PENGARUH VIDEO CERITA IPIN DAN UPIN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK A KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2845Keywords:
kemampuan menyimak dan berbicara, media video cerita Ipin dan UpinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan menyimak pada anak TK kelompok A, (2) pengaruh video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan berbicara pada anak TK kelompok A, (3) pengaruh video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak TK kelompok A. Penelitian ini menggunakan pola rancangan Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al Huda dan TK Dharmawanita Beran pada anak kelompok A. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dianalisis menggunakan analisis statistik uji Manova SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan uji Manova yang menghasilkan nilai sig = 0,000 yang jauh dibawah 0,05 maka 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan menyimak pada anak TK kelompok A dapat diterima, (2) berdasarkan uji Manova yang menghasilkan nilai sig = 0,000 yang jauh dibawah 0,05 maka 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan berbicara pada anak TK kelompok A dapat diterima, (3) berdasarkan uji Manova yang menghasilkan nilai sig = 0,000 yang jauh dibawah 0,05 maka 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak TK kelompok A dapat diterima. Kata Kunci: kemampuan menyimak dan berbicara, media video cerita Ipin dan UpinDownloads
Download data is not yet available.
References
Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Creswell, Jhon. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dhieni, Nur Biana. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Feez, Susan. 2010. Montessori and Early Childhood. Great Britain: SAGE.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyati, Yeti. 2009. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Tompkins, Gail E. & Hoskisson. 1993. Language Arts: content and teaching strategies. New York: Macmillan College Publishing Company.
Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zaman, Badru. 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
.2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
.2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
.2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Creswell, Jhon. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dhieni, Nur Biana. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Feez, Susan. 2010. Montessori and Early Childhood. Great Britain: SAGE.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyati, Yeti. 2009. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Tompkins, Gail E. & Hoskisson. 1993. Language Arts: content and teaching strategies. New York: Macmillan College Publishing Company.
Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zaman, Badru. 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
.2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
.2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
.2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
20-12-2018
Issue
Section
Articles
How to Cite
Azizah, E. N. (2018). PENGARUH VIDEO CERITA IPIN DAN UPIN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK A KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1-15. https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2845