Jurnal Ilmu Komunikasi Yul Yanti (STUDI  DESKRIPTIF KUALITATIF PADA PENGGEMAR RED VELVET DAN PENGGEMAR BLACKPINK)

Isi Artikel Utama

Yul Yanti
Eraskaita Ginting
M. Mifta Farid

Abstrak

fokus pada kelompok penggemar K-Pop Red Velvet dan Blackpink di Twitter. Penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi kelompok telah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan analisis terhadap akun-akun yang berinteraksi serta pendekatan deskriptif untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan temuannya. Metode penelitian ini melibatkan observasi partisipan. Data dikumpulkan dari kelompok komunitas Red Velvet dan Blackpink politik yang terdiri dari 11 anggota aktif di Twitter. Berbagai aspek utama yang untuk di eksploitasi dalam penelitian ini berupa komunikasi kelompok seperti proses komunikasi, pembentukan komunikasi, dan faktor yang mempengaruhi kedua komunitas saling mendukung satu sama lain sehingga membuat keduanya memiliki perbedaan dari kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses komunikasi kelompok komunitas Red Velvet dan Blackpink di media sosial cenderung Dinamis. Hal ini ditemukan bahwa setiap anggota kelompok memiliki kecenderungan untuk mendukung komunitas lain berdasarkan faktor dan kesukaan mereka terhadap grup itu sendiri. Selain itu, anggota komunitas juga secara konsisten mengatasi perbedaan budaya agar tidak terjadinya hambatan serta membangun relasi pertemanan yang signifikan. sehingga membuat kedua komunitas ini memiliki perbedaan yang besar dibandingkan dengan komunitas lainnya. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dinamika komunikasi kelompok pada media sosial, khususnya dalam konteks komunikasi kelompok penggemar Kpop di Twitter. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam memahami bagaimana relasi dan informasi terbentuk, mengatasi opini publik, serta implementasi yang harus diterapkan oleh penggemar K-pop kedepannya lagi.
Kata Kunci : Komunikasi Kelompok, Twitter, Penggemar Kpop    

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jurnal Ilmu Komunikasi Yul Yanti: (STUDI  DESKRIPTIF KUALITATIF PADA PENGGEMAR RED VELVET DAN PENGGEMAR BLACKPINK). (2024). Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 3(2). https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/19224
Bagian
Articles

Cara Mengutip

Jurnal Ilmu Komunikasi Yul Yanti: (STUDI  DESKRIPTIF KUALITATIF PADA PENGGEMAR RED VELVET DAN PENGGEMAR BLACKPINK). (2024). Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 3(2). https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/19224

Referensi

Abdillah, Leon Andretti. (2014). Social Media as Political Party Campaign in Indonesia. Jurnal Ilmiah

Afifah, E. O., & Kusuma, T. (2019). Analisis Komunikasi Antar Penggemar “Seventeen”. MediaTor, Vol 12 (1), 61-68

Andansari, Y. (2015). Perilaku Komunikasi Dunia Maya Kpopers Surabaya ( Studi Pada Perilaku komunikasi Di Twitter dan Instagram Okeh Kpopers Surabaya Anggota Kloss Family). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Ainun, I., Rosyida, & dkk. (2016). What Social Media Did To Change The World. Bandung, CV. Alfabeta.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV.Jejak

Fauziah R. (2015). Fandom K-Pop Idol dan media sosial (studi deskriptif kualitatif tentang penggunaan media sosial Twitter pada Hottest Indonesia sebagai Followers fanbase @taeckhuniD, @2PMindohottest dan idol account @khunnie0624. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Fitrah, & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Indriastuti, Y. (2020) Group Communication Relations in Social Media, Jurnal ilmu komunikasi Fisip Department UPN Veteran Jawa Timur vol. 3 no.1: 50-67

Jayanti, N. A. (2015). Komunikasi Kelompok “Social Climber” Pada Kelompok Pergaulan di Surabaya Townsquare (Sutos). Jurnal E-Komunikasi, 3(2)

Kpop Wiki. Retrieved from https://kpop.fandom.com/wiki/Red_Velvet

Kpop Wiki. Retrieved from https://kpop.fandom.com/wiki/BLACKPINK

Lisa Erlia, & Putri Citra Hati. (2022). Peran Komunikasi Organisasi dalam Menjalin Kerjasama Antara Pemerintah Daerah Dengan Divisi Keuangan PT.Taspen (Persero) KC Palembang. Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 1(2), 26–33. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14124

Meri Ekri Nensi, Ainur Ropik, & Gita Astrid. (2022). Pola Komunikasi Interaksi Pengusaha Souvenir Pagar Alam Dengan Turis Lokal. Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 1(01), 23–31. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/12565

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, (2017) Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi, Bandung, Simbiosa Rekatama Medika.ß

Pooja, M., Dhotre, D., & Deshpande, N. A. (2021). Public Trolling Detection on Twitter Using Machine Learning. International Journal for Research in Applied Science & Engineer Technology (IJRASET), 9. https://doi.org/10.22214/ijraset.2021.37020

Putri Rizki Efrizal, & Dian Maulina. (2022). A THE EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTATION OF PERSONNEL MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM IN THE AGRICULTURE DEPARTMENT OF SOUTH SUMATERA PROVINCE. Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 1(02), 44–54.

Rachman, N. A. (2013). Komunikasi Kelompok Penggemar K-Pop di Indonesia : Studi Kasus Proses Komunikasi Kelompok dan Antar Kelompok Penggemar K-Pop di Surabaya dan Malang (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Rahmathya, A. R., Ginting, E., & Astrid, G. (2023). Pola Komunikasi Mahasiswa dan Dosen pada Proses Pembelajaran Online Semasa Pandemi Covid-19 di Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip UIN Raden Fatah Palembang. JSIKOM, 2(1), 16–28. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14404

Rohayati, R. (2017). Budaya Komunikasi Masyarakat Maya (Cyber): Suatu Proses Interaksi Simbolik. Sosial Budaya, 14(2), 179-189.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach).Yogyakarta: CV Budi Utama.

Rustan, A. S., & Hakki, N. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.

Suzanto, M. T., Yenrizal, Y., & Saputra, S. (2023). ANALISIS ISI KATEGORI PEMBERITAAN PEMBUBARAN FPI DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM EDISI DESEMBER 2020. JSIKOM, 2(1), 100–108. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14704

Wulandari, W., Yenrizal, Y., & Azarkasyi, B. (2023). INOVASI MASYARAKAT DESA BUMI PRATAMA MANDIRI DALAM PEMASARAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK: Studi Masyarakat Defa Bumi Pratama Mandira, Kecamatan Sungai Penang, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan. JSIKOM, 2(1), 109–117. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/14413

Yanto, & Indasari, F. (2021). Pembentukan Opini Publik Pada Media Massa: Program Satu Milyar Satu Kelurahan Di Kecamatan Singaran Pati Panorama Kota Bengkulu. Seminar Ilmu-Ilmu Sosial, 27–34–27–34. https://proceeding.unived.ac.id/index.php/siis/article/view/104

Yohana, N., & Wulandari, T. (2014). Communication Groups Behaviour of Kaskus Virtual Community of Riau Raya Region. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(2).