Analisis Pengukuran Kualitas Penggunaan Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus Sistem Informasi Akademik STIQ Al-Lathifiyyah Palembang)

Main Article Content

Johan Hafasri M. Haviz Irfani Fathiyah Nopriani

Abstract

Teknologi informasi pada era globalisasi ini, telah membawa banyak perubahan yang begitu cepat di berbagai bidang dan pihak. Pemanfaatan teknologi informasi ini memberikan berbagai kemudahan untuk memperoleh informasi dan membantu menyelesaikan. Sekolah Tinggi Ilmu Al- Qur’an (STIQ) Al-Lathifiyyah merupakan salah satu perguruan tinggi di Palembang yang telah memanfaatkan teknologi informasi dalam mengelola kegiatan data akademik yang biasa dikenal sebagai Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Diketahui bahwa, pihak STIQ Al-Lathifiyyah khususnya di bagian pengembang sistem sejak berdirinya SIAKAD STIQ Al-Lathifiyyah ini belum pernah ada penelitian tentang analisis dan melakukan pengukuran kualitas penggunaannya. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan ketidaktahuan akan kualitas dari SIAKAD yang mereka kelola bagi para penggunanya. Untuk melakukan analisis pengukuran kualitas penggunaan tersebut akan mengacu pada standarisasi ISO/IEC 9126-4 Quality In Use dengan berdasarkan faktor effectiveness, productivity, safety dan satisfaction. Hasil dari penelitian ini adalah effectiveness metrics dengan nilai 0,8838 termasuk ke dalam kategori high, productivity metrics dengan nilai 0,8744 termasuk ke dalam kategori high, safety metrics dengan nilai 0,1650 termasuk ke dalam kategori low, dan satisfaction metrics dengan nilai 0,4147 termasuk ke  dalam  kategori  medium. Hal ini membuktikan bahwa SIAKAD STIQ Al-Lathifiyyah Palembang sudah memenuhi standarisasi suatu sistem informasi akademik yang baik berdasarkan model ISO/IEC 9126-4 quality in use metrics.

Article Details

How to Cite
Hafasri, J., Irfani, M., & Nopriani, F. (2019). Analisis Pengukuran Kualitas Penggunaan Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus Sistem Informasi Akademik STIQ Al-Lathifiyyah Palembang). JUSIFO, 5(2), 81-90. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i2.5190
Section
Artikel

References

Anonim. (2000). ISO/IEC 9126-1: Information Technology - Software Product Quality - Part 1: Quality Model. ISO/IEC.
Anonim. (2001). ISO/IEC 9126-4: Software Engineering - Software Product Quality - Part 4: Quality in Use Metrics. ISO/IEC.
Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Astiani, N., Andreswari, D., & Setiawan, Y. (2016). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Tanaman Obat Herbal Untuk Berbagai Penyakit Dengan Metode ROC (Rank Order Centroid) dan Metode Oreste Berbasis Mobile Web. Informatika: Jurnal Teknologi Komputer dan Informatika, 125-140.
Djoub, R., & Bari, M. (2016). An ISO 9126 Based Quality Model for the e-Learning Systems. International Journal of Information and Education Technology, 370-375.
Sidik, A. (2018). Analisis Sistem Informasi Akademik (SIMAK) Berbasis ISO/IEC 9126-4 untuk Pengukuran Kualitas Penggunaan (Studi Kasus: SIMAK UIN Raden Fatah Palembang). Palembang: UIN Raden Fatah.