PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF

Authors

  • lidia oktamarina universitas negeri raden fatah palembang

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2233

Keywords:

Kreativitas, bermain konstruktif, penelitian tindakan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan proses dan hasil belajar melalui bermain konstruktif yang dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B RA Nurul Huda Tahun 2017. Subyek penelitian ini yaitu 10 orang anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 6 kali pertemuan.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan statistik deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-intervensi, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak melalui bermain konstruktif, dibuktikan dengan rata-rata skor kreativitas pada pra-intervensi sebesar 33, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 51  dan siklus kedua sebesar 71. Kata Kunci: Kreativitas, bermain konstruktif, penelitian tindakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anne, Kennedy and Lennie Barblett. 2010. learning and Teaching Through Play. California: early Childhood Australia Inc.
Caldera, Yvonne M., et al. 1999. Children’s Play Preferences, Construction Play with Blocks, and Visual-spatial Skills: Are they Related?, (International Journal Of Behavioral Development 23/4. http://content.ebschohost.com (diakses 29 september 2016).
Drew, Walter F., et al. 2008. Constructive we Play Avalue Added Strategy for Meeting Early Learning Standards. http://content.ebschohost.com (diakses 29 september 2016)
Essa, Eva L. 2011. Introduce To Early Childhood Education. Canada: Wadseworth Cangage Learning.
Freeman, Joan dan Munandar, Utami. 2000. Cerdas Dan Cermelang: Kiat Dan Mengembangkat Bakat Usia 0-5 Tahun. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hartati, Sofia. 2007. How to be Good Teacher and to be a Good Mother. Jakarta: Enno Media.
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Jill ,Englebright Fox dan Robert Schirrmacher. 2012. Art & Creative Development for Young Children, 7th edition. Wadsworth: Belmont.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Rineka Cipta.
Momon Sudarma. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif, Jakarta : PT. raja Grafindo Persada.
Rachamawati, Yeni. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rebecca T. Isbell and Shirley C. Raines. 2013. Creativity and the Art with Young Children, 3rd edition, International Eddition. Wadsworth Cengage Learning: United State.
Rizi, Cobra Emami., et all. “The Effect group plays on the Development of the Creativity of Sixyear Children,” Procedia Social and Behavioral Sciences 15, 2011http://content.ebschohost.com (diakses 13 november 2017)
Sandra J Stone. 1993. Playing a Kids Curriculum, United State of Amerika: Good Year Book.
Santrock, John. 2004. Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Stephen, scoffham. 2009. teaching geography creatively. New York: open university.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.
Yuliani, dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks.

Downloads

How to Cite

oktamarina, lidia. (2018). PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 46-62. https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2233