Metode Bermain Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Authors

  • Nita Apriyani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hibana Hibana
  • Susilo Suhrahman

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.8933

Keywords:

Kata Kunci: Metode Bermain, Pembelajaran Anak Usia Dini

Abstract

Pemebelajaran Pendidikan anak usia dini yaitu beroriantasi untuk perkembangan dan kebutuhan anak. Para guru harus menyesuaikan dengan tahap perkembangan dan kebutuhan anak. strategi rmain dalam belajar anak usia dini sangat penting karena dunia anak-anak adalah bermain, dengn melalui bermain anak dapat belajar banyak hal. Bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain. Oleh sebab itu setiap guru atau pendidik akan mengguanakan metode sesuai dengan kegiatan yang berlangsung. Namun yang harus dipertimbangkan oleh pendidik ialah anak-anak anak memiliki ciri yang unik atau ke unikan. Oleh sebab itu metode bermain yang sering dilaksanakan dalam strategi pendidikan di Paud. Mengakibat Fase masa kecil teruntuk anak usia dini ialah masa main, sebab dari itu metoede paling baik dilakukan dalam pembelajaran di Paud adalah metode main. Penelitian ini ialah rancangan studi perpustakaan atau library research dengan melakukan kajian dari berbagai sumber bacaan yang relevan dengan permasalahan yang diteliti ataupun dari teori-teori para ahli. Khususnya metode bermain dalam pembelajaran anak. Pembelajaran dengan menggunakan metode bermain sangat mendukung anak, dan merupakan suatu metode pembelajaran yang seharusnya didapatkan anak.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Suriansyah, Aslamiah, (2011). (Edisi Pertama Cetakan) Strategi Pembelaiaran Anak Usia dini.
Ahmad Zaini, (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Vol. 3 | No. 1.
Allisa Nurhaliza, (2016). Amelia Ayu Rosali Pengaruh Bermain Terhadap Perkembangan Kreativttas Anak Jurnal pendidikan Paud Vol . 1 , No . 1.
B.E.F. Montolalu dkk, (2016). Bermain dan Permainan Anak (Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi Anak Usia Dini Itqan, Vol. Vii, No. 1.
Fitri Wahyuni, (2020). Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan. Vol. 15 No. 1.
Ida Bagus Putu Aryana, (2009). Model pembelajaran Inovatif berwawasan lingkungan, Pelatihan guru SMP se-Bali.
Mulyasa, (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Masitoh, (2004). Strategi Pembelajaran TK. (Jakarta: Universitas Terbuka).
Nailirohmah, (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini, Jurnal Tarbawi Vol. 13. No. 2.
Nehru, (2011). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5.
Novi Mulyani, 2016. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Kalimedia, Depok Sleman Yogyakarta.
Nurdyansyah.N. dan Andiek Widodo, (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran, (Sidoarjo: Nizamia Learning Center).
Sarayati, (2019). Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berbahasa Anak Paud Permata Bangsa, Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2).
Susanto ahmad, (2011). Perkembangan anak usia dini. (Jakarta: prenamedia group).
Sriyanti Rahmatunnisa, Siti Halimah, (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Bermain Pasir Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 2 No. 1.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 14
Wiwik Pertiwi, (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 5, Nomor 2.

Downloads

Published

31-12-2021

How to Cite

Apriyani, N., Hibana, H., & Suhrahman, S. (2021). Metode Bermain Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 126-140. https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.8933