PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS MULTIKULTURAL

  • Irma Novayani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Aziziyah Lombok Barat NTB
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Multikultural

Abstract

Pendidikan multikultural adalah sebuah sistem pendidikan yang berupaya untuk meredam kesenjangan sosial, kelas sosial, kecemburuan sosial dengan mengenalkan dan mensosialisasikan salah satu orientasinya yakni kebersamaan. Oleh karena itu dalam lembaga pendidikan Islam perlu menerapkan sistem pengajaran yang berorientasi pada penanaman kesadaran pluralisme dalam kehidupan. Adapun beberapa program pendidikan yang sangat strategis dalam menumbuhkan kesadaran pluralisme adalah:   pendidikan sekolah harus membekali para mahasiswa atau peserta didik dengan kerangka (frame work) yang memungkinkannya menyusun dan memahami pengetahuan yang diperoleh dari lingkunganya.Gagasan mengenai multikultural bukanlah sesuatu yang sulit, karena di dalam agama Islam mengajarakan tentang saling menghormati dan mengakui kebaradaan orang lain. perbedaan warna kulit, bahasa, dan budaya harus diterima sebagai sesuatu yang positif dan merupakan tanda-tanda dari kebesaran Allah SWT. Untuk itu sikap yang diperlukan bagi seorang muslim dalam merespon kemajemukan dan perbedaan adalah dengan memandangnya secara positif.

References

Hammond. Washington D.C.: American Educational Research Association,1993.
Binawah, Al. Andang L., Penyempitan kaebebasan Beragama, Yogyakarta, Basis, Januari-Februari 2004.
Hara, A. Eby, Pengalamn Multikulturalisme di Berbagai Negara, dalam “Al -Wasathiyyah”, Vol I, februari 2006.
Hasan, Hamid, S., (2000), “Pendekatan Multikultural Untuk Penyempurnaan Kurikulum Nasional”, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Edisi Bulan Januari-November.
Hasan, Hamid, S., (2000), “Pendekatan Multikultural Untuk Penyempurnaan Kurikulum Nasional”, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Edisi Bulan Januari-November.
Ma’arif, Syamsul, Islam Dan Pendidikan Pluralisme, (Menampilkan Wajah Islam Toleran Melalui Kurikulum PAI Berbasis Kemajemukan), makalah disampaikan dalam Annual Conference Kajian Islam Di Lembang Bandung Tanggal 26-30 November Tahun 2006.
Suparlan, Parsudi, Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural, Simposium Internasional Bali, Jurnal Antropologi Indonesia, Denpasar Bali, 16-21 Juli 2002.
Tafsir Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2002.
Published
15-02-2018