PERSEPSI GURU PAUD TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI PAUD SE-KECAMATAN UJAN MAS KABUPATEN KEPAHIANG
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2849Keywords:
persepsi, guru PAUD, pembelajaranAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi guru PAUD terhadap faktor-faktor yang menghambat dalam melaksanakan pembelajaran pada aspek pengelolaan kelas, aspek media dan sumber belajar, aspek metode dan strategi pembelajaran, serta aspek bahan belajar dan penilaian pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru PAUD terhadap faktor-faktor yang menghambat dalam melaksanakan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling, dengan sampel yang berjumlah 34 guru PAUD di Kecamatan Ujan Mas. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuisioner. Berdasarkan hasil dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Persepsi guru PAUD pada aspek pengelolaan kelas tergolong tinggi, 2. Persepsi guru PAUD pada aspek media dan sumber belajar tergolong tinggi, 3. Persepsi guru PAUD pada aspek metode dan strategi pembelajaran tergolong tinggi, dan 4. Persepsi guru PAUD pada aspek bahan belajar dan penilaian pembelajaran tergolong sangat tinggi. Dari kesimpulan ini, disarankan kepada guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi melaksanakan pembelajaran. Kata Kunci: persepsi, guru PAUD, pembelajaranDownloads
Download data is not yet available.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Darmawan & Permasih. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fariani, Denny. 2013. Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Al-Muhajirin Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Fathono & Riyana. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Hiramawati, Ratna. 2005. Problematik Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1 SD N 36 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Kenedi, Dahnan. 2002. Identifikasi Masalah Dalam Pengajaran Ka- Ga-Ngadi SD Negeri Se- Kecamatanrimbo Pengadang. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Levin, James & James F. Nolan. Tanpa tahun. Principles Of Classroom Management. USA: Allyn & Bacon. (www.abacon.com)
Mariyana, Rita. 2005. Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
N.K, Reostiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Narbuko, cholid dan Ahmadi, Abu. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Patmonodewo, Soemiarti. 2000. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Putra, Nusa dan Ninin Dwilestari. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusdinal dan Elizar. 2005. Pengelolaan Kelas Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Admistrasi: Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunhaji.2009.Strategi Pembelajaran, Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Susita, Eka. 2001. Identifikasi Hambatan Dan Kesulitan Yang Dialami Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Di SMU N 1 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Suyadi. 2009. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT. Pedagogia.
Suyanto, Slamet. 2005. Pembelajaran Untuk Anak PAUD. Jakarta: Depdiknas.
--------------------.2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Hikayat.
Suyitno, Imam. 2011. Memahami Tindakan Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Tim pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Uno, Hamzah B. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yulaelawati, Ella. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.
Yus, Anita. 2012. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarata: Kencana.
_________.2005. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak Kanak. Jakarta:Depdiknas.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Darmawan & Permasih. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fariani, Denny. 2013. Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Al-Muhajirin Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Fathono & Riyana. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Hiramawati, Ratna. 2005. Problematik Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1 SD N 36 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Kenedi, Dahnan. 2002. Identifikasi Masalah Dalam Pengajaran Ka- Ga-Ngadi SD Negeri Se- Kecamatanrimbo Pengadang. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Levin, James & James F. Nolan. Tanpa tahun. Principles Of Classroom Management. USA: Allyn & Bacon. (www.abacon.com)
Mariyana, Rita. 2005. Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
N.K, Reostiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Narbuko, cholid dan Ahmadi, Abu. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Patmonodewo, Soemiarti. 2000. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Putra, Nusa dan Ninin Dwilestari. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusdinal dan Elizar. 2005. Pengelolaan Kelas Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Admistrasi: Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunhaji.2009.Strategi Pembelajaran, Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Susita, Eka. 2001. Identifikasi Hambatan Dan Kesulitan Yang Dialami Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Di SMU N 1 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Suyadi. 2009. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT. Pedagogia.
Suyanto, Slamet. 2005. Pembelajaran Untuk Anak PAUD. Jakarta: Depdiknas.
--------------------.2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Hikayat.
Suyitno, Imam. 2011. Memahami Tindakan Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Tim pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Uno, Hamzah B. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yulaelawati, Ella. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.
Yus, Anita. 2012. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarata: Kencana.
_________.2005. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak Kanak. Jakarta:Depdiknas.
Downloads
Published
20-12-2018
Issue
Section
Articles
How to Cite
Pratesi, P. C. (2018). PERSEPSI GURU PAUD TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI PAUD SE-KECAMATAN UJAN MAS KABUPATEN KEPAHIANG. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 72-79. https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2849