ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA SERTA UPAYA REMEDIASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL SIMPLEKS PROGRAM LINIER
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal simpleks Program Linier, mengetahui faktor penyebab kesalahan, serta mengupayakan remediasi dengan menggunakan LKS berbantuan excel solver. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester IV Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara tes tertulis dan wawancara. Dari data tes tertulis dan wawancara dapat diketahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan mahasiswa, sehingga peneliti dapat mengupayakan remediasi berdasarkan jenis kesalahan dan faktor penyebabnya dengan menggunakan LKS berbantuan excel solver. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan mahasiswa secara umum terletak pada kesalahan dalam membuat pemodelan matematika serta dalam melakukan perhitungan. Dari hasil pembelajaran remedial menggunakan LKS berbantuan excel solver dapat disimpulkan bahwa mahasiswa cukup terbantu untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan dan lebih mengaktifkan serta memotivasi mahasiswa terlibat dalam pembelajaran
Article Details
How to Cite
Octaria, D. (2017). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA SERTA UPAYA REMEDIASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL SIMPLEKS PROGRAM LINIER. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 269-279. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1252
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Octaria, D. (2017). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA SERTA UPAYA REMEDIASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL SIMPLEKS PROGRAM LINIER. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 269-279. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1252