CHARACTER EDUCATION-BASED ECOTOURISM DEVELOPMENT IN KERUJUK ECOTOURISM VILLAGE NORTH LOMBOK
Main Article Content
Abstract
Article Details
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
Achmad Husen, Andy Hadiyanto, Andri Rivelino, S. A. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Spiritualisme Islam (Tasawuf). Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(1), 1–19.
Aisyah, A., & Rani, A. R. (2023). Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 14–17.
Akbar, S. (2010). Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 46–54.
Armanto, S. (2017). Pengelolaan Pendidikan Berbasis Lingkungan. Al-Nizom, Volume 2,.
Bagir, H. (2017). Islam Tuhan Islam Manusia (1st ed.). Mizan.
Chintiyatmi, I. T., Nurlela, & Mahfud. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Tasawuf. Jurnal At Tarbawi Al Haditsah, 1(2), 1–26.
Fajar, D., Permana, W., Irawan, F. A., Anam, K., & Nurachmad, L. (2023). Edu-Ecowisata as A Media of Character Education through Sports Tourism. 2–5. https://doi.org/10.4108/eai.29-6-2022.2326121
Fariz Ramadan , Husnul Awalia , Mellani Wulandari, R. . A. (2013). PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. 70–82.
Giri, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi Degradasi Bangsa. PURWADITA: JURNAL AGAMA DAN BUDAYA, 4(1), 59–66.
Habermas, J. (1984). B. B. P. (1984). The Theory of Communicative Action Vol. 1: Reason and the Razionalization of Society. (1st ed.). Beacon Press.
Hamara, A. N., Malihah, E., & Andari, R. (2024). Memperkuat Pendidikan Karakter Melalui Edukasi Wisata Berbasis Homestay. Edukatif, 6(2), 1466–1476.
Hijriati, E., & Mardiana, R. (2016). Pengaruh Ekowisata Berbasis Masyarakat Terhadap Perubahan Kondisi Ekologi, Sosial Dan Ekonomi Di Kampung Batusuhunan, Sukabumi. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 2(3). https://doi.org/10.22500/sodality.v2i3.9422
Kemendiknas. (2011). Panduan Pendidikan Karakter. In Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas (Vol. 4, Issue 2). http://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/BS/article/view/537
Kurniawan, S. (2018). Pendidikan Karakter dalam Islam Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq Al-Karimah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 197–215. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i2.1792
Mitrakasih La Ode Onde et al. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Era 4.0 pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Basicedu, 4(2), 267–279.
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Musolin, M., & Nisa, K. (2021). Pendidikan Masa Pandemik Covid 19 : Implementasi Konsep Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Edukatif, 3(6), 4134–4144.
Priyatna, M. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 5(10), 1311–1336. https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Retnasari, L. et al. (2022). Strategi Pendidikan Karakter Integritas Berbasis Masyarakat di Satuan Pendidikan Dasar. Edukatif, 4(1), 53–62.
Silawati, S. (2016). Pendidikan Tasawuf Hamka Dalam Kehidupan Modern. Anida’, 40(2), 118–125. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/1502
Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226.
Supian, A. (2021). Model Pendidikan Karakter. Al-Hasanah, 6(1), 106–1113.
Surachman, A. I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Komunitas Masyarakat Melalui Perempuan Fatayat NU di Era Globalisasi. Tarbawi, 16(2).
Sutisno, A. N. et al. (2018). PENERAPAN KONSEP EDU-EKOWISATA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LINGKUNGAN THE IMPLEMENTATION OF EDU-ECOTOURISM CONCEPT AS A MEDIA. Ecolab, 12(1), 1–11.
Syafruddin, S., Ilyas, M., Suryanti, N. M. N., Wadi, H., & Handayani, N. (2021). Pariwisata Berbasis Budaya Dan Pendidikan Karakter Siswa Di Kawasan Kuta Mandalika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i2.2752
Syakdiah, H. (2000). Paradigma Pendidikan Berbasis Masyarakat. Taushiah, 9(2), 86–95.
Syarbini, A. (2011). Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. In A. K. R. A. R. S. E. Z. R. O. K. Ima Maryama Amirullah Syarbini Ucup Pathuddin (Ed.), Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Kompas Gramedia.
Wiradika, I. N. I. (2019). The Implementation of Environmental Care Character Education Based on Tri Hita Karana and Ecotourism at Elementary Schools in Nusa Penida , Bali. Atlantis Press, 323(ICoSSCE 2018), 261–265.
Yetri et al. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasi Masyarakat pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Al-Tadzkiyah, 8(II), 267–279.
Zaprulkhan. (2013). Signifikansi Revitalisasi Tasawuf Hamka dan Said Nursi Bagi Kehidupan Masyarakat Kontemporer. Teologia, 24, 317–354.