STRATEGI POLITIK IBNU SOUBARI DALAM UPAYA PEMENANGAN PEMILIHAN KEPALA DESA MELAWAN PETAHANA DI DESA TANJUNG LAUT TAHUN 2021

Main Article Content

Muhammad Hadi Khurniawan
Ainur Rofik
Deany Afriany

Abstract

This research aims to understand and describe Ibn Soubari's political strategies in his efforts to win the village head election against the incumbent in Tanjung Laut village in 2021. This study is qualitative research using primary and secondary data as sources of information. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The research was conducted in Tanjung Taut village. The data analysis techniques used in this study include data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study revealed that Ibn Soubari used the Personal Branding and Positioning political strategies. Personal Branding is an advantage possessed by a marketer that can shape a positive perception of oneself among the community, while Positioning, carried out by the campaign team, involves understanding the community's needs and making them the focal point before promoting their candidate along with their Vision and Mission.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi politik Ibnu Soubari dalam upaya pemenangan pemilihan Kepala Desa melawan petahana di Desa Tanjung Laut Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian berada di Desa Tanjung Laut. Teknik analisis data yang digunakan ada 4 yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian mengetahui dan mendeskripsikan bagaimanastrategi politik Ibnu Soubari menggunakan Strategi Politik Perosnal Branding dan Positioning. Dimana Personal Branding adalah sebuah keunggulan yang dimiliki oleh seorang pemasar yang dapat membentuk pandangan positif Masyarakat terhadap dirinya sedangkan Positioning yang dilakukan oleh tim sukses yakni dengan cara memahami terlebih dahulu apa yang dibutuhkan serta menjadi pokok kebutuhan dimasyarakat, baru sesudahnya memasarkan calon mereka bersama Visi dan Misi.
 

Article Details

How to Cite
STRATEGI POLITIK IBNU SOUBARI DALAM UPAYA PEMENANGAN PEMILIHAN KEPALA DESA MELAWAN PETAHANA DI DESA TANJUNG LAUT TAHUN 2021. (2024). Jurnal Studi Ilmu Politik, 3(1), 39-50. https://doi.org/10.19109/jsipol.v3i1.20056
Section
Articles

How to Cite

STRATEGI POLITIK IBNU SOUBARI DALAM UPAYA PEMENANGAN PEMILIHAN KEPALA DESA MELAWAN PETAHANA DI DESA TANJUNG LAUT TAHUN 2021. (2024). Jurnal Studi Ilmu Politik, 3(1), 39-50. https://doi.org/10.19109/jsipol.v3i1.20056

References

Buku
Anwar, A. 2011. Komunikasi Politik: Konsep dan Aplikasi di Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Budiardjo, M. 2008. Prinsip-Prinsip Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Satori, D. & Komariah, A. 2009. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Firmanzah. 2007. Strategi Pemasaran Politik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Gatara, S. & Said, M. D. 2007. Studi Sosiologi Politik: Konsep dan Evolusi. Bandung: Pustaka Setia.
J.salusu. 2006. Strategi Pengambilan Keputusan dalam Organisasi. Jakarta: Grasindo.
Moesafa, J. 2018. Strategi Pemenangan Pemilu dalam Era Oligarki. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Adam, R. 2013. Taktik dan Strategi Politik. Jakarta: Edisi Revisi.
Tabroni, R. 2014. Pendekatan Pemasaran dalam Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Astuti, T. et al. 2013. Analisis Strategi Pemenangan Petahana dalam Pilkada Kabupaten Ngawi 2010. Journal of Politic and Government Studies, hal. 446-461. Diakses dari https://scholar.google.com pada 29 Oktober 2021.
NIM, D. P., & Harris, B. 2019. Analisis Strategi Kemenangan Ahmad Eka Setyawan dalam Pilkades Desa Sebetung, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadu, 2014. ASPIRASI-Jurnal Ilmu Politik, 7(3). Diakses dari https://scholar.google.com pada 29 Oktober 2021.
Andrias, M. A., & Nurohman, T. 2013. Analisis Peran Partai Politik dalam Pilkada dengan Pendekatan Marketing Politik dan Strategi Positioning di Kabupaten Tasikmalaya. Universitas Siliwangi.
ORIFICE, E. C. 2021. Studi Strategi Pemenangan Parsimin dalam Pilkades 2019 di Desa Purwodadi, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen. Universitas Jenderal Soedirman. Diakses dari https://scholar.google.com pada 29 Oktober 2021.
Oktaviano, O., & Astuti, P. 2017. Evaluasi Kemenangan Suryono dalam Pilkades Desa Tegalarum, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, 2015-2021. Journal of Politic and Government Studies, 6(04), hal. 271-280. Diakses dari https://scholar.google.com pada 29 Oktober 2021.
Padang, R. H. 2018. Analisis Strategi Politik dalam Pilkades: Studi Kasus Kepala Desa
Terpilih Rumbin Sitio, Desa Tengganau, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Diakses dari https://scholar.google.com pada 29 Oktober 2021.
Pratiwi, C. S., Bafadhal, F., & Giovani, A. S. 2020. Analisis Strategi Marketing Politik Kepala Desa Pertahana di Desa Sidomukti, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4). Diakses dari https://scholar.google.com pada 29 Oktober 2021.
Sulistiowati, R. 2018. Studi Strategi Pemenangan Kandidat Kepala Desa: Kasus Kemenangan Polisi dalam Pilkades 2015 di Desa Kebasen, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Unnes Political Science Journal, 2(1), hal. 39-49. Diakses dari https://scholar.google.com pada 29 Oktober 2021.
Syarifuddin, T. I., Resmawan, E., & Surya, I. 2019. Analisis Strategi Pemenangan Kepala Desa Terpilih di Desa Santan Tengah, Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Diakses dari https://scholar.google.com pada 29 Oktober 2021.
Sugiman, S. 2018. Tinjauan Pemerintahan Desa. Binamulia Hukum, 7(1), hal. 82-95. Diakses dari https://scholar.google.com pada 29 Oktober 2021.