Penerapan Model Pembelajaran BCCT Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Assa’idiyah Bandung Barat

Authors

  • Ibnu Imam Al Ayyubi Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah
  • Ai Sri Masfuroh Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah
  • Abdul Muhaemin Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah
  • Firda Noerzanah Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah
  • Izmi Aryani Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v8i1.21784

Keywords:

BCCT, Learning Outcomes, Early Childhood

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan model pembelajaran Beyond Centre and Circle Time (BCCT) pada aspek perkembangan anak usia dini khususnya pada usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian one sample t-test dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di Kelompok Bermain Assa’idiyah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak di Kelompok Bermain Assa’idiyah dengan sampel sebanyak 36 dengan kategori usia 4-5 tahun. Pengujian persyaratan analisis data yang digunakan terdiri dari uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov berbantuan software SPSS versi 26 dengan skor maksimal ideal 4 dimana skor 1 menunjukkan anak belum berkembang, skor 2 anak mulai berkembang, skor 3 anak berkembang sesuai harapan, dan skor 4 anak berkembang sangat baik. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata aspek perkembangan anak pada usia 4-5 tahun di Kelompok Bermain Assa’idiyah lebih dari tahapan mulai berkembang yakni pada skor 3 dan skor 4. Hal tersebut juga dapat dibuktikan dengan persentase anak yang memiliki nilai 5,6%, 22,2%, 41,7%, dan 30,6% pada skor 1,2,3, dan 4.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., Marijono, M., & Imsiyah, N. (2018). Hubungan Antara Beyond Centers And Circle Time Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Ad-Dhuha Kabupaten Jember. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 11–13. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jlc.v2i1.8091

Aisyah, A., Oktafera, R., Suhartinah, S., & Watini, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran ATIK untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Meronce. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3301–3307. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/1971

Al Ayyubi, I. I., Dzikri, M. W. M., Noerzanah, F., Yasmin, S., & Martini, S. (2024). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pembentukan Kognitif Siswa. Jurnal PGSD UNIGA, 3(1). https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPGSDU/article/download/3350/1796

Al Ayyubi, I. I., Hayati, A. F., Azizah, E. N., Herdiansyah, R., & Mirayanti, U. (2024). Pendidikan Humanis Paulo Freire Dalam Pembelajaran Matematika MI. Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–15. http://ojs.staisdharma.ac.id/index.php/wjp/article/view/178

Al Ayyubi, I. I., Rohaendi, N., Herdiansyah, R., & Puspita, T. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika. Tadrusuun: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 206–216. https://doi.org/https://doi.org/10.62274/tadrusuun.v3i1.121

Al Ayyubi, I. I., & Rohmatulloh, R. (2023). Penerapan Pendekatan Model-Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Jurnal El-Audi, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.56223/elaudi.v4i1.70

Al Ayyubi, I. I., Rohmatulloh, R., Saputra, D., Fitriyah, D., & Masfuroh, A. S. (2024). Increasing Student Learning Motivation through the Application of Problem-Based Learning Models. International Journal Humanities Perspective, 1(1), 13–18. https://ejournal.papanda.org/index.php/ijhp/article/view/591

Alpian, Y., Anwar, A. S., & Puspawati, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 3(3), 894–900. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.174

Andriyati, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Times (BCCT) Pendidikan Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3865–3868. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2105

Aqib, Z. (2013). Model- model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Penerbit Yrama Media.

Astini, B. N., Rahayu, D. I., Suarta, I. N., Nurhasanah, N., Astawa, I. M. S., & Buahana, B. N. (2021). Implementasi Pembelajaran Saintifik Melalui Lesson Studi di PAUD Rinjani Darma Wanita Unram. Indonesian Journal of Education and Community Services, 1(1), 5–8. https://journal.publication-center.com/index.php/ijecs/article/view/736

Astuti, F. P. A. F. P., Mutiara, D. P., & Madyawati, L. (2023). Pengaruh Inquiry Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Anak. JP2KG AUD: Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini, 4(1), 48–59. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2023.4.1.48-59

Axeleana, D. A., & Widyasari, C. (2022). Implementasi Model BCCT (Beyond Center And Circle Time) Dalam Pembentukan Nilai Agama Moral Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Azizah, S. N., & Diana, R. R. (2022). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Bustanul’Ulum. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 121–129. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.50075

Budiarti, E. (2024). Implementasi Kemampuan Berbahasa Melalui Kegiatan Bermain Peran Dalam Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 6(1), 142–153. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jecej.v6i1.2937

Bukhori, H. A., & Al Ayyubi, I. I. (2023). Hubungan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Perilaku Siswa Di SMPN 3 Cihampelas KBB. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 6(1), 17–30. https://doi.org/https://doi.org/10.51192/almubin.v6i01.425

Erianti, A. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Aisyiyah Talawi Kota Sawahlunto. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/25319

Faradisha, P. T. D., & Ambara, D. P. (2022). Permainan Puzzle Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Menstimulus Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 153–162. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47136

Fauziah, S. N. (n.d.). Peningkatan Perkembangan Sosial-emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di POS PAUD Catleya 60 Jember Tahun 2015.

