Pengembangan Media Spinning Wheel: Media untuk Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v7i2.21149Keywords:
Pengembangan Media, Spinning Wheel, Konsep BilanganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran spinning wheel untuk menstimulasi konsep bilangan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Developmen (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik untuk jenjang Taman Kanak-Kanak yang berada direntang usia 4-5 tahun. Untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara angket dan dokumentasi serta untuk analisis data hasil lapangan menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Dengan analisis instrument menggunakan skala likert, didapatkan hasil validitas ahli materi 80 dengan kategori valid dan ahli media 93,33 dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan media spinning wheel berdasarkan angket respon guru 94 dengan kategori sangat praktis, serta angket respon peserta didik diatas 85 dengan kategori sangat efektif. Sehingga media spinning wheel dalma pengenalan konsep bilangan dinyatakan valid, praktis, dan efektif.Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. PT Rineka Cipta.
Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan media flashcard untuk mengenalkan matematika permulaan pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091
Busthomi, M. Y. (2012). Panduan lengkap PAUD melejitkan potensi dan kecerdasan anak usia dini. Citra Publishing.
Cahyaningrum, W. N., Rasmani, U. E. E., & Pudyaningtyas, A. R. (2022). Profil kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di gugus Dahlia Klaten. Kumara Cendekia, 10(2), 109. https://doi.org/10.20961/kc.v10i2.58458
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Friantini, R. N., Winata, R., Annurwanda, P., Suprihatiningsih, S., Annur, M. F., Ritawati, B., & Iren. (2020). Penguatan konsep matematika dasar pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 276–285. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.55
Gusdiana, P., Egok, A. S., & Firduansyah, D. (2020). Pengembangan kotak permainan spinning wheel pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 69 Lubuk Linggau. LJESE: Linggau Jurnal of Elementary School Education, 1(2), 41–50.
Hamdanah, S. U., & Hanik, E. U. (2023). Penerapan model pembelajaran numbered head together berbantuan media spinning wheel IPS Kelas V. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 45–91. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.531
Hamzah, Utami, L. S., & Zulkarnain. (2019). Pengembangan media pembelajaran roda putar fisika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 77–81. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1192
Handina, S., Sahidun, N., & Popiliani, E. (2023). Penggunaan media permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini. JUANGA: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 9(01), 49–58.
Maulidina, A., Hartini, & Widyaningrum, H. K. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media spinning wheel terhadap hasil belajar tematik siswa kelas II SDN 2 Gagakan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1–14. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Mulyati, C., L, D. A. M., & Rahman, T. (2019). Pengembangan media papan flanel untuk memfasilitasi konsep bilangan anak pada kelompok B. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Research & Learning in Faculty of Education, 1(1), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.28
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik. Indonesia Nomor 146 Tahun 2014, (2014).
Puteri, L. A. S., & Mintohari. (2022). Pengembangan spinning wheel sebagai media pembelajaran siswa materi perubahan lingkungan kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 10(7), 1541–1551.
Putri, S. D., Marlina, L., & Febrieanitha Putri, Y. (2023). Pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Idilia Palembang. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(1), 359–371. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.15550
Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Robani, M. E., Rachim, F. A., Febriani, A., & A, E. R. F. (2021). Metode learning by doing dalam mengoptilalisasi kualitas belajar siswa SMP. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7961
Rochmah, S. H. N., & Alfiansyah, I. (2023). Pengembangan media number spinning wheel pada materi calistung di Kelas 1 UPT SD Negeri 63 Gresik. Journal on Education, 5(3), 9714–9721. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1853
Roostin, E. (2021). Analisis kemampuan konsep bilangan anak usia 3-4 tahun dengan media montessori number rods. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 801–808. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1093
Rosdiana, & Kharizmi, M. (2021). Menggunakan media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berhitung permulaan. JUPEGU-AUD: Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 6–10.
Sartika, I. D., Wahyuni, D., Agustini, A. ’A, Aryanti, A., Sari, L. D., & Larasati, W. E. (2023). Desain pembelajaran kecerdasan kinestetik berbasis pendekatan reggio emillia pada anak usia dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 188–202. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.15640
Shofiyani, A., Rahmawati, R. D., Rahmawati, K., Nisa’atussalamah, & Ardiansyah, P. (2021). Pendampingan pembuatan media pembelajaran inovatif spinning wheel bagi Guru di MI Miftahul Ma’arif. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 154–159.
Simanjuntak, T. M., Chairilsyah, D., & Solfiah, Y. (2020). Pengaruh permainan roulette terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 24–35. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.829
Sugiono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Umayah, Juhri, Muqdamien, B., Fauzia, W., & Qolbiyah, S. M. M. (2021). Penggunaan balok cuiseniare untuk media pengenalan bilangan bagi anak usia dini. Jurnal Intersections, 6(1), 34–42. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.590
Wahyuni, D., & Novianti, R. (2021). Pandangan anak tentang kebijakan belajar dari rumah selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 8(2), 115–127. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/115113
Wahyuni, D., Sartika, I. D., & Novianti, R. (2022). Standar alat bermain dan kualitas satuan PAUD. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 106–119. https://doi.org/: https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.15000 Standar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amelisa Susmiarni, Nyimas Atika, Izza Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.