PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI TRANSFORMASI BERBASIS VISUAL

Main Article Content

Retni Paradesa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika pada mahasiswa semester 5 matakuliah geometri transformasi berbasis visual yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada tipe formative study yang meliputi: self evaluation, prototyping (validasi, evaluasi dan revisi) dan field test. Pada makalah ini hanya dibahas sampai tahap prototyping. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis test. Hasil penelitian ini adalah prototyping bahan ajar geometri transformasi berbasis visual yang menggunakan macromedia flash dan geogebra. Bahan ajar yang dikembangkan dapat dikategorikan valid dan praktis untuk mahasiswa semester 5. Bahan ajar ini sudah divalidasi sehingga telah memenuhi kriteria kelayakan bahan ajar. Bahan ajar geometri transformasi tersebut nilai kelayakannya dengan kategori 78% hasil belajar mahasiswa berada dalam kategori baik sekali, 13 % hasil belajar mahasiswa berada dalam kategori baik, dan 9% hasil belajar mahasiswa berada dalam kategori cukup

Article Details

How to Cite
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI TRANSFORMASI BERBASIS VISUAL. (2017). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 56-84. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1241
Section
Artikel

How to Cite

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI TRANSFORMASI BERBASIS VISUAL. (2017). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 56-84. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1241