Fitri, A. N., Steffani, C., & Afifah, S. (2022). Mengenal Model PAUD Beyond Centre And Circle Time (BCCT) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 72–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.944

Fitriana, N. (2023). Penerapan Model Game Based Learning untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102–111. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/seulanga.v4i2.1571

Heryani, K. H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 75–94.

Heryati, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Tentang Persamaan Linear Satu Variabel Di SMP Negeri 14 Kota Bogor. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 1(1), 6–11. https://doi.org/10.33751/jssah.v1i01.3966

Kholifah, R. N., Hendarwati, E., & Setiawan, A. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Beyond Centers And Circletime (Bcct) Terhadap Kreatifitas Anak Usia Dini Kelompok Usia 3-4 Tahun Di Pos Paud Nusa Indah Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 75–89. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3608

Laksana, D. N. L., Dhiu, K. D., Ita, E., Dopo, F., Natal, Y. R., & Tawa, O. P. A. (2021). Aspek Perkembangan anak usia dini. Penerbit NEM.

Maarang, M., Khotimah, N., & Lily, N. M. (2023). Analisis Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 309–320. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.215

Mardiani, D. P., Widyaswari, M., Susanto, S. F., & Yusuf, A. (2023). Transformasi Penerapan Model Pembelajaran Sentra (Bcct) Menjadi Model Pembelajaran Panggung Di Paud Sekolah Alam Pelopor Bandung. Child Kingdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 60–69.

Munawwir, A. (2022). Problematika Penerapan Model Kontekstual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X Ma Darunnaiem Pesse Soppeng. Jurnal Konsepsi, 10(4), 473–480. https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/252

Novia, A. P., & Mahyuddin, N. (2020). Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1247–1255.

Pancawardana, H., Al Ayyubi, I. I., Rohmatulloh, R., & Murharyana, M. (2023). The Influence of Nonformal Education on Students’ Cognitive Formation. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(2), 236–243. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i2.612

Puspitasari, R., & Nurhandayani, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Kemampuan Membilang pada Anak Usia Dini. Journal on Teacher Education, 5(1), 503–512. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19445

Putri, M. A., Wulandari, C., & Febriastuti, A. R. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Steam Berbahan Loose Part dalam Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 pada Anak Usia Dini. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118–130. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/abna.v2i2.4484

Rachmah, L. L., Farantika, D., & Prawinda, R. A. (2022). Pembelajaran STEAM dengan media loose parts guna menstimulasi perkembangan anak. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 6(3), 466. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.535

Rohmawati, L. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Jurnal Al-Ibrah, 5(2), 87–92.

Rosidah, S., Zulaeha, I., & Formen, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Anak Usia Dini di RA Nurul Haq Kudus. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1), 1007–1010. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1639

Sabarudin, M., Al Ayyubi, I. I., Rohmatulloh, R., & Indriyani, S. (2023). The Effect of Contextual Teaching and Learning Models on Al-Quran and Hadith Subjects. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(2), 129–142. https://doi.org/https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i2.43

Sabarudin, M., Al Ayyubi, I. I., Suryana, I., Rohmatulloh, R., & Saepulloh, S. (2023). The Effect of the SAVI Learning Model on Arabic Writing Skills: A Case Study at MTS Arrukhsatul ‘Ulum, West Bandung. Khulasah: Islamic Studies Journal, 5(2), 102–111. https://doi.org/https://doi.org/10.55656/kisj.v5i2.114

Siahaan, H., Khairunnisa, K., Roaina, L., Araminta, N., Lubis, N. A., & Azhima, I. (2023). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 10741–10745. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8073

Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861–1872. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1861-1872.2022

Veryawan, V., & Tursina, A. (2022). Media Loose Parts: Workshop Pembelajaran Saintifik Bermuatan Steam. Journal Of Sriwijaya Community Service On Education (Jscse), 1(1), 30–37. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse.v1i1.365

Werdiningsih, W. (2022). Analisis Model Pembelajaran Paud Berbasis Sentra Dan Lingkaran (Bcct) Dalam Peningkatan Multiple Intelligences Anak (Studi Kasus Di Tkit 2 Qurrota A’yun Ponorogo). Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 225–240. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i2.285

Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 88–98. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.4657740

Wikaningtyas, A., & Nasir, M. (2024). Pendekatan saintifik dalam pengembangan Kurikulum 2013 PAUD. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 49–65. https://doi.org/https://doi.org/10.24903/jw.v9i1.1476

Yadnyawati, I. A. G. (2019). Model Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (Bcct) Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(1).

Yuliati, C. L., & Susianna, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Percaya Diri Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 48–58. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p48-58

Yuliati, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Wiyata Mandala 02 Sidorejo Kebonsari Madiun. IAIN Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/16471

Downloads

Published

29-06-2024

How to Cite

Al Ayyubi, I. I., Masfuroh, A. S., Muhaemin, A., Noerzanah, F., & Aryani, I. (2024). Penerapan Model Pembelajaran BCCT Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Assa’idiyah Bandung Barat. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 8(1), 1-17. https://doi.org/10.19109/ra.v8i1.21784