PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679Keywords:
Perencanaan, PembelajaranAbstract
Pembelajaran yang diselenggarakan di setiap lembaga memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Pembelajaran yang baik harus didukung dengan perencanaan yang baik pula sehingga mulai dari persiapan dan pengevaluasian terhadap proses pembelajaran akan lebih terarah dan tepat sasaran. Lembaga umumnya dan guru khususnya memiliki peran besar terhadap perencanaan pembelajaran. Oleh karena itu, dalam setiap penyelenggaraan pembelajaran harus selalu memperhatikan beberapa aspek yang ada dalam perencanaan pembelajaran. Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan prasekolah yang didalamnya berisikan kegiatan-kegiatan khusus dan dikemas dalam kegiatan bermain dan perencanaan pembelajaran pendidikan anak usia dini ini harus selalu menyesuaikan dengan tingkat perkembangan anak-anak prasekolah.Downloads
Download data is not yet available.
References
Dahar, Ratna Willis. 2006, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Danim, Sudarwan dan Suparno. 2009, Manajemen dan KepemimpinanTransformasional Kekepalasekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depsiknas.
Dharma, Agus. 2003, Manajemen Supervisi (Petunjuk Praktis bagi Para Supervisor). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. 2013, Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2006, Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers And Circle Time (BCCT)” (pendekatan Sentra dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Harto, Kasinyo. 2013, Desain Pembelajaran Agama Islam untuk Sekolah dan Madrasah. Palembang: Excellent Publishing.
H.B. Siswanto. 2012, Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011, Model Penyelenggaraan PAUD Terpadu dengan Perpustakaan Mainan, (Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional I Medan)
Latif, Mukhtar, dkk. 2014. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Kusrini, Siti, dkk. 2006, Ketrampilan Dasar Mengajar (PPL 1), (Malang: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Malang)
M. Fadhillah. 2014, Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan, (Jakarta: Kencana)
Nashar. 2004, Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Pres.
P. Siagian, Sondang. 2012, Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
R. Ibrahim dan Syaodih, Nana. 1995, Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Rivai, Veithzal dan Murni, Sylviana. 2008. Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. 2011, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sanjaya Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Saroni, Muhammad. 2006, Manajemen Sekolah. Jogjakarta: Arr-Ruzz.
Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2011. Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Sule, Ernie Tisnawati dan Saefullah, Kurniawan. 2012. Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana.
Uno, Hamzah. 2012. Model pembelajaran. Jakarta, Bumi Aksara.
Warsita, Bambang. 2008, Teknologi Pembelajaran:Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Yamin, Martinis. 2013, Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi
Danim, Sudarwan dan Suparno. 2009, Manajemen dan KepemimpinanTransformasional Kekepalasekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depsiknas.
Dharma, Agus. 2003, Manajemen Supervisi (Petunjuk Praktis bagi Para Supervisor). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. 2013, Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2006, Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers And Circle Time (BCCT)” (pendekatan Sentra dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Harto, Kasinyo. 2013, Desain Pembelajaran Agama Islam untuk Sekolah dan Madrasah. Palembang: Excellent Publishing.
H.B. Siswanto. 2012, Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011, Model Penyelenggaraan PAUD Terpadu dengan Perpustakaan Mainan, (Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional I Medan)
Latif, Mukhtar, dkk. 2014. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Kusrini, Siti, dkk. 2006, Ketrampilan Dasar Mengajar (PPL 1), (Malang: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Malang)
M. Fadhillah. 2014, Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan, (Jakarta: Kencana)
Nashar. 2004, Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Pres.
P. Siagian, Sondang. 2012, Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
R. Ibrahim dan Syaodih, Nana. 1995, Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Rivai, Veithzal dan Murni, Sylviana. 2008. Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. 2011, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sanjaya Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Saroni, Muhammad. 2006, Manajemen Sekolah. Jogjakarta: Arr-Ruzz.
Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2011. Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Sule, Ernie Tisnawati dan Saefullah, Kurniawan. 2012. Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana.
Uno, Hamzah. 2012. Model pembelajaran. Jakarta, Bumi Aksara.
Warsita, Bambang. 2008, Teknologi Pembelajaran:Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Yamin, Martinis. 2013, Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi
Downloads
Published
04-12-2017
Issue
Section
Articles
How to Cite
Marlina, L. (2017). PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679