PENGGUNAAN MEDIA POHON HURUF HIJA’IAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2676Keywords:
Media Pohon Huruf Hija’iah, Kemampuan MembacaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca huruf hija’iah pada anak Taman Kanak-kanak Tunas Harapan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hija’iah pada anak kelompok Asoka melalui penggunaan media pohon huruf hija’iah. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelompok Asoka Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu yang berjumlah 26 orang anak, yang terdiri dari 13 orang anak laki-laki dan 13 orang anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus, dimana siklus pertama 4 kali pertemuan dan siklus kedua 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif sedangkan data penelitian ini diolah dengan persentase dan . Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media pohon huruf hija’iah dapat meningkatkan kemampuan membaca, terbukti dengan hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pohon huruf hija’iah dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hija’iah anak, hasil membuktikan bahwa sebesar 8,9 sementara 3,355 pada taraf signifikan 1%, dengan demikian lebih besar dari sehingga perhitungan uji pada penilaian ini dikatakan signifikan. Dalam penggunaan media pohon huruf hija’iah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak, direkomendasikan seorang guru harus menyiapkan hal-hal yang mendukung terlaksananya pembelajaran menggunakan media pohon huruf yang menarik sesuai dengan tahapan perkembangan dan kebutuhan anak.Downloads
Download data is not yet available.
References
Ahmadi, Abu. 1990. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Alek. 2012. Metode Iqra’. http://inspirasi lex.wordpress.com/tag/metodeigro/H tm (Jam 10:15 Rabu, 25 April 2012)
Anwar, Efendi. Bimbingan Tahsin dan Tajwid Al-Quran. Cahaya Quran.
Aqib, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB Dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikonto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asnawir, Basyiruddin. Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat.
Azwar, Bony. 2010. Tsaabita Cara Cepat Dan Mudah Belajar Membaca Al-Quran. Jawa Tengah: Tsaabita “Rumah Quran”.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran Dan Terjemahan. Bandung: J-art
Dhine, Nurbiana, dkk. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Endang. 2007. Efektivitas Penggunaan Metode Aba Ta Tsa Dan Metode Iqra. Jakarta: Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Ltqa Al- Hikmah Dan Ltqa At-Taqwa.
Fahmi, Habib, dkk. 1993. Pendidikan Agama Islam. Semarang: Cempakah Putih.
Hamalik. 2005. Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyah.
Hariyadi, Moh. 2009. Statistik Pendidikan Panduan Lengkap Dari Design Sampai Analisis Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Harjanto. 2010 .Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Kementrian Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak Dan Sekolah Dasar Tahun 2010. Peraturan Mentri Pendidikian Nasional Repoblik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Mukmin, Ch. 2010. Yang Tersirat pada Huruf Hijaiyah. http://wadahsufiyah.blogspot.com/2011/06/yangtersirat-pada-huruf-hijaiyah.html (Jam 10:36 Rabu, 25 April 2012)
Muzzamil, Ahmad. 2009. Panduan Tahsin Tilawah. Jakarta.
Nugraha, Ali & Rachmawati, Yeni. 2005. Metode Pengembangan Sosial Emosional: Universitas Terbuka.
Nurdin, Ali. 2010. Makhraj Huruf. http://asalnudi.wordpress.coom/2010/06/30 /mahraj-huruf-dalam-al-quran/ (jam 09:45 Rabu,25 November 2012)
Opini. 2012. Iqra’= Bacalah! Emangnya Apa Yang Mau Dibaca?.http://muda.ko mpasiana.com/2012/04/26/iqrabacala h-emang-apa yang-mau dibaca/ (Jam 10:45 Rabu, 25 April 2012 )
Opini. 2012. Prinsip-Prinsip Pembelajaran. http://id.wikipedia.org/wiki/pembela jaran. (Jam 17.37 Kamis 13 Desember 2012)
Sugianto, Edi. 2011. Membuka Rahasia Huruf Hijaiyah. http://www.ulilalbab.Com/2011/05/membuka-rahasia-huruf-hijaiyah.html (Jam 22:20 Rabu, 07 November 2012.)
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Admidistrasi. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, Septi. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Metode Drill RA An-Nahl Kalikabong Kalimah Purbalingga. Library.walosongo.ac.id/digilib/gdl.php?mod=browse&op. (Jam 10:17 Rabu, 06 Desember 2012).
