Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Penelitian Dosen Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang Tahun 2017

Main Article Content

Fitri Oviyanti
M Hasbi
Ibrahim Ibrahim

Abstract

Artikel ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja penelitian dosen Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah palembang Tahun 2017, studi pendahuluan pada bulan Februari 2017, di Prodi PAI menunjukkan data bahwa jumlah dosen tetap berstatus PNS adalah 26 orang dengan kualifikasi akademik S2 lima belas orang, dan  S3 11 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan kunci dosen-dosen tetap PNS Prodi PAI yang dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti (purpossive sampling)  mewakili kepangkatan lektor, lektor kepala dan guru besar. Teknik pengumpulan data yang utama adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data digunakan menurut Miles dan Huberman, meliputi data reduction, data display, dan conclusion/verification. Hasil yang didapatkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja penelitian dosen prodi PAI FITK UIN Raden Fatah Palembang cukup bervariasi. Setidaknya ada beberapa faktor,  yaitu faktor kemampuan (kompetensi), motivasi berprestasi, motivasi ekonomi, kebijakan, dan ada juga faktor kepribadian. Namun,  dari kelima faktor tersebut, yang mendominasi tampaknya hanya tiga faktor, yaitu kompetensi, motivasi berprestasi, motivasi ekonomi, dan kebijakan.

Article Details

How to Cite
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Penelitian Dosen Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang Tahun 2017. (2018). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 19-34. https://doi.org/10.19109/elidare.v4i1.2466
Section
Artikel
Author Biography

Fitri Oviyanti, Faculty of Tarbiyah and Teaching Sciences, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

How to Cite

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Penelitian Dosen Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang Tahun 2017. (2018). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 19-34. https://doi.org/10.19109/elidare.v4i1.2466