Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Authors

  • lidia oktamarina universitas negeri raden fatah palembang
  • Desvi Wahyuni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Tri Sagita Aprisa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v7i2.19036

Keywords:

lembar kerja, Nilai-nilai pancasila, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang memuat nilai-nilai Pancasila mengingat bentuk LKPD yang banyak diterapkan pada satuan PAUD masih bersifat umum dan belum menerapkan nilai-nilai Pancasila pada tugas-tugas pada LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (define, design, development, and disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, dan dokumentasi dengan teknik analisis uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keefektifan yang diperoleh berdasarakan angket responden skala kecil dan skala besar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa uji validasi dinyatakan valid dengan rata-rata uji validasi nilai 80, uji kepraktisan 93% berdasarakan angket respon kepraktisan, dan uji keefektivan sebesar 89,195 pada uji skala kecil dan 90,235 pada uji coba skala besar, sehingga secara keseluruhan LKPD dengan nilai-nilai Pancasila dapat digunakan untuk pembelajaran pada satuan PAUD.

References

Adriany, V., & Newberry, J. (2022). Neuroscience and the construction of a new child in early childhood education in Indonesia: A neoliberal legacy. Current Sociology, 70(4), 539–556. https://doi.org/10.1177/0011392120985875
Agustina, R., & Vahlia, I. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada mata kuliah matematika ekonomi program studi pendidikan matematika. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhamadiyah Metro, 5(2), 152–160. https://doi.org/10.14746/strp.2015.40.1.28
Ariani, F. (2019). Orang tua sebagai penanam nilai pancasila untuk anak usia dini di era digital. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 60–68. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.12515
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. PT Rineka Cipta.
Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif model 4D pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 3(1).
Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini, W. (2022). Permasalahan pola asuh dalam mendidik anak di era digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721
Barni, M. (2019). Tantangan pendidik di era millennial. Jurnal Transformatif, 3(1), 99–116. https://doi.org/10.23971/tf.v3i1.1251
Edwards, C. P. (2000). Children’s play in cross-cultural perspective: A new look at the Six Cultures study. Cross-Cultural Research, 34(4), 318–338. https://doi.org/10.1177/106939710003400402
Ikawati, H. D. (2021). Pemanfaatan TIK sebagai strategi mengatasi tantangan pendidikan di era digital. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 2(3), 95–100.
Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya penanaman nilai pancasila dan moral pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865
Nany S, Y. C. (2009). Menanamkan nilai pancasila pada anak sejak usia dini. Humanika, 9(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/hum.v9i1.3787
Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik tinjauan teoritis dan praktik. Kencana Prenada Media Group.
Pujiaswati, R., Mulyana, E. H., & Mulyadi, S. (2020). Pengembangan lembar kerja anak (LKA) model STEM Pada konsep terapung melayang tenggelam untuk memfasilitasi keterampilan saintifik anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 107–117. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27202

Ramadhan, S. F., & Setiadarma, W. (2014). Pengembangan media lembar kerja siswa (LKS) edukatif untuk siswa kelas-B TK Negeri Pembina Prigen. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(3), 127–133. https://media.neliti.com/media/publications/247801-pengembangan-media-lembar-kerja-siswa-lk-3e4bcb87.pdf
Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Trianto. (2015). Desain pengembangan dan pembelajaran tematik bagi anak usia dini TK/RA & anak kelas awal SD/MI implementasi kurikulum 2013. Kharisma Putra.
Uce, L. (2015). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92. https://doi.org/10.1177/002070200906400118
Utami, F., Rantina, M., & Edi, R. (2021). Pengembangan lembar kerja anak menggunakan QR Code pada materi sains anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1976–1990. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1882
Wahyuni, D., Sartika, I. D., & Novianti, R. (2022). Standar alat bermain dan kualitas satuan PAUD. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 106–119. https://doi.org/: https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.15000 Standar

Downloads

Published

30-12-2023

How to Cite

Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). (2023). Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 151-165. https://doi.org/10.19109/ra.v7i2.19036