Bahan Alam sebagai Media Stimulasi Kemampuan Berhitung Permulaan Anak

Authors

  • Kurnia Dewi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Syah Fitri Kurnia Duat Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v8i1.21699

Keywords:

Bahan Alam, kemampuan berhitung, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bahan alam terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hafiizh kelurahan Air Batu. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan desain One Group Pre Test - Post Test. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 10 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil hipotesis di dapatkan setelah dilakukan test awal (pretest) dan test akhir (posttest). Hasil analisis data dalam pembuktian uji hipotesis diperoleh thitung = 62,22 sedangkan untuk menentukan ttabel dengan taraf signifikansi 5% didapat ttabel 2,262. Sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh media bahan alam terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hafiizh kelurahan Air Batu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisy, N. R., Sartika, I. D., Murtopo, A., & Wahyuni, D. (2024). Game digital tebak gambar berbasis kearifan lokal budaya Lampung. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 6(1), 39–51. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7457

Andesta, D., Muhtarom, Sartika, I. D., Wahyuni, D., Febrianti, & Dewi, K. (2024). Digital-based Logma educational game on early childhood logic-mathematics intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 15(1), 19–30. https://doi.org/10.17509/cd.v15i1.66904

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. PT Rineka Cipta.

Dhaniati, R., Adib, H. S., Muhtarom, Maryamah, & Sartika, I. D. (2023). Pengaruh penerapan media pembelajaran busy book terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD Amrina Sungai Pinang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7106–7120.

Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Jurnal Teladan, 2(1).

Istiqomah, D., Atika, N., Sartika, I. D., & Wahyuni, D. (2024). Pengaruh pendekatan pembelajaran STEAM terhadap kemampuan numerasi anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.xxxx

Jayanthi, I. A. M., & Dkk. (2022). Peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui media bahan alam. Generasi Emas, 5(2), 21–32.

Laurenseki, F., Adib, H. S., & Cindrya, E. (2023). Pengaruh media gambar dalam konsep bilangan terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bangsa desa Pajar Bulan kecamatan Pajar Bulan kabupaten Lahat. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 4459–4475.

Novianti, R., Marega, D., & Wahyuni, D. (2022). Tebona : Permainan untuk melatih konsentrasi anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.13292

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik. Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 (2014).

Oktarani, V. M. (2017). Penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49–57.

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk. Journal of Healt, Education, Economics, Science and Technology, 3(2).

Ratna Dewi, N. W. U., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99.

Sartika, I. D., Wahyuni, D., Agustini, A. ’A, Aryanti, A., Sari, L. D., & Larasati, W. E. (2023). Desain pembelajaran kecerdasan kinestetik berbasis pendekatan reggio emillia pada anak usia dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 188–202. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.15640

Sila, N., Alhadad, B., & A, A. A. (2021). Aktivitas Meronce Dengan Media Tangkai Ubi Kayu Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD.

Sugiono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Trisia, E., Sartika, I. D., & Murtopo, A. (2024). Pengaruh penggunaan metode inquiry terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Berlian desa Suka Damai kecamatan Pangkalan Lampam kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 122–136. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7459

Valentina, P., Wigati, I., & Putri, Y. F. (2022). Pengaruh bermain bowling angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di TK Yayasan Pendidikan Ar-Ramat Ceria Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1923–1928.

Wahyuni, D., Sartika, I. D., & Novianti, R. (2022). Standar alat bermain dan kualitas satuan PAUD. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 106–119. https://doi.org/: https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.15000 Standar

Downloads

Published

29-06-2024 — Updated on 29-06-2024

Versions

How to Cite

Dewi, K., Mardiah Astuti, & Syah Fitri Kurnia Duat. (2024). Bahan Alam sebagai Media Stimulasi Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 8(1), 29-39. https://doi.org/10.19109/ra.v8i1.21699