Tradisi Manjujai dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di Nagari Paninggahan Solok

Authors

  • Mega Cahya Dwi Lestari STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah
  • Yendri Junaidi STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah
  • Voni Yunita Darul Ulum, Malaysia
  • Diana Sartika STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah
  • Sri Intan Wahyuni STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v7i2.16598

Keywords:

Tradisi Manjujai, Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini Untuk mendeskripsikan tradisi Manjujai di Minangkabau dalam pengembangan bahasa anak pada usia 1-24 bulan di Jorong Subarang, Nagari Paninggahan Kabupaten Solok. Hal ini dilatar belakangi oleh masih dilestarikannya budaya manjujai oleh orangtua khususnya Ibu sebagai bentuk pengasuhan di Jorong Subarang, Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi yang merupakan jenis penelitian kualitatif dimana peneliti melihat dan mendengar lebih dekat dan terperinci penjelasan dan pemahaman individual tentang pengalaman-pengalamannya dalam melakukan studi terhadap kondisi yang alamiah. Adapun teknik pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi manjujai memberikan dampak terhadap perkembangan bahasa anak dengan rentang usia 1-24 bulan. Intervensi yang diberikan dengan tujuan untuk berkomunikasi dengan anak, dan meningkatkan pemerolehan bahasa anak mulai dari kemampuan menyimak dan penambahan kosakata serta melatih kemampuan pelafalan anak dalam setiap huruf.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdiat, A. (2023). Jumlah penduduk di 34 provinsi Indonesia tahun 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/02/jumlah-penduduk-di-34-provinsi-indonesia-tahun-2022
Anggito, A., & Seatiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (E. D. Lestari (ed.)). CV. Jejak.
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan model pembelajaran saintifik berbasis kearifan lokal untuk perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Asifa, L. Z. (2021). Struktur dan fungsi sosial nyanyian rakyat lullaby “Manjujai Anak” masyarakat Kampuang Tabek. Lingua Susastra, 2(1), 9–23. https://doi.org/10.24036/ls.v2i1.17
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar bahasa indonesia (4th ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Kusnandar, V. B. (2023). Dukcapil: Jumlah penduduk Indonesia tembus 277 Juta pada 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/30/dukcapil-jumlah-penduduk-indonesia-tembus-277-juta-pada-2022#:~:text=Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan,03%25) dari tahun sebelumnya.
Rahayu, S. (2017). Pengembangan bahasa anak usia dini. Kalamedia.
Sartika, I. D., Handini, M. C., & Hartati, S. (2017). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media bulletin board (Penelitian tindakan pada anak kelompok B TK Sehati Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, 2016-2017). Jurnal Visipena, 8(1), 46–58.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Kajian dan Teori). Bumi Aksara.
Wahyuni, D., & Novianti, R. (2021). Pandangan anak tentang kebijakan belajar dari rumah selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 8(2), 115–127. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/115113
Wahyuni, D., Sartika, I. D., & Novianti, R. (2022). Standar alat bermain dan kualitas satuan PAUD. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 106–119. https://doi.org/: https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.15000 Standar
Wardhana, I. G. N. P. (2013). Perkembangan bahasa pada anak 0-3 tahun dalam keluarga. Jurnal Linguistik, 20(39), 95–101.
We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi kearifan lokal Minangkabau “Manjujai” untuk stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660
Yunus, Y. (2015). Minangkabau social movement. Imam Bonjol Press.

Downloads

Published

18-12-2023

How to Cite

Lestari, M. C. D., Junaidi, Y., Yunita, V., Sartika, D., & Wahyuni, S. I. (2023). Tradisi Manjujai dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di Nagari Paninggahan Solok. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 121-132. https://doi.org/10.19109/ra.v7i2.16598