Efektifitas Program Parenting Terhadap Pola Asuh Orang Tua di TK Muslimat NU

Authors

  • Yani Nuraeni universitas pendidikan indonesia
  • Zahara Reyna Adhitya universitas pendidikan indonesia
  • Muhammad Fahmi Rizky universitas pendidikan indonesia
  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v7i2.17367

Keywords:

anak usia dini, tumbuh kembang, pola asuh

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan berbasis parenting di TK Muslimat NU, menjelaskan terkait perencaaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut dalam program. Mendeskripsikan efektifitas program parenting di Tk muslimat NU yang dirasakan oleh orang tua pada pola asuh di Rumah.  Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif pendekatan perkembangan dengan metode silang sekat atau croos sectional method, sedangkan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi rekaman suara maupun foto. Partisipan penelitian diantaranya adalah kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Adapun hasil penelitian di TK Muslimat NU tentang kegiatan parenting diantaranya adalah curah pendapat, temu wicara, kegiatan di alam, peringatan hari besar, hari konsultasi orang tua dan kunjungan rumah. Orang tua merasakan manfaat program parenting, pada cara mendidik yang baik, terbukti Anak lebih mudah beradaptasi, tanpa perintah keras anak dapat berkembang sesuai harapan, ibu dengan anak berkebutuhan khusus dapat menentukan pendidikan yang tepat bagi anaknya, ibu bisa berbenah cara pola asuh yang baik, dan hubungan baik antara guru dan orang tua bisa terjalin dalam menciptakan keselarasan pendidikan.

References

Arifin, S., & Syaiful, A. (2020). Urgensi parenting education berbasis e-learning di era digital. Jurnal Kariman, 8(1), 41–54. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i1.136
Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh parenting style dan personality genetic terhadap pengembangan karakter anak di Paud Islamic School. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media PAUD, 4(2), 1–15.
Chumaerotin, S., Munawar, M., & Karmila, M. (2019). Pentingnya program parenting pada era globalisasi di lembaga PAUD. Seminar Nasional PAUD 2019: Optimalisasi Masa Emas Anak Menyonsong Era Society 5.0, 186–194.
Cindrya, E. (2018). Dampak pengasuhan terhadap perkembangan sosial anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–23. https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2235
Dewi, K. N., Hardika, P., & Marlina, L. (2021). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak tunagrahita sedang di YPAC Palembang. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 153–166. https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.10369
Hidayati, L. (2019). Upaya peningkatan keterlibatan orang tua peserta didik pada satuan PAUD sejenis melalui program parenting. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 104–115.
Hidayatulloh, A. (2022). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 183–188. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.163
Hurlock, elizabeth b. (1980). psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi keli). ________.
Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.
Lasmini, Septiani, B., Aisyah, S., Selvia, E., & Putri, Y. F. (2022). Konsep dan tahapan pembentukan program parenting. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(2), 1–12. https://doi.org/https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/184
Murtopo, A. (2017). Metodologi pendidikan islam anak usia dini dalam lingkungan keluarga. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2685
Novela, T. (2018). Dampak pola asuh ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v3i2
Rahmah, A. A. T., Salsabilah, Septiani, V. T., Fatya, I., & Putri, yecha febrieanitha. (2022). Program parenting kelas pertemuan orang tua (KPO) dan keterlibatan orang tua dalam kelompok/kelas anak (KOK). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(3), 247–257. https://doi.org/https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/217
Riandi, M., Maulidah, N., Safitri, T. M., & Suhartono, S. (2019). The effect of parenting program on knowledge and attitudes of parents in fulfillment the basic needs of children in Karangtanjung village. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(1), 294. https://doi.org/10.20961/shes.v2i1.38185
Rohmah, P. Z., & Daliman. (2022). Efektivitas islamic parenting dalam membentuk karakter anak usia dini. Journal of Psychology and Treatment, 1(2), 39–45.
Ruslan, A., Mutmainah, A. S., Muchsinun, A., & Ramdani, M. (2022). Tinjauan hadits tentang mendidik anak dengan memukul. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 82–105. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.14036
Shaleh, M. (2023). Pola asuh orang tua dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 86–102. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.144
Silmi, I. S., Daud, M., & Indihari, N. A. (2022). Efektivitas pelatihan positive parenting terhadap penurunan kecenderungan perilaku kekerasan orang tua pada anak di Kota Makassar. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(4), 281–290. https://doi.org/10.56799/peshum.v1i4.439
Suherman, & Asmawati, L. (2020). Penerapan program parenting Paud Holistik Integratif (HI) dalam mengoptimalkan tumbuh kembang dan perlindungan anak usia dini. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 192–204.
Sulastri. (2019). Peran ayah dalam mengatasi masalah perkembangan bahasa anak usia dini (speech delay). Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikkan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 2–12. https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4363
Tirza, J., Cendana, W., & Araini, T. K. (2022). Pendidikan anak usia dini tentang toleransi beragama sebagai implementasi sila pertama pancasila. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 101–108. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6915
Utami, L. S., Purwanti, F., Fajar, M., & Putri, Y. F. (2023). Program parenting kelas pertemuan orang tua (KPO) dan keterlibatan orang tua dalam kelompok atau kelas anak (KOK). Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 01(7), 2145–2148. https://doi.org/https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/503
Wiguna, I. B. A. A. (2020). Pola asuh dalam pertumbuhkembangan karakter toleransi anak usia dini dilingkungan minoritas. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1), 119–129. https://doi.org/https://prosiding.sthd-jateng.ac.id/index.php/psthd/article/view/36
Yuvita, I., Kurniah, N., & Wembrayarli. (2021). Pelibatan orang tua dalam mendukung program sekolah se-gugus teratai Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 141–152. https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.9909
Zahidah, U., Afifah, F. R., Trisia, E., Sari, S. N., & Putri, Y. F. (2022). Program parenting: Konsep dan tahapan pembentukan program parenting. JIMR: Journal of International Multidiciplinary Research, 1(1), 175–183. https://doi.org/https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/view/236
Zuriah, N. (2006). Metodologi penelitian sosial dan pendidikan teori-aplikasi (Pertama). PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

17-12-2023

How to Cite

Efektifitas Program Parenting Terhadap Pola Asuh Orang Tua di TK Muslimat NU. (2023). Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 105-120. https://doi.org/10.19109/ra.v7i2.17367