–101.
Chambers, B., Cheung, A. C. K., & Slavin, R. E. (2016). Literacy and language outcomes of comprehensive and developmental-constructivist approaches to early childhood education: A systematic review. Educational Research Review, 18, 88–111. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2016.03.003
Creswell, J. (2014). Research Desain; Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Durkin, K., Lipsey, M. W., Farran, D. C., & Wiesen, S. E. (2022). Effects of a statewide pre-kindergarten program on children’s achievement and behavior through sixth grade. Developmental Psychology, 58(3), 470–484. https://psycnet.apa.org/record/2022-18712-001?doi=1
Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif. Luxima.
Herlina, E. S., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (2019). MEMBACA PERMULAAN UNTUK ANAK USIA DINI DALAM ERA PENDIDIKAN 4.0 Emmi. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5, 332–342.
Iftitah, D., & Lailiyatul, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Padelegan Pademawu Pamekasan. Jurnal PAUD Teratai, 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7360%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7360/3643
Lindeblad, E., Nilsson, S., Gustafson, S., & Svensson, I. (2017). Assistive technology as reading interventions for children with reading impairments with a one-year follow-up. Disability and Rehabilitation: Assistive Technology, 12(7), 713–724. https://doi.org/10.1080/17483107.2016.1253116
Nurbiana, D. (2021). Metode Pengembangan Bahasa Edisi 2. Universitas Terbuka.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik. Indonesia Nomor 146 Tahun 2014, (2014).
Riordan, J., Reese, E., Das, S., Carroll, J., & Schaughency, E. (2021). Tender Shoots: A Randomized Controlled Trial of Two Shared-reading Approaches for Enhancing Parent-child Interactions and Children’s Oral Language and Literacy Skills. Scientific Studies of Reading, 26(3), 183–203. https://doi.org/10.1080/10888438.2021.1926464
Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah (Kedua). Indeks.
Suryanti, I. (2013). Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak melalui Metode Glan Doman pada Anak.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Kajian dan Teori). Bumi Aksara.
Svensson, I., Nordström, T., Lindeblad, E., Gustafson, S., Björn, M., Sand, C., Almgren/Bäck, G., & Nilsson, S. (2021). Effects of assistive technology for students with reading and writing disabilities. Disability and Rehabilitation: Assistive Technology, 16(2), 196–208. https://doi.org/10.1080/17483107.2019.1646821
Tampubolon. (1993). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Angkasa.
Tarigan, H. (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV. Angkasa.
van Bergen, E., Vasalampi, K., & Torppa, M. (2021). How Are Practice and Performance Related? Development of Reading From Age 5 to 15. Reading Research Quarterly, 56(3), 415–434. https://doi.org/10.1002/rrq.309
Downloads
Published
10-06-2023
Issue
Section
Articles
How to Cite
Hidayati, N. (2023). Pengenalan Kemampuan Membaca Awal pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 1-14. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15561