Wahyu, W. Yuniasri. 2011. Pemanfaatan Media Flashcard Hija’iah Dengan Pendekatan Beyond Center And Circle Time (BCCT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Huruf Hija’iah Pada Kelompok Bermain (Play Group) Di Paud Aisyiyah Trenggalek.
Yusuf, H. Abu. 2008. Adab Membaca Al-Quran, http://muslim.or.id/alquran/adabmembaca-al-quran.html (Jam 21:16 Rabu, 07 November 2012)
Alek. 2012. Metode Iqra’. http://inspirasi lex.wordpress.com/tag/metodeigro/H tm (Jam 10:15 Rabu, 25 April 2012)
Anwar, Efendi. Bimbingan Tahsin dan Tajwid Al-Quran. Cahaya Quran.
Aqib, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB Dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikonto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asnawir, Basyiruddin. Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat.
Azwar, Bony. 2010. Tsaabita Cara Cepat Dan Mudah Belajar Membaca Al-Quran. Jawa Tengah: Tsaabita “Rumah Quran”.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran Dan Terjemahan. Bandung: J-art
Dhine, Nurbiana, dkk. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Endang. 2007. Efektivitas Penggunaan Metode Aba Ta Tsa Dan Metode Iqra. Jakarta: Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Ltqa Al- Hikmah Dan Ltqa At-Taqwa.
Fahmi, Habib, dkk. 1993. Pendidikan Agama Islam. Semarang: Cempakah Putih.
Hamalik. 2005. Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyah.
Hariyadi, Moh. 2009. Statistik Pendidikan Panduan Lengkap Dari Design Sampai Analisis Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Harjanto. 2010 .Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Kementrian Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak Dan Sekolah Dasar Tahun 2010. Peraturan Mentri Pendidikian Nasional Repoblik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Mukmin, Ch. 2010. Yang Tersirat pada Huruf Hijaiyah. http://wadahsufiyah.blogspot.com/2011/06/yangtersirat-pada-huruf-hijaiyah.html (Jam 10:36 Rabu, 25 April 2012)
Muzzamil, Ahmad. 2009. Panduan Tahsin Tilawah. Jakarta.
Nugraha, Ali & Rachmawati, Yeni. 2005. Metode Pengembangan Sosial Emosional: Universitas Terbuka.
Nurdin, Ali. 2010. Makhraj Huruf. http://asalnudi.wordpress.coom/2010/06/30 /mahraj-huruf-dalam-al-quran/ (jam 09:45 Rabu,25 November 2012)
Opini. 2012. Iqra’= Bacalah! Emangnya Apa Yang Mau Dibaca?.http://muda.ko mpasiana.com/2012/04/26/iqrabacala h-emang-apa yang-mau dibaca/ (Jam 10:45 Rabu, 25 April 2012 )
Opini. 2012. Prinsip-Prinsip Pembelajaran. http://id.wikipedia.org/wiki/pembela jaran. (Jam 17.37 Kamis 13 Desember 2012)
Sugianto, Edi. 2011. Membuka Rahasia Huruf Hijaiyah. http://www.ulilalbab.Com/2011/05/membuka-rahasia-huruf-hijaiyah.html (Jam 22:20 Rabu, 07 November 2012.)
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Admidistrasi. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, Septi. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Metode Drill RA An-Nahl Kalikabong Kalimah Purbalingga. Library.walosongo.ac.id/digilib/gdl.php?mod=browse&op. (Jam 10:17 Rabu, 06 Desember 2012).
Wahyu, W. Yuniasri. 2011. Pemanfaatan Media Flashcard Hija’iah Dengan Pendekatan Beyond Center And Circle Time (BCCT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Huruf Hija’iah Pada Kelompok Bermain (Play Group) Di Paud Aisyiyah Trenggalek.
Yusuf, H. Abu. 2008. Adab Membaca Al-Quran, http://muslim.or.id/alquran/adabmembaca-al-quran.html (Jam 21:16 Rabu, 07 November 2012)
Downloads
Published
04-12-2017
Issue
Section
Articles
How to Cite
Dewi, K. (2017). PENGGUNAAN MEDIA POHON HURUF HIJA’IAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2676