PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA SEMESTER AWAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN RADEN FATAH
Main Article Content
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis perlu dikuasai oleh peserta didik, dan pendidik perlu menghadirkan suatu pembelajaran yang dapat melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematis tersebut. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching And Learning) diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kemampuan komunikasi matematis mahasiswa semester awal Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang dengan penerapan pendekatan kontekstual.Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan asumsi bahwa mahasiswa semester awal yang telah diterima melalui tes seleksi di UIN Raden Fatah Palembang memiliki kemampuan yang heterogen karena berasal dari berbagai daerah dan sekolah. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai guru (dosen) yang memimpin pembelajaran di kelas dengan pertimbangan untuk lebih terjaminnya pelaksanaan pendekatan pembelajaran.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan komunikasi matematis mahasiswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi.Dari hasil analisis data diketahui bahwa bahwa kemampuan komunikasi matematis mahasiswa memiliki nilai rata-rata sebesar 76,46. Hal ini menunujukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi mahasiswa semester awal Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang berkategori baik
Article Details
How to Cite
Arifin, S. (2017). PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA SEMESTER AWAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN RADEN FATAH. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 142-160. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1245
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Arifin, S. (2017). PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA SEMESTER AWAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN RADEN FATAH. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 142-160. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1245