STRATEGI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) NURUL HUDA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING

Authors

  • Resti Cahyanti Universitas Negeri Islam Raden Fatah Palembang
  • Fitri Oviyanti Universitas Negeri Islam Raden Fatah Palembang
  • Kemas Badaruddin Universitas Negeri Islam Raden Fatah Palembang
  • Sukirman Sukirman Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.19109/tadrib.v8i1.12352

Keywords:

Competitiveness, Strategy in Improving Competitiveness

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: Pertama, daya saing yang diterapkan STKIP Nurul Huda, Kedua, strategi STKIP Nurul Huda dalam meningkatkan daya saing, dan Ketiga, faktor penghambat serta pendukung STKIP Nurul Huda dalam meningkatkan daya saing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis daya saing yang diterapkan di STKIP Nurul Huda, untuk menganalisis implementasi strategi STKIP Nurul Huda dalam meningkatkan daya saing, dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat strategi dalam meningkatkan daya saing pada STKIP Nurul Huda.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Huberman. Teknik analisis ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber maupun waktu.Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu: Pertama, Daya Saing Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda cukup bagus untuk perguruan tinggi di tingkat daerah atau kabupaten. saat ini STKIP Nurul Huda memiliki sebanyak 2.423 mahasiwa.. Kedua Strategi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda dalam meningkatkan daya saing adalah dengan membuat program-program yang dapat menjadi terobosan dalam pengembangan perguruan tinggi, Ketiga, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda memiliki beberapa penghambat diantaranya mulai bermunculan kampus baru yang ada disekitar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan(STKIP) Nurul Huda. Sedangkan untuk faktor pendukungnya adalah perguruan tinggi memiliki jumlah dosen dan karyawan yang mencukupi, serta mendapat dukungan dari pondok pesantren terhadap program-program perguruan tinggi.

References

A, M. B. M. dan M. H. (1993). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Jan Jonker, D. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Musfiqon. (2007). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5.1 (2019): 87-103.
Syarnubi, Syarnubi. "Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum dan agama (Kajian terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen)." Jurnal PAI Raden Fatah 1.1 (2019): 21-40.
Syarnubi, Syarnubi, Firman Mansir, Mulyadi Eko Purnomo, Kasinyo Harto, and Akmal Hawi. "Implementing Character Education in Madrasah." Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2021): 77-94
Islamiaty, Ismi, et al. "Pengaruh Pemberian Soal Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang." Jurnal PAI Raden Fatah 2.4 (2020): 397-413.
Wijyaya, D. (2016). Penulisan Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

STRATEGI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) NURUL HUDA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING. (2022). Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 85-92. https://doi.org/10.19109/tadrib.v8i1.12352