UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN MELALUI MEDIA IKAN DI AKUARIUM
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2674Keywords:
Metode Bermain, Media Ikan Di Akuarium, BerhitungAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode bermain melalui media ikan di akuarium dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode bermain dengan menggunakan media ikan di akuarium dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelompok B Taman Kanak-Kanak IT Iqro’ Kota Bengkulu yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode bermain melalui media ikan di akuarium dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak, terbukti dengan hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Data di kumpulkan dengan observasi dan dokumentasi, dengan tehnik analisa data secara dekriptif kualitatif. Dalam penerapan metode bermain dengan media ikan di akuarium untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak, seorang guru direkomendasikan untuk mempersiapkan hal-hal yang mendukung terlaksananya metode bermain dengan media ikan di akuarium seperti permainan yang menyenangkan, menarik sesuai dengan tahapan perkembangan dan kebutuhan anak.Downloads
Download data is not yet available.
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Anggriarti, DN. Rida. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep bilangan melalui Media Kartu Angka Bergambar. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Di akses di http://repository.upi.edu/operator/upl oad/s_paud_0902854_chapter1.pdf . di unduh pada tanggal 21 November 2012.
Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT Refika Aditama
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoran Pendidikan Dasar, Bagian Proyek Peningkatan mutu Taman Kanak-kanak. 2000. Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hanmetan. 2011. Berhitung. Di akses di http://prari007luck.wordpress.com/ta g/berhitung/. di unduh pada tanggal 21 November 2012.
Hurlock, B Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan Edisi kelima. Jakarta: Erlangga
Inawati, Maria. 2011. Meningkatkan minat mengenal konsep bilangan melalui metode bermain alat manipulatif. Pendidikan Penabur No 16/tahun ke-10/. Jakarta. Di akses di http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal. 110%20Meningkatkan%20Minat%20Mengenal%20Konsep%20Bilangan%20Man ipulatif.pdf. di unduh pada tanggal 22 November 2012.
Kementerian pendidikan Nasional, Direktorat jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan TK dan SD Tahun 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar pendidikan Anak usia Dini (PAUD).
Mahardika, H. Muiz. 2009. Penerapan Media Bingo untuk Meningkatkan Kemampuan. Berhitung Siswa Kelas V pada Mata pelajaran Matematika di SD N Jimbung 4 Kalikotes Klaten. Universitas Pendidikan Indonesia. Di akses di http://arimas246.files.wordpress.com/2 011/11/cara-main-bingo2.pdf. di unduh pada tanggal 20 november 2012.
Mansur, Herawati. 2011. Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka
Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah kecerdasan (Stimulasi Multiple intelegences Anak Usia Taman Kanak-Kanak). Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurbayani, Yani. 2011. Pengaruh Penerapan bermain dengan dadu Geometri terhadap Keterampilan Sosial dan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Di akses di http://repository.upi.edu/ operator/ upload/t_paud_0908731_chapter4.pdf. di unduh pada tanggal 22 november 2012.
Nurwindia, Agnesa. 2011. Upaya Meningkatkan kemampuan berhitung anak Taman kanak-kanak melalui Pemanfaatan Media Balok Cuisenaire. PTK. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung Di akses di
Paimin. 1998. Agar Anak Pintar Matematika. Jakarta: Puspa Swara.
Rama, Tri. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar.
Anggriarti, DN. Rida. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep bilangan melalui Media Kartu Angka Bergambar. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Di akses di http://repository.upi.edu/operator/upl oad/s_paud_0902854_chapter1.pdf . di unduh pada tanggal 21 November 2012.
Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT Refika Aditama
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoran Pendidikan Dasar, Bagian Proyek Peningkatan mutu Taman Kanak-kanak. 2000. Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hanmetan. 2011. Berhitung. Di akses di http://prari007luck.wordpress.com/ta g/berhitung/. di unduh pada tanggal 21 November 2012.
Hurlock, B Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan Edisi kelima. Jakarta: Erlangga
Inawati, Maria. 2011. Meningkatkan minat mengenal konsep bilangan melalui metode bermain alat manipulatif. Pendidikan Penabur No 16/tahun ke-10/. Jakarta. Di akses di http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal. 110%20Meningkatkan%20Minat%20Mengenal%20Konsep%20Bilangan%20Man ipulatif.pdf. di unduh pada tanggal 22 November 2012.
Kementerian pendidikan Nasional, Direktorat jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan TK dan SD Tahun 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar pendidikan Anak usia Dini (PAUD).
Mahardika, H. Muiz. 2009. Penerapan Media Bingo untuk Meningkatkan Kemampuan. Berhitung Siswa Kelas V pada Mata pelajaran Matematika di SD N Jimbung 4 Kalikotes Klaten. Universitas Pendidikan Indonesia. Di akses di http://arimas246.files.wordpress.com/2 011/11/cara-main-bingo2.pdf. di unduh pada tanggal 20 november 2012.
Mansur, Herawati. 2011. Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka
Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah kecerdasan (Stimulasi Multiple intelegences Anak Usia Taman Kanak-Kanak). Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurbayani, Yani. 2011. Pengaruh Penerapan bermain dengan dadu Geometri terhadap Keterampilan Sosial dan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Di akses di http://repository.upi.edu/ operator/ upload/t_paud_0908731_chapter4.pdf. di unduh pada tanggal 22 november 2012.
Nurwindia, Agnesa. 2011. Upaya Meningkatkan kemampuan berhitung anak Taman kanak-kanak melalui Pemanfaatan Media Balok Cuisenaire. PTK. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung Di akses di
Paimin. 1998. Agar Anak Pintar Matematika. Jakarta: Puspa Swara.
Rama, Tri. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar.
Downloads
Published
04-12-2017
Issue
Section
Articles
How to Cite
Anggreani, C. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN MELALUI MEDIA IKAN DI AKUARIUM. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2674