Model Pengembangan Desain Ilustrasi Buku Cerita Temi Story Sebagai Media Pengenalan Hidup Sehat di TK Mentari Bontoa

Pengembangan desain ilustrasi buku cerita temi story sebagai media pengenalan hidup sehat

Authors

  • Aliza Shafira Nur Dhaahiru Universitas Negeri Makassar
  • Rusmayadi Rusmayadi
  • Muhammad Yusri Bachtiar

DOI:

https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.9838

Keywords:

Media pengenalan hidup sehat, buku cerita bergambar, anak usia dini

Abstract

Pengenalan hidup sehat adalah kebiasaan yang perlu diperhatikan setiap individu. Maka dari itu perlu diperkenalkan sejak dini agar kebiasaan pola hidup sehat dapat menjadi kebiasaan baik yang melekat disetiap individu.  Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menghasilkan buku cerita bergambar sebagai media pengenalan hidup sehat, (b) mengetahui kelayakan buku cerita bergambar sebagai media pengenalan hidup sehat, (c) mengetahui efektivitas buku cerita bergambar sebagai media pengenalan hidup sehat. Jenis penelitian ini  merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) denganmengadaptasi model Borg dan Gall. Tahapan pengembangan meliputi lima tahapan: analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk awal, pengujian terbatas,  revisi hasil uji produk. Analisis kebutuhan dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui apaka buku cerita bergambar sebagai media pengenalan hidup sehat dibutuhkan. Berdasarkan tujuh responden menjawab sangat butuh dengan presentase 100%. Buku cerita Temi Story diuji validasi dan efektivitas. Hasil validasi oleh ahli media di peroleh 100% sangat baik. Hasil uji efektivitas diperoleh 75% layak dan 25% sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Anis, dan Nara. 2020. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Melalui Metode Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 1(1), 74-81.
CNN. 2018. 24 Desember 2018. Catatan Kesehatan Indonesia sepanjang 2018. Diakses 22 Februari 2021. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181217130400-255-354250/catatan-kesehatan-indonesia-sepanjang-2018.
Databoks. 2020. 29 Januari 2021. Kualitas Kesehatan Indonesia Peringkat 4 di Asia Tenggara. Diakses 22 Februari 2021. https://databoks.katadata.co.id/ datapublish/2016/10/11/indonesia-peringkat-4-negara-paling-sehat-diasea.
Gilang, Riama, dan Nedina. 2017. Kesesuaian Konteks dan Ilustrasi Pada Buku Bergambar untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 158-169.
Gitawardani, Bernadette dan Yurika Elizabeth Susanti. 2019. 29 Oktober 2019. Terapkan 6 Kebiasaan Baik Sejak Dini untuk Hindari Malnutrisi. Diakses 04 Maret 2021. https://www.guesehat.com/mengajarkan-anak-pola-hidup-sehat-sejak-dini.
Indonesian Heart Association. 2019. 27 September 2019. Hari Jantung sedunai (World Hearth Day): Your Heart is Our Heart Too. Diakses 24 Februari 2021. http://www.inaheart.org/news_and_events/news/2019/9/26/press_ release world_heart_day_perki_2019.
Indrayana, Hendro, dan Aniendya. 2018. Perancangan Buku Interaktif Pembelajaran Pengembangan Karkater Generasi Alfa. Jurnal DKV Adiwarma, 1(12), 1-10.
Inten dan Andalusia. 2019. Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan eating clean. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 366-376.
Kemdikbud. 2017. 17 Juli 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Diakses 24 Februari 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-k
arakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republic Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Nareza, Meva. 2020. 3 Maret 2020. Gaya Hidup Sehat Bisa Anda Mulai Sekarang. Diakses 22 Februari 2021. https://www.alodokter.com/gaya-hidup-sehat-bisa-anda-mulai-sekarang.
Riskesdas. 2018. Hasil Utama riskesdas 2018. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
SEASAIA. 2018. 2 Agustus 2018. The Overall Sores By Sustainable Development Goals (SDGs) for Southeast Asian Countries. Diakses 22 Februari 2021. https://seasia.co/2018/08/02/the-overall-scores-by-sustainable devolopmen
t-goals-sdgs-for-southeast-asian-countries
Slamet, Juli Soemirat. (1996). KESEHATAN LINGKUNGAN. Gadjah Mada Yogyakarta: University Pers.
Suhendar, Iwan, Udin Rosidin dan Nina. 2020. Pendidikan Kesehatan Tentang Hidup Bersih dan Sehat Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Al-Amin Garut. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 135-145
WebMD. 2019. 6 November 2019. Only Children May Have Higher Obesity Risk. Diakses 03 Maret 2021. https://www.webmd.com/children/news/20191106 /only-children-may-have-higher-obesity-risk.
Wheeler, Tyler. 2019. 13 September 2019. Healthy Steps You Can Take Right Now. Diakses 03 Maret 2021. https://www.webmd.com/healthy-aging/heal thy-steps-take-right-now#1.

Downloads

Published

31-12-2021

How to Cite

Nur Dhaahiru, A. S., Rusmayadi, R., & Bachtiar, M. Y. (2021). Model Pengembangan Desain Ilustrasi Buku Cerita Temi Story Sebagai Media Pengenalan Hidup Sehat di TK Mentari Bontoa: Pengembangan desain ilustrasi buku cerita temi story sebagai media pengenalan hidup sehat. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 112-125. https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.9838