THE INFLUENCE OF INVESTIGATION GROUP TYPE COOPERATIVE LEARNING ON THE CRITICAL THINKING ABILITY OF STUDENTS OF THE ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION PROGRAM UNIVERSITY OF SINGAPERBANGSA KARAWANG
Main Article Content
Abstract
Article Details
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
A. Muri Yusuf. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.
Agus Suprijono. (2009). Pembelajaran Kolaboratif: Teori dan Penerapan PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Arief Furchan. (2007). Pengantar Pendidikan dan Penelitian (Cet. III). Pustaka Pelajar.
E. Usman Effendi, J. S. P. (2000). Pengantar Psikologi.
Ferianto, Nida’ul Munafiah, M. Makbul, & Firmansyah. (2024). Ibnu Khaldun’s Constructivism in Islamic Education. Journal of Islamic Education (AJIE): Journal of Islamic Education,8(2), 550–561. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i2.557
Firdaus, F., Bariah, O., Makbul, M., Karawang, S., Regency, K., & Java, W. (2023). Management Classroom Management Through Islamic Religious Education Learning at SMK Al Hurriyah Karawang. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(2), 1062–1076.
Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 184. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454
Hamzah, H., Khairiah, K., Tambak, S., Hamzah, M. L., & Purwati, A. A. (2022). Implementation of Jigsaw type cooperative learning method to increase student learning activity in Fiqh learning during COVID-19. International Journal of Health Sciences, 6(March), 4438–4446. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6ns1.5914
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Lestari, E., Cahyono, H., & Awaluddin, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 124–139. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.12814
M. Makbul, N. A. F. (2021). Peserta Didik dalam Pandangan Teori Empirisme, Naturalisme, Konvergensi Naturalisme dan Tinjauan Pendidikan Islam. HAWARI:Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 47(4), 124–134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x
M. Makbul, & Nur Aini Farida. (2023). Pengaruh Prokrastinasi Akademik terhadap Hasil Belajar Teknik Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(1), 1–10.
M. Nur Ghufron dan Rini Risnawati S. (2012). Teori Psikologi. Ar-ruzz Media.
Makbul, M. (2021). The Effect of Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Learning Outcomes of Islamic Religion and Characteristics of Students at SMA Negeri 5 Makassar. International Journal of Social Science and Human Research, 04(04), 588–595. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i4-05
Makbul, M., & Saputri, D. S. (2023). Effect Of Project-Based Learning on Students’ Collaboration Skills of Islamic Religious Education Department Students at Singaperbangsa Karawang University. 1, 3024–9058.
Mathar, M. Q. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Ilmu Perpustakaan. Alauddin University Press.
Mundzir, I. (2022). Contextual Learning Innovations in Islamic Education Textbooks at Muhammadiyah Elementary School Grade VI. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 18(1). https://doi.org/10.18196/afkaruna.v18i1.10375
Mustofa, T., Riswandi, A., Hapidin, A., Ruswandi, U., & Makbul, M. (2023). The Readiness of Islamic Religious Education Teachers in Implementing the Merdeka Curriculum. Jurnal Pendidikan, 15(4), 6728–6736. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.4557
Nana Sudjana, R. I. (2000). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesindo.
Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535
Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Sulaiman Saat dan Sitti Mania. (2018). Pengantar Panduan Metodologi Penelitian untuk Peneliti Pemula. Penerbit SIBUKU.
Supriyadi, N. M. W. I. A. dan. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 190–202. https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/viewFile/13280/9503
Syahfutra, W., Ramadhan, S., & Akhyar, Y. (2020). Metodelogi Penelitian Pendidikan. 1–74.
Yaumi, M., Sirate, S. F. S., & Patak, A. A. (2018). Investigating Multiple Intelligence-Based Instructions Approach on Performance Improvement of Indonesian Elementary Madrasah Teachers. SAGE Open, 8(4). https://doi.org/10.1177/2158244018809216
Zaharah, A. S. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronikdi Era RevolusiIndustri4. 0 (ImprovingStudents’ Learning Motivation through Electronic Module Media in the Industrial. 6, 145–158.