Konsep Sunnah Nabawiyah dalam Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v7i2.20323Keywords:
sunnah, nabawiyah, pendidikan, anakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep pendidikan Nabi Muhammad dalam pendidikan anak sebagaimana yang telah beliau lakukan kepada sahabatnya yang berusia dini hingga dewasanya menjadi generasi terbaik bagi umat. Mengingat bahwa untuk menghadapi krisis pendidikan anak, diperlukan model pedagogis sebagai panduan dalam mengatasi tantangan tersebut. Bagi umat Islam, Nabi Muhammad dianggap sebagai uswatun hasanah atau teladan yang baik dalam kehidupan. Metode penelitian menggunakan pendekatan riset pustaka dengan analisis hermeneutik filosofis, mengumpulkan hadits Nabi dan menganalisisnya untuk membentuk pemahaman yang utuh tentang konsep Nabawiyah dalam pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pendidikan Nabawiyah melibatkan berbagai model pembelajaran, termasuk pengajaran lisan, interaksi verbal, naratif, dan peragaan. Selain itu, pendekatan ini juga mencakup pemberian penghargaan dan sanksi sebagai bagian integral dari proses pendidikan.Downloads
References
Afrita, F., & Yusri, F. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.101
Alif, M. (2023). Dialog lintas agama dalam al-quran: Analisis term ahl al-kitab dalam tafsir al-misbah. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 8(1), 75–99. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/maghza/article/view/7135%0Ahttps://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/maghza/article/view/7135/3347
Anwar, K. (2023). Peran komunikasi verbal dalam penanaman akhlak anak usia dini. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 79–87. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.438
Atmaja, F. K. (2017). Perkemangan ushul fiqh dari masa ke masa. Mizan; Jurnal Ilmu Syariah, 5(1), 23–38. http://www.jurnalfai-uikabogor.org
Dinengsih, S., & Hakim, N. (2020). Pengaruh metode ceramah dan metode aplikasi berbasis android terhadap pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Jurnal Kebidanan Malahayati, 6(4), 515–522. https://doi.org/10.33024/jkm.v6i4.2975
Dozan, W., & Efendi, M. M. (2020). Hermeneutika hadis sa’dudun al-utsmani: Studi kitab almanhaj al-wasthi fi at-ta’amil sunnah an-nabawiyyah. Sophist: Jurnal Sosial Politik Kajian Islam Dan Fatsir, 2(2), 183–217.
Firdaus. (2020). Esensi reward dan punishment dalam diskursus pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882
Hakim, L. N., & Endah, U. D. (2019). Uswatun hasanah dalam Al-Quran: Studi komparatif makna uswatun hasanah di Q.S. Al-Mumtahanh ayat 4 dan 6. Jurnal Studi Agama, 3(2), 85–99.
Herawati, & Kamisah. (2019). Mendidik anak ala Rasulullah (propethic parenting). Journal of Education Science (JES), 5(1), 33–42.
Kumala, S. (2018). Kisah Nabi Ibrahim Dalam, ‘Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Surah As-Saffat Ayat 102’ (Perspektif Pendidikan Islam). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 43–66.
Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
Masruroh, L. (2015). Metode pendidikan dalam perspektif al-qur’an (kajian surat luqman ayat 12-19). Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 43–52. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Muslimin, E., Julaeha, S., Nurwadjah, & Suhartini, A. (2021). Konsep dan metode uswatun hasanah dalam perkembangan pengelolaan pendidikan islam di Indonesia. Muntazam:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 71–87.
Nasution, H. B. (2020). Hubungan ilmu manthiq (logika) dengan ushul fiqh: Telaah konsep al-qiyas. Aqlania: Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam, 11(1), 91–117. https://doi.org/10.32678/aqlania.v11i1.2693
Nurdin, A. (2020). Media pembelajaran ala nabi (Kajian living hadis riwayat Muslim bab birrun no. 149). Jurnal Piwulang, 2(2), 99–111. https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i2.370
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik. Indonesia Nomor 146 Tahun 2014, (2014).
Qowim, A. N. (2020). Metode pendidikan islam dalam perspektif al-quran. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 35–58. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v4i1.163
Undang-Undang Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2005).
Rina, C., Endayani, T., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Rosyid, A., & Wahyuni, S. (2021). Metode reward and punishment sebagai basis peningkatan kedisiplinan siswa Madrasah Diniyyah. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2), 137–157. https://doi.org/10.33367/ji.v11i2.1728
Shafrianto, A., & Pratama, Y. (2021). Pendidikan akhlak dalam perspektif Buya Hamka. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 6(1), 97–105.
Shaifudin, A. (2019). Fiqih dalam perspektif filsafat ilmu: Hakikat dan objek ilmu fiqih. Al-Manhaj: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 1(2), 197–206. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v1i2.170
Taufikurrahman, & Hisyam, A. (2020). Al-Sunnah Qabla Al-Tadwin Karya Muhammad ‘Ajjâj al-Khatîb. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Al-Hadits, 14(1), 63–78. https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v14i1.4595
Wahyuni, D., & Rudiyanto. (2021). A Critical Policy Analysis of Early Childhood Education (ECE) in Indonesia. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538(Icece 2020), 1–5. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.002
Wakka, A. (2020). Petunjuk al-qur’an tentang belajar dan pembelajaran (pembahasan materi, metode, media dan teknologi pembelajaran). Education and Learning Journal, 1(1), 82–92.
Widiastuti, S., & Cholimah, N. (2023). Berkisah untuk mengembangkan nilai karakter anak usia dini menuju era sosiety 5.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4025–4037. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4797
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Deky Pramana, Ismail Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.