Pelaksanaan Supervisi Kinerja Guru di SMP IT Izzuddin Palembang

Main Article Content

Ibrahim Ibrahim

Abstract

Artikel ini yang berjudul Pelaksanaan Supervisi Kinerja Guru di SMP IT Izzuddin Palembang, dengan latar belakang masalah pentingnya kegiatan supervisi kinerja guru, karena dengan supervisi diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Lembaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model interaktif yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yakni pelaksanaan Supervisi Kinerja Guru berasal dari dua tempat yakni dari pihak Yayasan dan Kepala Sekolah. Pelaksanaan supervisi sudah berjalan dengan baik dan rutin dilaksanakan dalam setiap tahunnya. Tahapan pelaksanaannya terdiri dari kegiatan sebelum proses supervisi, kegiatan pelaksanaan supervisi dan kegiatan sesudah supervisi. Kinerja Guru di SMP IT Izzuddin Palembang  ada tiga kegiatan proses belajar mengajar yakni kegiatan sebelum proses belajar mengajar, kegiatan proses belajar mengajar, kegiatan sesudah proses belajar mengajar. Dengan demikian kinerja guru sudah bisa dikatakan baik, meskipun masih ada beberapa orang guru dalam melaksanakan tugasnya belum sesuai dengan kriteria seorang guru yang profesional.

Article Details

How to Cite
Ibrahim, I. (2021). Pelaksanaan Supervisi Kinerja Guru di SMP IT Izzuddin Palembang. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 7(2), 13-25. https://doi.org/10.19109/elidare.v7i2.11178
Section
Artikel

How to Cite

Ibrahim, I. (2021). Pelaksanaan Supervisi Kinerja Guru di SMP IT Izzuddin Palembang. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 7(2), 13-25. https://doi.org/10.19109/elidare.v7i2.11178

References

Ahmadi, Ruslan. (2005). Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: UIN Pers.
Aini, Maghfiroh. (2010). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Peningkatan Mutu Guru PAI di SMP Nasima Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Daud, Dahlan. Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalitas Guru PAI di SD Negeri 32 Kecamatan Pulau Rimau.
Maksum. (2009). Madrasah Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Nasution. (2006). Azas-Azas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurfatah. Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di SD Negeri 08 Talang Kelapa Palembang.
Sahertian. (2008). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sari, Wiwin Anggita. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 44 Palembang.
Siagin, Sondang P. (2007). Teori Dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta : Rineka Cipta.
Suhardan, Dadang. (2010). Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.
Sukidin, et, all. (2005). Metode Penelitian: Membimbing dan Mengantar Kesuksesan Anda dalam Dunia Penelitian. Surabaya: Insan Cendikia.