Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kreativitas Anak Di Paud Kelompok Bermain Kartini Kabupaten Ogan Komering Ilir
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4796Keywords:
Metode Bermain Peran, Kreativitas anakAbstract
Metode bermain peran merupakan salah satu cara yang digunakan dalam proses pembelajaran di lembaga PAUD, dimana dalam metode ini anak akan bermain menirukan atau memerankan tokoh-tokoh dan benda-benda sekitar anak sehingga memancing daya imajinasi dan kreativitas anak serta anak lebih memahami peran-peran terhadap m asyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kreativitas Anak Di PAUD Kelompok Bermain Kartini Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dalam penelitan ini menggunakan Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B dengan jumlah sampel 30 anak, teknik pengupulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. setelah dilakukan teknik analisis data, maka diperoleh thitung = 11,21 > ttabel = 1,671, artinya terdapat pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kreativitas Anak di PAUD Kalempok Bermain Kartini Kabupaten Ogan Komering Ilir.Downloads
Download data is not yet available.
References
Amri Alim Nur . 2017. Pengeruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. Volume 1 Nomor 2. Universitas Muhammadiyah Makassar
Gunarti Winda, Suryani Lilis, dan Muis Azizah. 2014. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tangerang: Universitas Terbuka
Hamdayama Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Galih Indonesia
Hamzah. 2016. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Idris H.Meity. 2015. Stategi Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta: Luxima
Miranda Dian. 2016. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kota Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif I. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Muliawan Ungguh Jasa. 2016. Mengambangkan Imajinasi Dan Kreatifitas Anak. Yogyakarta: Gava Media
Mulyani Novi. 2018. Perekembangan Dasar Anak Usia Dini. Yagyakarta: Gava Media
Mursid. 2015. Belajar Dan Pembelajaran Paud. Bandung: Rosdakarya
Rachmawati Yeni dan Kurniati Euis. 2017. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Kencana
Rumilasari Dessy Putu Ni dkk. 2016. Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A. Journal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 4. No. 2 . Universitas Pendidikan Genesa
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2017
Sujiono Nurani Yuliani. 2016. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara
Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Rosdakarya
Suyana Dadan. Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana. 2016
Wiyani Ardy Novanistik dan Barnawi. 2014. Format PAUD: Konsep, Karakterinstik, & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Yusuf Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Gunarti Winda, Suryani Lilis, dan Muis Azizah. 2014. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tangerang: Universitas Terbuka
Hamdayama Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Galih Indonesia
Hamzah. 2016. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Idris H.Meity. 2015. Stategi Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta: Luxima
Miranda Dian. 2016. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kota Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif I. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Muliawan Ungguh Jasa. 2016. Mengambangkan Imajinasi Dan Kreatifitas Anak. Yogyakarta: Gava Media
Mulyani Novi. 2018. Perekembangan Dasar Anak Usia Dini. Yagyakarta: Gava Media
Mursid. 2015. Belajar Dan Pembelajaran Paud. Bandung: Rosdakarya
Rachmawati Yeni dan Kurniati Euis. 2017. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Kencana
Rumilasari Dessy Putu Ni dkk. 2016. Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A. Journal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 4. No. 2 . Universitas Pendidikan Genesa
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2017
Sujiono Nurani Yuliani. 2016. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara
Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Rosdakarya
Suyana Dadan. Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana. 2016
Wiyani Ardy Novanistik dan Barnawi. 2014. Format PAUD: Konsep, Karakterinstik, & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Yusuf Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Downloads
Issue
Section
Articles
How to Cite
fitriyanti, ulfa hani, Marlina, L., & fahmi, fahmi. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kreativitas Anak Di Paud Kelompok Bermain Kartini Kabupaten Ogan Komering Ilir. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 158-175. https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4796