PEMECAHAN MASALAH DAN MENANAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI SOFTWARE MAPLE
Main Article Content
Abstract
Pada paper ini membahas penggunaan software aplikasi dalam pembelajaran matematika. Software yang digunakan adalah Maple. Maple adalah suatu program komputer yang memanipulasi symbol dimana dapat membangun dan memanipulasi aljabar, numerik, dan objek-objek geometri. Untuk dapat memecahkan masalah matematika dengan Maple, pengguna dituntut telah memahami konsep-konsep matematika yang terkait dengan masalah yang diberikan dan minimal mencapai tingkat Manipulatif. Pada tingkat tersebut, pengguna tidak hanya membuat objek-objek visual tetapi belajar untuk memanipulasinya dengan matematika dan untuk merepresentasikan hasilnya secara visual. Selain pemecahan masalah, pemahaman konsep dapat ditanamkan kepada siswa dengan menggunakan animasi atau Maplet Builder yang terdapat dalam menu Assistants dimana Dosen dapat membuat suatu Maplet interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran kalkulus
Article Details
How to Cite
Afgani, M. W. (2017). PEMECAHAN MASALAH DAN MENANAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI SOFTWARE MAPLE. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 85-103. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1242
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Afgani, M. W. (2017). PEMECAHAN MASALAH DAN MENANAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI SOFTWARE MAPLE. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 85-103. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1242