Strategy to Overcome the Problem of Children Who Like to Show Off
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4276Keywords:
Keyword: Strategy, Child, Showing off.Abstract
Abstrak Pamer adalah menunjukkan sesuatu yang dimiliki kepada orang lain dengan maksud memperlihatkan kelebihan atau keunggulan untuk menyombongkan diri. Anak yang suka pamer ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain dan merasa bahwa dirinya hebat dan layak dikagumi. Perilaku pamer ini juga dapat terjadi pada anak usia dini, hal ini tentunya akan menjadi masalah bagi dirinya dan orang lain di lingkungan sosialnya. Metode penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kajian literatur. Dalam artikel ini dijelaskan mengenai definisi, faktor penyebab, dampak serta strategi yang dapat dilakukan orang tua dan guru dalam mengatasi perilaku suka pamer pada anak usia dini. Diharapkan agar orangtua dan guru dapat memberikan contoh yang baik kepada anak, tetap memberikan apresiasi kepada anak apapun itu yang dilakukannya, selalu mengajari anak agar dapat menerima kelemahan dan peduli kepada orang lain, melatih anak agar dapat memuji orang lain dan memberikan motivasi kepada anak agar dapat berperilaku sebagaimana mestinya serta mengarahkan anak untuk selalu bersikap yang baik kepada semua orang dengan menjalin komunikasi yang baik. Kata Kunci: Strategi, Anak, Suka Pamer. Abstract Showing off is showing something that is owned by someone with intention of showing strength or excellence to brag. A showy child wants to get recognition from others and feels that he is great and deserves admiration. This showing off behavior can also occur in early childhood, this will certainly be a problem for himself and others in his social environment atmosphere. The method of writing this article used a literature review approach. In this article explained the definition, causes, effects and strategies that can be done by parents and teachers in overcoming show-off behavior in early childhood. It is hoped that parents and teachers can set good examples for children, still give appreciation to whatever children do, always teach children to accept weaknesses and care for others, train children to be able to praise others and provide motivation to children to be able to behave as they should and direct the child to always be kind to everyone by establishing good communication. Keyword: Strategy, Child, Showing off.Downloads
Download data is not yet available.
References
Chairilsyah, Daviq. (2016). Metode dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Educhild, 5 (1), 8-14.
Fadillah, M & Khorida, L. M. (2014). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Fathurrohman, P., Suryana, AA & Fatriany, F. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hari, Christiana. (2014). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Masa Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hasan, M. (2012). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: Diva Press.
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami AUD. Bandung: PT Rosdakarya Offset.
Latif, M., dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Marliany, R. (2014). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Mulyani, Novi. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.
Rustini. (2012). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini, 3 (1).
Silahudin. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Jurnal UIN Ar-Raniry, 3 (2), 18-41.
Sudarna. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Yogyakarta: Genius Publisher.
Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1 (1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Nurani Yuliani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Hak Cipta Bahasa Indonesia.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, Ruri. (2015). Peranan Orang Tua dalam Mendidik Anak. Jurnal Penabiblos Edisi ke-16.
Fadillah, M & Khorida, L. M. (2014). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Fathurrohman, P., Suryana, AA & Fatriany, F. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hari, Christiana. (2014). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Masa Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hasan, M. (2012). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: Diva Press.
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami AUD. Bandung: PT Rosdakarya Offset.
Latif, M., dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Marliany, R. (2014). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Mulyani, Novi. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.
Rustini. (2012). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini, 3 (1).
Silahudin. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Jurnal UIN Ar-Raniry, 3 (2), 18-41.
Sudarna. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Yogyakarta: Genius Publisher.
Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1 (1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Nurani Yuliani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Hak Cipta Bahasa Indonesia.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, Ruri. (2015). Peranan Orang Tua dalam Mendidik Anak. Jurnal Penabiblos Edisi ke-16.
Downloads
Published
31-12-2019
Issue
Section
Articles
How to Cite
Chairilsyah, D. (2019). Strategy to Overcome the Problem of Children Who Like to Show Off. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 99-111. https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4276