BASIC STUDENT LEADERSHIP TRAINING AND ISLAMIC GATHERING IN SHAPING THE LEADERSHIP CHARACTER OF GENERATION-Z IN SMK INFORMATIKA SERANG CITY
Main Article Content
Abstract
Article Details
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
Adinugraha, H. H. et. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa sebagai Sarana Pengembangan Bakat Kepemimpinan Siswa yang Jujur, Percaya Diri, Tanggungjawab, Disiplin, dan Kreatif. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 251–257. http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/653%0Ahttp://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/download/653/371
Ahmad, A. (2022). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Perspektif Al-Qur’an. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 5(1), 79. https://doi.org/10.24853/ma.5.1.79-106
Djamaluudin, N. (2021). Membentuk Karakter Kepemimpinan Remaja di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 1.
Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126
Hanina, Supiatman, L., & Aryni, Y. (2021). Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga. Rambata : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 135–139.
Imansyah, M., Arafat, Y., & Wardiah, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 135. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3756
Judijanto, L., Fauzi, I., Telaumbanua, E., & Merung, A. Y. (2024). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi , Kepemimpinan Inovatif , dan Teknologi Digital terhadap Keberhasilan Bisnis Industri Startup di Indonesia. 2(01), 24–34.
Kurniawan, A. F. P., & Kumalasariancika, J. (2022). Pengaruh Public Speaking Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Psikologi, 1(2), 63–66.
Lickona, T. (2012). Character Matters. Bumi Aksara.
Mansyur, A. R. (2022). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.131
Marliani, L. (2018). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Galuh, 5(4), 17–18. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1743/1407
Murniasih, E., & Wasehudin. (2021). Islamic Gathering As A Media Increasing The Spiritual Intelligence Of Students At Informatics Vocational School In The Era Of Covid-19. Conciencia: Journal of Islamic Education, 21(2), 95–106.
Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86.
Prasetyo, R. H., Asbari, M., & Putri, S. A. (2024). Mendidik Generasi Z: Tantangan dan Strategi di Era Digital. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 10–13.
Purwaningsih, L., Sudibyo, A., & Isnaini, H. (2023). Problematika pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Metonimia: Jurnal Sastra Dan Pendidikan Kesusastraan, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.56854/jspk.v1i2.66
Putri, A. D. (2021). Maksimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan dan Pengembangan Diri Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 37. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1180
Rahayu, P. P. (2023). Membentuk Karakter Kepemimpinan bagi Siswa Kelas XII SMK Marsudirini ST FRansiskus Semarang. Jurnal Kabar Masyarakat, 1(3), 1–23.
Ramaditya, M., Effendi, S., & Faruqi, F. (2020). Pelatihan Kepemimpinan Dan Pembinaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Para Pengurus OSIS SMA Dan SMK Negeri Di Jakarta Utara. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 72–79. https://doi.org/10.37541/celebesabdimas.v2i2.446
Sabilah, E. (2023). Peran Religiusitas dalam membangun Motivasi pada generasi Z. 19, 320–331.
Solestyowati, R., Faranisa, R., Wulandari, R., & Ma’ruf, K. (2023). Membangun Kepercayaan Diri Gen Z Dengan Keterampilan Public Speaking Di SMA Martia Bhakti Bekasi. Krida Cendikia, 1(10).
Sriwahyuningsih, V., & Barseli, M. (2022). Efektifitas Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada Peserta Didik Tingkat SMA dalam Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan. Pendidikan Tambusai, 6(2), 10473.
Stillman, D., & Stillman, J. (2017). Gen Z @ work: how the next generation is transforming the workplace (1 (ed.)). Harper Collins Publishers.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Susanto, A. (2022). Entrepreneurial Leadership Nabi Muhammad Saw Dalam Peristiwa Hijrah. INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 3(2), 335–356. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v3i2.191
Sutikno, M. S. (2018). Pemimpin dan Kepemimpinan - Tips Praktis untuk Menjadi Pemimpin yang Diidolakan. In Prosmala Hadisaputra (Ed.), Holistica (1st ed.). Holistica.
Syarbini, A. (2012). Buku Pinter Pendidikan Karakter. as@primapustaka.