KOMUNIKASI KELOMPOK PENGGEMAR KPOP PADA MEDIA SOSIAL TWITTER (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA PENGGEMAR RED VELVET DAN PENGGEMAR BLACKPINK)
Main Article Content
Abstract
Article Details
How to Cite
References
Abdillah, Leon Andretti. (2014). Social Media as Political Party Campaign in Indonesia. Jurnal Ilmiah
Afifah, E. O., & Kusuma, T. (2019). Analisis Komunikasi Antar Penggemar “Seventeen”. MediaTor, Vol 12 (1), 61-68
Andansari, Y. (2015). Perilaku Komunikasi Dunia Maya Kpopers Surabaya ( Studi Pada Perilaku komunikasi Di Twitter dan Instagram Okeh Kpopers Surabaya Anggota Kloss Family). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Ainun, I., Rosyida, & dkk. (2016). What Social Media Did To Change The World. Bandung, CV. Alfabeta.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV.Jejak
Fauziah R. (2015). Fandom K-Pop Idol dan media sosial (studi deskriptif kualitatif tentang penggunaan media sosial Twitter pada Hottest Indonesia sebagai Followers fanbase @taeckhuniD, @2PMindohottest dan idol account @khunnie0624. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Fitrah, & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Indriastuti, Y. (2020) Group Communication Relations in Social Media, Jurnal ilmu komunikasi Fisip Department UPN Veteran Jawa Timur vol. 3 no.1: 50-67
Jayanti, N. A. (2015). Komunikasi Kelompok “Social Climber” Pada Kelompok Pergaulan di Surabaya Townsquare (Sutos). Jurnal E-Komunikasi, 3(2)
Kpop Wiki. Retrieved from https://kpop.fandom.com/wiki/Red_Velvet
Kpop Wiki. Retrieved from https://kpop.fandom.com/wiki/BLACKPINK
Lisa Erlia, & Putri Citra Hati. (2022). Peran Komunikasi Organisasi dalam Menjalin Kerjasama Antara Pemerintah Daerah Dengan Divisi Keuangan PT.Taspen (Persero) KC Palembang. Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 1(2), 26–33. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14124
Meri Ekri Nensi, Ainur Ropik, & Gita Astrid. (2022). Pola Komunikasi Interaksi Pengusaha Souvenir Pagar Alam Dengan Turis Lokal. Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 1(01), 23–31. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/12565
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Nasrullah, (2017) Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi, Bandung, Simbiosa Rekatama Medika.ß
Pooja, M., Dhotre, D., & Deshpande, N. A. (2021). Public Trolling Detection on Twitter Using Machine Learning. International Journal for Research in Applied Science & Engineer Technology (IJRASET), 9. https://doi.org/10.22214/ijraset.2021.37020
Putri Rizki Efrizal, & Dian Maulina. (2022). A THE EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTATION OF PERSONNEL MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM IN THE AGRICULTURE DEPARTMENT OF SOUTH SUMATERA PROVINCE. Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 1(02), 44–54.
Rachman, N. A. (2013). Komunikasi Kelompok Penggemar K-Pop di Indonesia : Studi Kasus Proses Komunikasi Kelompok dan Antar Kelompok Penggemar K-Pop di Surabaya dan Malang (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Rahmathya, A. R., Ginting, E., & Astrid, G. (2023). Pola Komunikasi Mahasiswa dan Dosen pada Proses Pembelajaran Online Semasa Pandemi Covid-19 di Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip UIN Raden Fatah Palembang. JSIKOM, 2(1), 16–28. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14404
Rohayati, R. (2017). Budaya Komunikasi Masyarakat Maya (Cyber): Suatu Proses Interaksi Simbolik. Sosial Budaya, 14(2), 179-189.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach).Yogyakarta: CV Budi Utama.
Rustan, A. S., & Hakki, N. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.
Suzanto, M. T., Yenrizal, Y., & Saputra, S. (2023). ANALISIS ISI KATEGORI PEMBERITAAN PEMBUBARAN FPI DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM EDISI DESEMBER 2020. JSIKOM, 2(1), 100–108. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14704
Wulandari, W., Yenrizal, Y., & Azarkasyi, B. (2023). INOVASI MASYARAKAT DESA BUMI PRATAMA MANDIRI DALAM PEMASARAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK: Studi Masyarakat Defa Bumi Pratama Mandira, Kecamatan Sungai Penang, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan. JSIKOM, 2(1), 109–117. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14413
Yanto, & Indasari, F. (2021). Pembentukan Opini Publik Pada Media Massa: Program Satu Milyar Satu Kelurahan Di Kecamatan Singaran Pati Panorama Kota Bengkulu. Seminar Ilmu-Ilmu Sosial, 27–34–27–34. https://proceeding.unived.ac.id/index.php/siis/article/view/104
Yohana, N., & Wulandari, T. (2014). Communication Groups Behaviour of Kaskus Virtual Community of Riau Raya Region. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(2).