IMPLEMENTASI TOLERANSI BERAGAMA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2847Keywords:
toleransi, agama, PAUDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kegiatan pembiasaan dalam implementasi toleransi beragama, (2) Mendeskripsikan pengembangan kurikulum dalam mendukung implementasi toleransi beragama, (3) Mendeskripsikan peran guru kelas dan agama dalam melaksanakan pembinaan toleransi beragama, dan (4) Mendeskripsikan peran orang tua dalam mendukung implementasi toleransi beragama. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah Implementasi toleransi beragama dengan narasumber kepala sekolah, guru kelas, guru agama, orang tua dan anak. Analisis data yang digunakan yaitu analisis model interaktif Miles dan Huberman. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, pengamatan terlibat, dan analisis dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi toleransi beragama di TK Negeri Pembina Karangmalang Sragen dilaksanakan melalui (1) Kegiatan pembiasaan, berupa Bina Agama Pagi, berdoa bersama sebelum dan sesudah belajar, serta berdoa bersama sebelum dan sesudah makan, (2) Kurikulum yang mengandung unsur penanaman dan pengembangan sikap toleransi dengan bobot muatan 43,99 % dari keseluruhan bobot kurikulum, (3) Guru kelas yang memiliki peran untuk melaksanakan pembinaan toleransi beragama secara terstruktur dan tidak terstruktur, (4) Guru agama yang memiliki peran untuk memberikan materi, pesan, dan pembiasaan terkait toleransi beragama, (5) Orang tua yang memiliki peran untuk menyamakan persepsi, membangun komitmen, dan berperan serta dalam kegiatan implementasi toleransi beragama. Kata Kunci: toleransi, agama, PAUDDownloads
Download data is not yet available.
References
Badan Pusat Statistik. “Sp2010”. https://bps.go.id/. (Diakses 15 Oktober 2018).
Bernadeta. 2015. Peningkatan Sikap Toleransi Melalui Kegiatan Bercerita pada Anak Kelompok A TK Karya Rini. Yogyakarta: UNY.
Bimo Wiwoho “Komnas PA Khawatir Anak Mengolok Teman dengan Sebutan Kafir” https://www.cnnindonesia.com/. (Diakses 15 Oktober 2018).
Brooker, Liz and Woodhead, Martin. 2008. Developing Positive Identities (Early Childhood in Focus 3: Diversity and Young Children). United Kingdom: Thanet Press Ltd, Margate.
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Fadlillah, Muhammad dan Khorida, Lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fianasari, Elvika. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Multikultural Kelompok TK di Labschool Rumah Citta Yogyakarta.Yogyakarta: UNY.
Fidesrinur, dkk. 2015 Pedoman Penanaman Sikap PAUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD, Kemdikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Tentang Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak.. Jakarta : Kemendikbud.
Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Luqmam, Asaduddin. 2014. Pengembangan Pendidikan Katakter Melalui Metode Pembiasaan Dan Keteladanan. Cendekia.
Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Miles, Matthew B and Huberman, Michael A. 1992. Analisis Data Kualitatif.
Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Mujani, Saiful . 2007. Muslim Demokrat: Islam, Budaya Demokrasi, dan Partisipasi Politik di Indonesia Pasca Orde Baru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mulyasa,H. E., Dewi Ispurwanti (Ed). 2003. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Shihab, Quraish. 2001. Pendidikan Agama Etika dan Moral. Mimbar Pendidikan, Jurnal Pendidikan 1(XX).
Sipa, Santi Purwanti, dan Miranda, Dian. 2016. Upaya Guru Menumbuhkan Sikap Toleransi Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (6).
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suminah, Enah, dkk. 2015. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Apa, Mengapa, dan Bagaimana). Jakarta : Direktorat Pembinaan PAUD.
Suyanto, Bagong “Intoleransi Mengontaminasi Anak” https://mediaindonesia.com/. (Diakses 12 Oktober 2018).
UNESCO-APNIEVE. 2000. Belajar Untuk Hidup Bersama dalam Damai dan Harmoni. Kantor Prinsipal Unesco untuk Khawasan Asia Pasific, Bangkok dan Universitas Pendidikan Indonesia.
Widodo, Mukhlison S “BNPT Petakan Guru Intoleran dan Berpaham Radikal” https://www.gatra.com/. (Diakses 15 Oktober 2018).
Zaini. 2010. Penguatan Pendidikan Toleransi Sejak Usia Dini. Toleransi 2(1).
Bernadeta. 2015. Peningkatan Sikap Toleransi Melalui Kegiatan Bercerita pada Anak Kelompok A TK Karya Rini. Yogyakarta: UNY.
Bimo Wiwoho “Komnas PA Khawatir Anak Mengolok Teman dengan Sebutan Kafir” https://www.cnnindonesia.com/. (Diakses 15 Oktober 2018).
Brooker, Liz and Woodhead, Martin. 2008. Developing Positive Identities (Early Childhood in Focus 3: Diversity and Young Children). United Kingdom: Thanet Press Ltd, Margate.
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Fadlillah, Muhammad dan Khorida, Lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fianasari, Elvika. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Multikultural Kelompok TK di Labschool Rumah Citta Yogyakarta.Yogyakarta: UNY.
Fidesrinur, dkk. 2015 Pedoman Penanaman Sikap PAUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD, Kemdikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Tentang Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak.. Jakarta : Kemendikbud.
Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Luqmam, Asaduddin. 2014. Pengembangan Pendidikan Katakter Melalui Metode Pembiasaan Dan Keteladanan. Cendekia.
Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Miles, Matthew B and Huberman, Michael A. 1992. Analisis Data Kualitatif.
Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Mujani, Saiful . 2007. Muslim Demokrat: Islam, Budaya Demokrasi, dan Partisipasi Politik di Indonesia Pasca Orde Baru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mulyasa,H. E., Dewi Ispurwanti (Ed). 2003. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Shihab, Quraish. 2001. Pendidikan Agama Etika dan Moral. Mimbar Pendidikan, Jurnal Pendidikan 1(XX).
Sipa, Santi Purwanti, dan Miranda, Dian. 2016. Upaya Guru Menumbuhkan Sikap Toleransi Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (6).
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suminah, Enah, dkk. 2015. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Apa, Mengapa, dan Bagaimana). Jakarta : Direktorat Pembinaan PAUD.
Suyanto, Bagong “Intoleransi Mengontaminasi Anak” https://mediaindonesia.com/. (Diakses 12 Oktober 2018).
UNESCO-APNIEVE. 2000. Belajar Untuk Hidup Bersama dalam Damai dan Harmoni. Kantor Prinsipal Unesco untuk Khawasan Asia Pasific, Bangkok dan Universitas Pendidikan Indonesia.
Widodo, Mukhlison S “BNPT Petakan Guru Intoleran dan Berpaham Radikal” https://www.gatra.com/. (Diakses 15 Oktober 2018).
Zaini. 2010. Penguatan Pendidikan Toleransi Sejak Usia Dini. Toleransi 2(1).
Downloads
Published
20-12-2018
Issue
Section
Articles
How to Cite
Jumiatmoko, J. (2018). IMPLEMENTASI TOLERANSI BERAGAMA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 45-59. https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2847