Model Pembelajaran Sains di Lingkungan Keluarga

Model Pembelajaran Sains di Lingkungan Keluarga

Authors

  • Narendradewi Kusumastuti STKIP MODERN NGAWI
  • Octavian Dwi Tanto
  • Budi Rachman

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.17567

Keywords:

model pembelajaran, sains, keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui model pembelajaran sains di lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu orang tua dan anak di Kabupaten Ngawi. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu keluarga di kabupaten ngawi mengenalkan pembelajaran sains dengan kategori life science seperti memelihara hewan, mengamati bagian bagian tubuh kucing, pola hidup kucing, pola makan kucing, dan mengamati tanaman buah kesayangan, ecology seperti memandikan hewan peliharaan dan merawat agar hewan peliharaan tetap sehat, menanam padi, menjaga tanaman kesayangan berupa tanaman buah, physical science misalnya membuat es batu, air yang direbus dalam jumlah banyak bisa berkurang volumenya,bermain gelembung sabun, bermain warna, kategori earth and space science misalnya mengenalkan benda langit, mengajak anak pergi ke sawah dan diberikan edukasi atas apa yang anak lihat, seperti air dalam kali, pegunungan yang terpandang dari kejauhan tekstur tanah lumpur, tanah daratan bebatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beaver, N. and S. Wyatt (2022). Early education curriculum: A child’s connection to the world, Cengage Learning.

Brewer, J. A. (2007). "Early childhood education." Preschool through primary grades.

Charlesworth, R. (2015). Math and science for young children, Cengage Learning.

Creswell, J. W. (2010). "Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed." Yogyakarta: pustaka pelajar.

Darmojo, H., jenny Kaligis (1991). "Pendidikan IPA II" 3. Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Farida, N. (2021). "Stimulasi keterampilan proses sains anak melalui model pembelajaran sains berbasis proyek." Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(01): 71-80.

Ghony, M. D. (2008). Penelitian tindakan kelas, UIN-Maliki Press.

Henniger, M. L. (2017). Teaching young children: An introduction, Pearson.

Jihad, A. (2008). Evaluasi pembelajaran, Multi Pressindo.

Nugraha, A. (2005). "Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini." Jakarta: Depdiknas.

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini, UPI Sumedang Press.

Ridder, H.-G. (2014). Book Review: Qualitative data analysis. A methods sourcebook, Sage publications Sage UK: London, England.

Soeriasoemantri, J. S. (1985). Ilmu dalam Perspektif. Bandung, Sinar Harapan.

Suyanto, S. (2005). "Pembelajaran untuk anak TK." Jakarta: Depdiknas 56.

Worth, K. and S. Grollman (2003). Worms, Shadows and Whirlpools: Science in the Early Childhood Classroom, ERIC.

Yuliani, N. (2015). Buku Kerja Guru Implementasi Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta, Yebefo.

Yustisiarini, M. and S. Setyowati (2013). "Meningkatkan Pengetahuan Sains Anak Melalui Metode Demonstrasi Pada Kelompok A TK Dharma Wanita Leminggir Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto."

Downloads

Published

30-06-2023

How to Cite

Kusumastuti, N., Tanto, O. D., & Rachman, B. (2023). Model Pembelajaran Sains di Lingkungan Keluarga: Model Pembelajaran Sains di Lingkungan Keluarga. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 57-72. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.17567