The Teaching Of Reading The Qur'an In Early Childhood
DOI:
https://doi.org/10.19109/ra.v4i2.6800Keywords:
reading, qur’an, early childhood, iqra’Abstract
Abstrak Usia prasekolah merupakan usia yang paling baik menanamkan nilai keagamaan pada anak karena usia dini adalah waktu menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan yang sesuai dengan ajaran agama Islam yang salah satunya adalah melalui pembelajaran tentang membaca Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an diberikan kepada anak agar mereka bisa tumbuh sesuai dengan fitrahnya dan hati mereka memperoleh cahaya hikmah, sebelum dikuasai oleh hawa nafsu dan kemaksiatan yang dapat membuatnya menjadi anak yang tidak bermoral dan bermartabat di lingkungannya. Al-Qur’an diyakini merupakan obat yang dapat memberikan sifat-sifat yang terpuji kepada manusia. Tulisan ini menggunakan metode studi literatur. Dalam tulisan ini menjelaskan pentingnya penanaman nilai agama pada anak sejak usia dini dalam hal ini adalah membaca Al Qur’an. Dipaparkan juga mengenai manfaat membaca Al Qur’an bagi anak usia dini, faktor-faktor yang dapat membantu anak usia dini dalam membaca Al Qur’an serta metode yang banyak dilakukan oleh para guru dalam mengajarkan Al Qur’an pada anak usia dini yaitu dengan menggunakan metode iqra’. Metode iqra’ memiliki berbagai kelebihan dalam membekali kemampuan awal anak dalam mempelajari Al-Qur’an. Pada akhirnya diharapkan agar generasi Islam dapat terus membaca dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al Qur’an dalam menjalani kehidupan di dunia ini hingga akhir nanti. Kata kunci: membaca, qur’an, anak usia dini, iqra’ Abstract Preschool is the best age to instill religious values in children because is the time to develop habits that are in accordance with the teachings of Islam, one of which is through learning about reading the Qur'an. Learning the Qur’an is given to children so that they can grow according to their nature and their hearts get the light of wisdom, before they are controlled by lust and immorality that can make them immoral and dignified children in their environment. This paper uses a literature study method. It explains the importance of instilling religious values in children from an early age, in this case reading the Qur'an. Also explained about the benefits of reading the Qur'an for early childhood, the factors that can help early childhood in reading the Qur'an and methods that are widely used by teachers in teaching the Qur'an to early childhood, namely by using the iqra’ method. The iqra’ method has various advantages in equipping children's early abilities in learning the Qur'an. In the end, it is hoped that the Islamic generation can continue to read and practice the values in the Qur'an in living this world until the end. Keyword: reading, qur’an, early childhood, iqra’Downloads
Download data is not yet available.
References
References
Abdi. (2014). Examine How The Evolution of Education in The Holy Quran, Based on Modern Methods. Scientific Journal of Review. Departement of Education Sciences, Payame Noor University of Iran. Vol. 3 No. 7.
Aeni, Eneng Nur & Cahyati, Nika. (2018). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Telaah Qs. Luqman Ayat 12-19. Jurnal Pelita PAUD. Vol.2 No.1.
Anwar, R. (2014). Cara Mudah Memahami Bahasa AL-Qur’an. Bandung: Mizan.
As'ad, Humam. (2012). The iqra 'book. Jogjakarta: AMM
Astuti, Rini. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 7 Edisi 2.
Hilmi, Irfan. (2011). Jangan Lupakan Pendidikan Agama.. Jurnal Guru, No,1 Vol 3 Juli 2006
Nurzaman, Indriani. (2014). Efektivitas Penggunaan Metode BilHikmah Terhadap Tingkat Kemampuan Membaca Al-Qur’an AUD. Jurnal Tarbawy. Vol. 1 No. 2.
Putri, P. (2017). Analisis Kemampuan Bahasa Dan Kemampuan Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Dongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Rauf, Abdur., Aziz, Abdul. (2012). Anda pun Bisa Menjadi Hafidz Al-Qur’an. Jakarta: Markas Qur’an.
Sami, Abdus dkk, (2010). Al-Qur’anku dengan Tajwid Blok Warna. Jakarta: Lautan Lestari.
Sarmini. (2012). Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Qur’an. Bandung: Khazanah Intelektual.
Setiawan, Eko. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Al-Qur’an Melalui Metode Albana Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Al Muddaris. Vol. 1 No. 2.
Solihati, Aan. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Permainan Huruf Kartu Hijaiyah. Jurnal UPMK. Vol. 5 No. 2.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Zulfitria., Arif, Zainal., (2019). Penerapan Metode Iqro Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di Tk Hiama Kids. Jurnal Lectura. Vol. 2 No. 2.
Abdi. (2014). Examine How The Evolution of Education in The Holy Quran, Based on Modern Methods. Scientific Journal of Review. Departement of Education Sciences, Payame Noor University of Iran. Vol. 3 No. 7.
Aeni, Eneng Nur & Cahyati, Nika. (2018). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Telaah Qs. Luqman Ayat 12-19. Jurnal Pelita PAUD. Vol.2 No.1.
Anwar, R. (2014). Cara Mudah Memahami Bahasa AL-Qur’an. Bandung: Mizan.
As'ad, Humam. (2012). The iqra 'book. Jogjakarta: AMM
Astuti, Rini. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 7 Edisi 2.
Hilmi, Irfan. (2011). Jangan Lupakan Pendidikan Agama.. Jurnal Guru, No,1 Vol 3 Juli 2006
Nurzaman, Indriani. (2014). Efektivitas Penggunaan Metode BilHikmah Terhadap Tingkat Kemampuan Membaca Al-Qur’an AUD. Jurnal Tarbawy. Vol. 1 No. 2.
Putri, P. (2017). Analisis Kemampuan Bahasa Dan Kemampuan Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Dongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Rauf, Abdur., Aziz, Abdul. (2012). Anda pun Bisa Menjadi Hafidz Al-Qur’an. Jakarta: Markas Qur’an.
Sami, Abdus dkk, (2010). Al-Qur’anku dengan Tajwid Blok Warna. Jakarta: Lautan Lestari.
Sarmini. (2012). Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Qur’an. Bandung: Khazanah Intelektual.
Setiawan, Eko. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Al-Qur’an Melalui Metode Albana Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Al Muddaris. Vol. 1 No. 2.
Solihati, Aan. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Permainan Huruf Kartu Hijaiyah. Jurnal UPMK. Vol. 5 No. 2.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Zulfitria., Arif, Zainal., (2019). Penerapan Metode Iqro Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di Tk Hiama Kids. Jurnal Lectura. Vol. 2 No. 2.
Downloads
Published
31-12-2020
Issue
Section
Articles
How to Cite
Chairilsyah, D. (2020). The Teaching Of Reading The Qur’an In Early Childhood. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 192-206. https://doi.org/10.19109/ra.v4i2.6800