PERILAKU KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE OFFLINE MELALUI OMNICHANNEL DALAM MEMBANGUN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)
محتوى المقالة الرئيسي
الملخص
Ekonomi digital menjadi tantangan pemerintah untuk melakukan perubahan model bisnis pada sektor usaha. Perubahan paradigma dan cara pandang di bidang pemasaran dalam era globalisasi menjadi sebuah kewajiban pelaku bisnis. Metode omnichannel dapat menumbuhkan basis pelanggan loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perilaku komunikasi pemasaran online offline melalui omnichannel dalam membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Pendekatan yang digunakan menggunakan metode wawancara, observasi dan indepth study (pendekatan mendalam). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sample. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perilaku komunikasi yang fokus pada perilaku pengalaman pelanggan, berupa keramahan dan real time respon; 2) Perilaku dalam menggunakan data sebagai penyusunan rencana pemasaran; 3) Perilaku sesuai segmentasi prospek dan personalisasi alur bisnis; 4) Perilaku komunikasi dengan penerapan context marketing / konteks yang relevan; 5) Pendekatan sosial media melalui alat otomatisasi yang tepat; dan 6) Perilaku komunikasi yang berpusat pada pelanggan / customer centric, menempatkan calon konsumen sebagai teman untuk menjalin komunikasi yang sinergis dengan tujuan membuat loyalitas pelanggan meningkat.
تفاصيل المقالة
كيفية الاقتباس
PERILAKU KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE OFFLINE MELALUI OMNICHANNEL DALAM MEMBANGUN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). (2023). JSIKOM, 2(3), 67-73. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/16316
القسم
Articles
كيفية الاقتباس
PERILAKU KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE OFFLINE MELALUI OMNICHANNEL DALAM MEMBANGUN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). (2023). JSIKOM, 2(3), 67-73. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/16316